yobit.net вход yobit.net yobit yobit.net yobit bittrex yobit.net yobit net yobit exchange
32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular | Cake Susu Moo
32 Aneka Jajanan Pasar Tradisional Enak Dan Popular
32 Aneka Jajanan Pasar Tradisional Enak Dan Popular

32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular

Jajanan tradisional atau sering disebut sebagian masyarakat kita dengan nama jajanan pasar merupakan satu dari berbagai macam aneka jajanan pasar yang tergolong menyehatkan. Jajanan ini biasanya dibuat oleh industri rumahan yang sebagian besar jajanan pasar tersebut dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan serta cara pembuatan yang tradisional inilah yang masih sering digunakan pada waktu mengolah dan membuat aneka jajanan pasar tradisional tersebut dan kemungkinan masih bebas dari penggunaan bahan kimia. Hal tersebut membuat aneka jajanan pasar tradisional relatif lebih aman dikonsumsi, sehat serta mempunyai nilai gizi.

Apakah anda merasa kangen dengan aneka jajanan pasar tersebut ? Mari simak 32 aneka jajanan pasar tradisional enak dan popular, yang sampai saat ini masih bisa bertahan. Rasanya yang manis, gurih dan enak tak akan pernah lekang dimakan oleh zaman.

  1. Semar Mendem

    Semar Mendem - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Semar Mendem
    Semar mendem merupakan salah satu aneka jajanan pasar serta makanan tradisional Jawa yang berisi daging ayam cincang. Seperti nama yang diberikan kepada aneka jajanan pasar tradisional ini, sebutan semar mendem merupakan makanan tradisional khas Jawa memang diambil dari nama tokoh pewayangan yang terkenal, yaitu Semar. Sedangkan untuk kata mendem mempunyai arti “mabuk” didalam bahasa Jawa. Apabila kedua kata tersebut digabung, semar mendem mempunyai arti harafiah “Semar yang sedang mabuk”.

    Konon, aneka jajanan pasar tradisional ini merupakan makanan tradisional yang merupakan khas dari jawa. Dinamakan seperti itu karena rasanya yang sangat lezat. Sehingga, karena begitu nikmatnya, mulut menjadi tidak bisa berhenti mengunyah layaknya “orang mabuk” alias ketagihan. Kelezatan aneka jajanan pasar yang satu ini memang sudah sangat melegenda. Cita rasa yang gurih dan benar-benar lezat menjadikan orang yang menikmati semar mendem benar-benar akan ketagihan.
  1. Kue Pukis

    Kue Pukis - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Kue Pukis
    Kue pukis merupakan salah satu kue jadul khas Indonesia dan merupakan salah satu aneka jajanan pasar. Adonan kue ini dibuat dari campuran telur, tepung terigu, santan, ragi dan juga gula pasir. Adonan tersebut kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah lingkaran, yang kemudian dipanggang di atas kompor dengan api sedang.

    Kue pukis ini boleh dikatakan sebagai aneka jajanan pasar tradisional yang merupakan modifikasi dari kue wafel dan kue carabikang. Jajanan pasar ini mempunyai berbagai macam varian rasa, mulai dari rasa original yang memiliki rasa manis gurih wangi vanilla dan juga coklat meises, kacang, keju, selai nanas, serta sukade (manisan buah yang terbuat dari pepaya dan dipotong kecil-kecil yang mempunyai warna bermacam-macam).
  1. Bolu Karamel Sarang Semut

    Bolu Karamel Sarang Semut - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Bolu Karamel Sarang Semut
    Bolu Karamel Sarang Semut ini mungkin saja tidak begitu menarik apabila dilihat dari sisi warnanya. Dengan warna yang coklat tua (cenderung ke hitam) pasti akan membuat banyak orang beranggapan bahwa bolu karamel sarang semut ini merupakan kue yang gosong. Akan tetapi apabila sudah mencobanya, pasti banyak yang akan ketagihan dengan cita rasa kue bolu karamel sarang semut yang enak, legit dan lezat ini. Kue yang mempunyai lubang-lubang mirip seperti sebuah sarang semut serta teksturnya yang cukup lembut sangat pas untuk dinikmati oleh segala usia.

