yobit.net вход yobit.net yobit yobit.net yobit bittrex yobit.net yobit net yobit exchange
2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang ( Popular Recipes )
2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang - Popular Recipes
2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang - Popular Recipes

2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang ( Popular Recipes )

Dumpling masuk dalam salah satu jenis makanan atau cemilan enak dan popular yang paling nikmat disantap dikala udara sedang dingin. Dumpling ayam dan udang (chicken dumpling, shrimp dumpling) termasuk kedalam salah satu jenis dim sum yang mempunyai banyak penggemar. Makanan ini kemungkinan agak sedikit terdengar asing ditelinga kita seperti arem-arem isi daging yang pernah kita bahar pada artikel sebelumnya, namun sebenarnya makanan ini sudah lebih dulu popular dan terkenal dimana-mana.

2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang - Popular Recipes
2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang – Popular Recipes

Dumpling merupakan makanan yang bentuknya hampir mirip dengan pastel yang siap saji serta memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Meskipun mempunyai bentuk seperti pastel, namun dumpling ayam dan udang ini mempunyai cita rasa yang berbeda dengan pastel. Makanan yang satu ini umumnya mempunyai isi daging ayam cincang yang diolah bersama dengan sayuran sehat lalu kemudian dibalut dengan selembar kulit pangsit yang dibuat menggunakan bahan dasar tepung.

Selain dari pada itu dumpling dapat diolah dengan menggunakan bahan serta bumbu yang halal. Oleh karena itu, mayoritas dari penggemar makanan steam ini tidak perlu was-was untuk mengkonsumsinya. Dumpling sejatinya merupakan makanan yang unik selain karena mempunyai bermacam-macam jenis variasi, misalnya Jiaozi yang merupakan jenis dumpling berisi daging cincang serta sayuran. Biasanya dimasak dengan cara direbus dan memiliki kulit pangsit yang lebih tebal. Dumpling ayam dan udang ini juga biasa disajikan dalam wadah bambu yang dimasukan ke dalam steamer, walaupun ada juga yang menyajikannya menggunakan piring kecil.

Umumnya dumpling ayam dan udang dimasak menggunakan proses dengan cara dikukus, hanya saja ada dari sebagian jenis dumpling yang proses memasaknya dengan cara digoreng. Dumpling ayam dan udang ini bisa disajikan pada waktu sarapan, brunch atau yum cha, yakni sebuah acara minum teh tradisi leluhur di sepanjang jalur sutera yang ramai dilewati oleh para pedagang.

Potstickers merupakan salah satu jenis dumpling yang proses pembuatannya menggunakan cara pan fried. Jadi dumpling dimasak dengan menggunakan sebuah pan / penggorengan datar dengan memakai air dan minyak sampai air yang digunakan tersebut habis sehingga bagian bawah dari dumpling berubah warna menjadi kecoklatan. Har Gau atau dumpling udang merupakan jenis dumpling yang mempunyai isi udang dan rebung. Keunikan dari Har Gau adalah mempunyai kulit pangsit sebagai pembungkus yang licin serta mengkilap mendekati transparan. Sedangkan dumpling yang paling umum kita kenal adalah Siu Mai alias siomay. Untuk dumpling jenis ini pasti sudah sering sekali kita makan. Salah satu keunikannya adalah dari segi bentuknya yang menyerupai keranjang mungil, biasanya terbuat dari daging ikan, udang atau ayam.

2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang - Popular Recipes
2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang – Popular Recipes

Sejarah dan asal usul

Dumpling adalah salah satu dari Chinese food atau Asian food yang memiliki bermacam-macam jenis dimsum yang sangat popular di dunia. Menurut catatan sejarah, dumpling sudah ada sejak sekitar 1700 tahun yang lalu. Didalam suatu jamuan makan malam saat perayaan imlek, dumpling yang sering juga disebut sebagai pangsit merupakan makanan yang harus ada dan wajib dimakan. Ini dikarenakan bentuknya mirip seperti ‘Yuan Bao’ atau kapal emas kecil mungil yang dulu pernah menjadi mata uang di negeri China.