    Ada bermacam-macam variasi resep kue bolu karamel sarang semut yang kita kenal, seperti resep bolu pisang, bolu keju, bolu kukus, bolu pandan, bolu tape dan yang lainnya. Akan tetapi resep kue bolu karamel sarang semut ini menjadi salah satu primadona masyarakat Indonesia. Cita rasa yang benar benar legit dan enak serta dengan tekstur yang cukup lembut memang sangat bisa membuat orang yang pernah memakannya menjadi ketagihan.
  1. Kue Carabikang

    Kue Carabikang - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Kue Carabikang
    Kue carabikang adalah salah satu kue jadul favorit dan aneka jajanan pasar tradisional asli indonesia yang sudah cukup terkenal akan kelezatan cita rasanya. Hampir semua orang sudah pernah mencicipi kue carabikang, kue jadul dan favorit satu ini yang mempunyai bentuk seperti bunga yang sedang mekar.

    Selain lezat, salah satu variasi kue aneka jajanan pasar tradisional dan kue jadul favorit yang terbuat dari tepung beras ini juga memiliki bentuk yang cantik serta sangat menarik di mata. Apalagi kalau di beri warna hijau segar, coklat atau merah muda. Bisa dipastikan membuat setiap orang yang melihatnya akan sangat tertarik serta ingin mencicipi aneka jajanan pasar tradisional yang satu ini.
  1. Klepon

    Klepon - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Klepon
    Klepon merupakan aneka jajanan pasar tradisional yang cukup sederhana dan bisa disebut sebagai salah satu aneka jajanan pasar dan kue jadul yang cukup populer di masyarakat kita. Kue klepon yang merupakan aneka jajanan pasar sederhana ini terbuat dari bahan-bahan asli dari Indonesia dengan isian gula jawa / gula merah cair di bagian tengahnya sehingga akan memberi rasa manis serta legit yang khas. Dengan warna hijau dari perisa pandan pada kue aneka jajanan pasar ini menjadi salah satu ciri khas kue jadul ini.

    Kue aneka jajanan pasar ini ditawarkan dengan harga yang sangat murah. Dengan bentuk bulatan-bulatan yang sangat pas untuk sekali santap. Resep kue klepon pada umumnya sangat mudah dan sederhana untuk dipraktekkan, hanya saja terkadang karena kesibukan kita dalam bekerja membuat kita tidak lagi sempat bermain di dapur untuk sekedar membuat camilan untuk memanjakan lidah keluarga dan anak-anak tercinta dirumah.
  1. Lupis Ketan Hitam

    Lupis Lopis - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Lupis Ketan Hitam ( Lopis )
    Aneka jajanan pasar tradisional khas nusantara ada banyak macamnya, salah satu yang menjadi favorit adalah lupis ketan hitam, jika biasanya kue yang disiram dengan air gula jawa kental ini menggunakan beras ketan biasa, maka coba gantilah beras ketan tersebut menggunakan beras ketan hitam.

    Mengganti dengan beras ketan hitam akan menjadikan rasa dari lupis sebagai salah satu kue aneka jajanan pasar tradisional menjadi lebih sehat dan enak. Didalam beras ketan hitam terkandung karbohidrat 78 gram, protein 7 gram, energi sebesar 356 kkal, zat besi 1 miligram, fosfor 148 miligram, kalsium 10 miligram dan lemak 0,7 gram.
  1. Kue Nogosari Isi Pisang

    Nogosari Nagasari - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Kue Nogosari Isi Pisang ( Nagasari )
    Kue nogosari isi pisang yang biasanya dibungkus dengan daun pisang ini termasuk dalam kategori kue basah. Kue basah ini mempunyai cita rasa yang manis serta lembut saat dinikmati, apalagi dengan isian pisang yang sudah dipotong kecil-kecil, akan membuat nogosari yang lembut dan halus semakin lezat saat dinikmati.

    Kue nogosari isi pisang merupakan jenis kue basah dan kue aneka jajanan pasar tradisional yang terbuat dari tepung sagu, tepung beras, gula dan santan yang diisi dengan irisan pisang. Pisang yang sering digunakan sebagai isi adalah dari jenis pisang raja. Kue basah ini biasanya dibalut dengan daun pisang atau daun pandang untuk bungkusnya lalu dikukus. Selain bahan utama yang tersebut di atas, Nogosari juga sering dikukus dengan diberi balutan daun pandan sehingga akan memunculkan aroma wangi yang sedap. Perpaduan potongan kecil pisang raja yang dibalut dengan tepung beras akan menciptakan rasa yang khas di mulut serta memberikan tekstur kue yang lembut. Ini akan membuat kue basah yang satu ini memiliki cita rasa yang khas.
  1. Lemper Ayam

    Lemper - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Lemper Ayam
    Lemper ayam adalah aneka jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan yang biasanya berisi cincangan daging ayam atau abon dan daun pisang sebagai pembungkusnya. Lemper ayam merupakan aneka jajanan pasar tradisional yang merupakan jajanan pasar terpopuler di Indonesia. Aneka jajanan pasar ini sangat mudah didapat, murah harganya, tetapi mempunyai rasa yang begitu lezat.