Para arkeolog pernah menemukan 3 (tiga) buah dumpling di China bagian utara. Menurut para arkelog dari Museum of Xinjiang Uygur tersebut dumpling di daerah Turpan yang mereka temukan tersebut dibuat di masa Wei, Jin, Dinasti Utara dan Selatan (220-589). Bahkan ditemukan juga 2 (dua) buah dumpling yang pembuatanya diperkirakan pada masa dinasti Tang (618-907). Dumpling tersebut mempunyai panjang sekitar 5 cm dengan lebarnya 1,5 cm dan bentuknya menyerupai bulan sabit. Hasil dari riset / penelitian tersebut telah membuktikan bahwa kulit dumpling yang mereka temukan terbuat dari tepung terigu dan isi dengan adonan daging. Dari hasil penemuan ini para peneliti tersebut mengetahui tentang kebiasaan makan masyarakat yang ada di wilayah tengah hingga ke barat daratan China pada masa awal.

2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang - Popular Recipes
2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang – Popular Recipes

Resep dumpling Ayam dan udang

Untuk membuat sebuah dumpling, tentu saja anda memerlukan bahan-bahan yang akan digunakan sebagai komponen utama untuk membuat kulit pangsit serta bahan isian dumpling. Di saat anda mencari informasi mengenai resep dumpling ayam dan udang, anda kemungkinan akan menemui beberapa resep-resep dumpling ayam dan udang yang banyak sekali macamnya, baik dari cara pembuatan bahan kulit dumpling maupun bahan serta cara pembuatan isian dumpling yang akan digunakan. Silakan anda yang menentukan akan menggunakan resep masakan dumpling ayam dan udang yang seperti apa sebagai pilihan untuk mendapatkan hasil menu olahan yang paling pas dengan selera dan pas untuk keluarga anda.

Resep 1 : Dumpling ayam dan udang

Waktu memasak :

  • Persiapan : 20menit
  • Memasak : 60 menit
  • Total : 80menit
  • Untuk 30 buah dumpling

Bahan isi :

  • 150 gram ayam cincang
  • 100 gram udang cincang
  • 100 gram wortel parut
  • 150 gram sawi putih atau napa cabbage yang dirajang halus
  • 3 buah water chesnut yang dicincang halus
  • 50 gram kacang polong
  • 2 batang daun bawang, rajang halus
  • 4 buah jamur shitake, rajang tipis
  • 2 sendok makan tepung tapioka

Bahan kulit pangsit untuk dumpling :

  • 100 gram tepung tang mien (tepung khusus yang sering kali dipakai untuk membuat kulit dumpling yang bisa anda peroleh di toko bahan roti atau toko makanan China)
  • 15 gram tepung maizena
  • 150 ml air mendidih
  • 1 sendok teh garam
  • 2,5 sendok makan minyak goreng

Bahan bumbu :

  • 2 butir bawang merah
  • ½ sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh soy sauce atau kecap asin
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok teh saus tiram
  • ½ sendok teh gula
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh jahe parut
  • ¼ sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok makan kecap manis

Bahan pelengkap :

  • Saus sambal kemasan botol atau soy sauce untuk pelengkap dumpling saat disajikan

Cara membuat :

Setelah semua bahan untuk membuat dumpling ayam dan udang lengkap, baik untuk bahan membuat kulit dumpling maupun isian telah siap, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

Isi dumpling ayam dan udang

  1. Langkah awal yang perlu anda lakukan yakni membuat isian dumpling terlebih dahulu. Anda bisa mulai dengan memanaskan minyak goreng dulu untuk menumis bawang merah sampai tercium aroma wangi.
  2. Lalu masukkan daging ayam yang telah digiling, aduk-aduk sampai daging ayam berubah warnanya.
  3. Tambahkan jamur shitake, kacang polong, wortel parut serta water chesnut, aduk-aduk semua bahan yang telah dimasukkan sampai matang.
  4. Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dalam air untuk membuat kuah kental.
  5. Setelah matang, matikan kompor, lalu anda bisa sisihkan terlebih dahulu.
2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang - Popular Recipes
2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang – Popular Recipes