    Aneka jajanan pasar tradisional yang satu ini sangat terkenal di seantero wilayah Indonesia dan dijadikan sebagai menu pembuka sebelum menikmati makan besar. Aneka jajanan pasar ini sering kali dijadikan menu favorit didalam snack box dan akan disandingkan bersama kue-kue tradisional yang lainnya. Artikel tentang cara membuat lemper ayam ini dapat anda baca dalam artikel berjudul lemper ayam bumbu rendang.
  1. Ongol-Ongol

    Ongol-Ongol - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Ongol-Ongol
    Ongol-ongol merupakan salah satu dari banyak resep kue aneka jajanan pasar tradisional yang berasal dari Sunda. Beberapa bahan yang dibutuhkan dalam pembuatannya antara lain kelapa, gula jawa, tepung sagu aren kering, garam, daun pandan dan air. Di Indonesia sendiri pohon sagu sebagian besar banyak ditemui di wilayah Indonesia bagian timur seperti Papua. Selain di Indonesia bagian timur, di beberapa daerah Sumatra khususnya Propinsi Riau, Propinsi Jawa Barat serta Kepulauan Maluku juga banyak ditemui pohon sagu. Dengan data yang kita dapatkan diatas, semakin jelas bahwa aneka jajanan pasar dengan nama ongol-ongol yang memiliki tekstur lembut dan kenyal ini merupakan makanan khas dari daerah Jawa Barat, itu dikarenakan dukungan bahan baku yang melimpah dan banyak tersedia didaerah tersebut.

    Dengan cita rasanya yang gurih manis serta memiliki tekstur yang kenyal dan lembut saat kita rasakan di dalam mulut pada waktu kita menyantap kue basah yang merupakan salah satu aneka jajanan pasar tradisional ini. Ini yang menjadi salah satu daya tarik sekaligus ciri khas dari resep ongol-ongol ini. Ada berbagai macam varian dari ongol-ongol ini, karena aneka jajanan pasar tradisional ini bisa dibuat dari bahan utama yang berbeda seperti hunkwe, tepung sagu atau singkong.
  1. Kue Lapis Klasik

    Kue Lapis Klasik - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Kue Lapis Klasik
    Kue lapis klasik yang legit serta enak merupakan aneka jajanan pasar tradisional atau jajanan tradisional khas dari Indonesia ini termasuk salah satu jenis kue basah yang digemari banyak khalayak ramai. Kue ini mempunyai rasa yang manis serta tekstur yang kenyal. Anda dengan mudah bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional. Sama seperti namanya, kue lapis klasik yang merupakan aneka jajanan pasar ini terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan sagu, gula pasir, santan dan pewarna. Biasanya kue ini mempunyai warna merah dan hijau yang berselang seling.

    Kue lapis klasik enak dan legit yang merupakan aneka jajanan pasar tradisional ini dibuat dengan cara dikukus, lapisan demi lapisan sehingga sangat dibutuhkan kesabaran yang super ekstra pada saat membuatnya. Kue basah ini sering disajikan pada saat acara formal seperti arisan, pertemuan keluarga atau bisa juga sebagai camilan saat senggang.
  1. Sawut Singkong

    Sawut Singkong - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Sawut Singkong
    Sawut singkong ini merupakan salah satu aneka jajanan pasar tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari singkong yang diparut kasar lalu dicampur dengan gula merah yang kemudian dikukus. Biasanya akan disajikan dipagi hari dengan ditemani teh hangat. Rasa makanan ini merupakan perpaduan antara rasa manis dan gurih karena diberi kelapa parut diatasnya.