Kulit dumpling ayam dan udang

  1. Langkah selanjutnya adalah membuat kulit dumpling.
  2. Campurkan tepung maizena, tepung tang mien serta garam, aduk supaya tercampur merata.
  3. Tambahkan air panas secukupnya ke dalam campuran tepung tadi.
  4. Uleni adonan tersebut dan tambahkan dengan minyak goreng yang telah anda disiapkan sampai adonan menjadi kalis.
  5. Istirahatkan adonan kurang lebih 15 menit.
  6. Ambil sejumput, gilas dengan kayu penggilas atau gunakan alat untuk membuat mie atau pasta supaya adonan kulit pangsit untuk dumpling menjadi cukup tipis. Jangan menggilas adonan kulit dumpling terlalu tipis karena kulit dumpling akan mudah berlubang saat diisi dengan isi adonan ayam dan udang. Jangan juga terlalu tebal karena bisa membuat kulit pangsit untuk dumpling tidak bisa transparant saat dikukus.
  7. Cetak atau potong adonan kulit dumpling yang sudah digilas dengan bentuk lingkaran berdiameter kurang lebih 6-8 cm.
  8. Sisihkan.

Pembuatan dumpling ayam dan udang

  1. Ambil satu lembar kulit dumpling ayam dan udang.
  2. Masukkan isian dumpling yang telah anda buat sebelumnya.
  3. Bentuklah seperti bakpao, pastel maupun bentuk lainnya.
  4. Atau letakkan di telapak tangan anda 1 (satu) lembar kulit dumpling.
  5. Ambil 1 (satu) sendok isian dumpling ayam dan udang taruh ditengah kulit.
  6. Tekuk lalu satukan kedua sisi kulit pangsit untuk dumpling sampai membentuk setengah lingkaran.
  7. Tekan-tekan pinggiran kulit dumpling tepat pada sambungannya supaya isian dumpling ayam dan udang tidak keluar.
  8. Lipat sedikit sambungan bagian tepi adonan kulit di mulai dari tengah dumpling ayam dan udang ke kanan, lalu balik dumpling lanjutkan melipat lagi sisanya.
  9. Jangan terlalu kuat menekan di sekitar bagian kulit pangsit untuk dumpling yang ada adonan isian, karena adonan isian yang basah akan membuat kulit dumpling ayam dan udang mudah sekali sobek dan berlubang.
  10. Khusus untuk bentuk dumpling ayam dan udang bisa anda buat variasi yang lain, tidak terpaku pada 1 (satu) bentuk saja. Anda boleh juga membuat bentuk setengah lingkaran seperti diatas atau bentuk seperti topi.

Cara memasak dumpling ayam dan udang

Untuk memasak dumpling ayam dan udang sangat mudah, anda bisa menggunakan 2 cara :

  • Cara pertama : kukus menggunakan alat kukus yang terbuat dari bambu yang dianyam berukuran kecil yang umum dipakai di restotoran dim sum. Beri alas kukusan tersebut dengan menggunakan daun sawi putih supaya dumpling tidak lengket dengan dasar kukusan. Beri jarak juga antar dumpling, jangan sampai dumpling ayam dan udang bersentuhan. Lalu kukus dumpling ayam dan udang selama kurang lebih 20 (dua puluh) menit.
  • Cara kedua : buat potstickers dengan menggunakan pan fried. Tata dan susun rapi dumpling ayam dan udang di penggorengan atau pan datar (usahakan yang ada anti lengketnya). Tambahkan 2 sendok makan minyak goreng dan 300 ml air, masak sampai air habis serta pada bagian bawah dumpling sudah berubah warna menjadi kecoklatan, lalu angkat.

Kukus semua kulit dumpling yang telah diberi isian sampai matang. Kemudian angkat dan sajikan dumpling ayam dan udang selagi masih hangat.

2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang - Popular Recipes
2 Resep Dumpling Ayam Dan Udang – Popular Recipes

Resep 2 : Dumpling ayam dan udang

Waktu memasak :

  • Persiapan : 20menit
  • Memasak : 60 menit
  • Total : 80menit
  • Untuk 30 buah dumpling

Bahan isi :

  • 200 gram udang kupas
  • 1 potong daging dada ayam
  • 1 butir putih telur
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 2 batang daun bawang
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang wortel (dicincang halus)
  • Kulit pangsit (bisa buat sendiri atau beli yang siap pakai)
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Bahan kulit pangsit :

  • 250 gram tepung terigu berprotein tinggi
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur ayam
  • 5 sendok makan air bersih

Cara membuat :

Isi dumpling ayam dan udang

Untuk pembuatan isian dumpling ayam dan udang resep 2 ini, anda dapat menggunakan cara yang telah dijelaskan pada resep 1.

Kulit dumpling ayam dan udang

  1. Siapkan wadah atau mangkuk yang mempunyai berukuran besar kemudian masukkan semua bahan untuk membuat kulit pangsit kecuali tepung tapioka. Aduk–aduk sampai semua bahan tercampur secara merata dan kalis.
  2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian lalu taburi masing-masing adonan menggunakan tepung tapioka.
  3. Ambil adonan kulit dumpling ayam dan udang secukupnya, pipihkan adonan dengan cara menggilasnya hingga tipis menggunakan gilasan kayu atau juga bisa menggunakan botol kaca bekas yang panjang.
  4. Apabila dirasa adonan kulit pangsit sudah tipis, potong kulit dumpling dengan bentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 6-8 cm dan kulit dumpling ayam dan udang siap untuk digunakan membuat dimsum udang.
  5. Ulangi langkah 3 sampai adonan kulit dumpling ayam dan udang habis.

Pembuatan dumpling ayam dan udang

  1. Kupas kulit udang lalu bersihkan daging dada ayam, dicuci udang dan daging ayam dengan menggunakan air mengalir sampai bersih. Setelah itu udang dan daging ayam tersebut dicincang sampai halus.
  2. Iris tipis-tipis daun bawang, untuk wortel dicincang sampai halus dan untuk bawang putih diparut.
  3. Masukkan semua bahan yang telah siap kedalam sebuah wadah / mangkuk berukuran sedang dan aduk–aduk sampai semua bahan tercampur secara merata.
  4. Tutup rapat dengan menggunakan plastik / wrap plastic lalu masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 1 (satu) jam.
  5. Ambil kulit pangsit yang telah siap pakai dan berilah isian dengan adonan udang dan daging ayam yang sudah didinginkan di lemari es tadi.
  6. Lipat keempat ujungnya hingga menempel, agar lebih mudah pada saat proses melipat ujung kulit dumpling ayam dan udang berilah air sedikit saja pada bagian ujung kulit pangsit tersebut.
  7. Lakukan proses yang sama sampai semua kulit dumpling ayam dan udang selesai diberi adonan isian.
  8. Siapkan panci untuk mengkukus lalu diisi air bersih secukupnya dan jangan lupa bungkuslah tutup panci dengan menggunakan kain lap atau serbet bersih supaya uap air tidak menetes mengenai dumpling ayam dan udang yang dikukus. Tambahkan alas dengan menggunakan daun pisang pada bagian dalam / alas panci kukusan (alas ditempatkan pada bagian atas sarangan / saringan). Tunggulah hingga air mendidih.
  9. Apabila air sudah mendidih, masukkan dumpling ayam dan udang ke dalam panci kukusan dan jangan lupa untuk memberikan jarak antara dumpling satu dengan lainnya.
  10. Kukus dumpling ayam dan udang selama kurang lebih 20 menit sampai dumpling matang.
  11. Setelah dirasa dumpling sudah matang, angkat dan letakkan dumpling ayam dan udang diatas piring saji.

Tips

  1. Untuk kulit pangsit yang beli jadi di supermarket atau yang lain, silakan anda cari kulit pangsit rebus rebus yang tipis serta mempunyai ukuran tidak terlalu besar. Apabila memakai kulit pangsit yang tebal, maka kemungkinan isiannya tidak akan bisa menyatu dengan kulit pangsit setelah matang dan bisa terlepas dari kulitnya.
  2. Apabila memakai kulit pangsit yang tebal akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengkukus hinga kulit pangsit matang. Sementara untuk isian cuma memerlukan waktu antara 3 – 5 menit supaya matang.
  3. Ukuran juga menjadi pertimbangan disini, apabila ukurannya kecil tidak akan ada masalah yang muncul, permasalahan hanya dari sisi tidak puas makannya :D.
  4. Apabila ukuran terlalu besar juga mungkin kurang pas, karena kita butuh ukuran yang mudah untuk disumpit serta mudah masuk ke mulut.
Video : Chicken Dumpling Recipes – Resep Dumpling Ayam

Resep dumpling ayam dan udang di atas sangat mudah untuk dibuat, dengan hasil yang sangat enak dan lezat. Jangan lupa untuk berbagi resep dengan sahabat serta keluarga anda menggunakan akun media sosial anda dibawah ini. Selamat mencoba memasak dumpling ayam dan udang yang lezat serta mudah. Untuk resep aneka jajanan pasar yang lain bisa anda baca di artikel : 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular.

Content Protection by DMCA.com