    Aneka jajanan pasar jadul ini bisa kita ditemukan di penjual cenil karena sawut singkong gula jawa digunakan sebagai pelengkapnya. Untuk rasa manisnya sendiri didapatkan dari gula jawa atau gula merah yang dicampurkan dalam singkong yang telah diparut. Aneka jajanan pasar ini sangat mudah dibuat dan simpel, serta kebutuhan bahan untuk membuatnya sangat mudah ditemukan di warung atau pasar.
  1. Cemplon

    Cemplon - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Cemplon
    Salah satu aneka jajanan pasar tradisional ini banyak dijumpai di pasar tradisional di wilayah Indonesia. Dengan terus berkembangnya jenis serta ragam makanan, membuat citra cemplon mulai dilupakan oleh masyarakat. Untuk bahan dan cara untuk membuat cemplon pun sangat mudah sekali. Hanya dibutuhkan beberapa bahan saja.

    Cemplon merupakan satu dari bermacam jenis aneka jajanan pasar yang memmakai bahan dasar dari singkong. Mempunyai bentuk bulat atau oval yang didalamnya berisi potongan gula jawa atau gula merah. Cemplon juga memiliki rasa gurih di luar tetapi manis di dalam yang akan menjadikan suatu kenikmatan tersendiri ketika memakannya.
  1. Cenil

    Cenil - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Cenil
    Cenil adalah aneka jajanan pasar tradisional yang mempunyai tekstur kenyal serta cukup populer di Indonesia. Aneka jajanan pasar yang satu ini berasal dari Jawa Tengah. Dengan warna yang beraneka ragam inilah yang membuat aneka jajanan pasar tradisional ini jadi salah satu favorit hampir semua orang. Cenil pun mempunyai rasa yang sangat nikmat dengan teksturnya yang kenyal. Kekenyalan cenil yang merupakan aneka jajanan pasar ini didapat dari bahan dasar pembuatannya yaitu tepung sagu atau tepung kanji. Kue ini masuk dalam kategori kue basah yang tekstur dan rasanya kenyal serta enak.

    Selain tepung tapioka / sagu, bahan baku untuk membuat adonan aneka jajanan pasar tradisional yang kenyal ini akan adalah gula pasir untuk memberi rasa manis, vanili untuk memberi aroma khas untuk cenil, lalu ditaburi dengan kelapa parut yang akan memberikan sensasi rasa gurih. Biasanya cenil kenyal ini memiliki warna pelangi yakni merah, kuning serta hijau.
  1. Adrem (Tholpit / Tolpit)

    Adrem Tholpit Tolpit - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Adrem Tholpit ( Tolpit )
    Adrem atau tholpit ( tolpit ) merupakan salah satu aneka jajanan pasar traditional khas dari Bantul. Aneka jajanan pasar ini dibuat dengan bahan baku utama yaitu tepung beras dan gula jawa (gula merah) yang digoreng. Kue aneka jajanan pasar tradisional ini banyak diproduksi di wilayah Sanden, Bantul, Yogyakarta dan banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional disekitar Kabupaten Bantul.

    Bahan baku utama dalam memproduksi adrem atau tholpit adalah tepung beras, kelapa yang sudah diparut serta gula jawa atau gula merah. Kelapa yang sudah diparut dan tepung beras dicampur dengan gula merah yang sudah dilelehkan lalu diaduk hingga tercampur secara merata, ditumbuk, lalu kemudian dicetak bulat seperti membuat bakso yang selanjutnya akan dipipihkan di atas daun pisang, kemudian digoreng. Bentuknya yang unik dari kue aneka jajanan pasar tradisional ini diperoleh saat proses penggorengan, yaitu dengan cara dijepit dengan bilah bambu.
  1. Onde-Onde

    Onde-Onde - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Onde-Onde
    Onde-onde ini (di Yogyakarta serta Surakarta dan sekitarnya) merupakan jenis aneka jajanan pasar tradisional yang sangat populer. Onde-onde ini begitu terkenal di Mojokerto yang sering disebut sebagai kotanya onde-onde sejak zaman dahulu. Aneka jajanan pasar tradisional ini bisa didapatkan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Makanan tradisional yang pada umumnya berisi kacang hijau ini juga sangat populer terutama di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

    Ada banyak sekali macam resep untuk membuat onde-onde berisi kacang hijau dengan ditaburi biji wijen dipermukaannya ini bisa anda buat untuk dipraktekkan dirumah. Tetapi untuk bahan serta proses pembuatannya hampir sama, sedikit perbedaan hanya dalam hal pemilihan isian untuk onde-onde. Penggunaan kentang kukus atau penambahan warna hanya untuk membuat terlihat lebih cantik tampilan aneka jajanan pasar tradisional ini.
  1. Arem-Arem

    Arem-Arem - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Arem-Arem
    Resep aneka jajanan pasar tradisional yang disebut arem-arem ini merupakan aneka jajanan pasar tradisional yang mirip dengan lemper, yaitu nasi yang diisi dengan sayuran, daging cincang atau bisa juga sambal goreng yang dibungkus menggunakan daun pisang. Resep makanan tradisional dan aneka jajanan pasar tradisional ini begitu populer sebagai makanan tradisional untuk pengganti sarapan. Biasanya jajanan pasar ini memiliki ukuran sedikit lebih besar dari pada lemper. Arem-arem merupakan salah satu aneka jajanan pasar tradisional khas dari Kota Kebumen dan juga banyak pula ditemui di kota Solo, Yogyakarta dan daerah lain di Jawa.

    Sebagai sajian untuk pengganti sarapan biasanya makanan tradisional ini disajikan bersama-sama dengan aneka jenis gorengan, seperti tempe goreng tepung, bakwan, risoles, dan tahu isi serta aneka jajanan pasar tradisional yang lain. Tak ketinggalan pula untuk melengkapinya disediakan cabai rawit atau sambal kacang yang akan membuat arem-arem ini semakin nikmat untuk disantap. Arem-arem gurih dengan isi daging sering kali digunakan juga sebagai sajian resep makanan tradisional ringan didalam suatu acara seminar atau rapat dikantor. Arem-arem yang merupakan makanan tradisional ini juga sudah umum dijadikan bekal saat akan rekreasi atau piknik dengan keluarga karena penyajian dan bentuknya yang praktis serta ringkas.
  1. Wajik Ketan

    Wajik Ketan - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Wajik Ketan
    Wajik ketan merupakan salah satu ragam kekayaan kuliner negara kita. Wajik ketan mempunyai beberapa sebutan yang bermacam-macam tiap tempat di Indonesia. Di daerah Jawa Tengah sendiri lebih dikenal dengan sebutan wajik. Wajik di Sumatra dikenal dengan nama pulut manis. Wajik yang dibuat dari beras ketan ini juga disebut dengan istilah wajik ketan apabila menggunakan gula jawa atau gula merah dan disebut menjadi wajik ketan gula merah. Walaupun mempunyai sebutan yang bermacam-macam, Indonesia juga memiliki banyak macam jenis wajik. Wajik ketan yakni wajik yang dibuat dengan bahan utama dari beras ketan, dan wajik ketan merupakan yang paling populer diantara makanan yang sejenis.

    Jenis wajik ketan pada umumnya berwarna coklat karena wajik ketan ini menggunakan gula merah, tetapi ada juga yang wajik ketan yang mempunyai warna yang lain seperti hijau dan merah muda. Corak hijau pada aneka jajanan pasar tradisional ini dihasilkan dengan cara menambahkan pewarna alami yang bisa kita buat dengan memeras daun suji lalu kita diambil sarinya dan kita jadikan sebagai pewarna hijau. Sebaliknya untuk yang merah muda, dihasilkan dengan cara menambahkan pewarna makanan. Untuk wajik ketan yang berwarna hijau dan merah muda tidak menggunakan gula jawa atau gula merah akan tetapi menggunakan gula pasir.
  1. Kue Lumpur

    Kue Lumpur - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Kue Lumpur
    Kue lumpur sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun toko-toko kue yang ada di sekitar rumah anda, resep dari kue lumpur kentang special ini biasanya menggunakan bahan dasar kentang dan dihiasi menggunakan kismis di atas permukaannya. Kue lumpur juga terbilang mempunyai harga cukup murah serta tidak akan menguras kantong dalam-dalam untuk ukuran masyarakat Indonesia pada umumnya.

    Dengan tekstur yang lembut serta di tambah taburan kismis diatasnya, akan menjadikan resep kue lumpur ini termasuk salah satu aneka jajanan pasar tradisional favorit oleh banyak keluarga di negara kita, salah satunya mungkin anda.
  1. Dumpling Ayam Udang

    Dumpling Ayam Udang - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Dumpling Ayam Udang
    Dumpling ayam termasuk salah satu jenis dim sum yang mempunyai banyak penggemar. Makanan ini sangat umum dihidangkan saat kita bersantap di sebuah restoran yang menyajikan menu dim sum. Dim sum sendiri merupakan istilah didalam bahasa Kanton yang mempunyai arti makanan kecil. Varian dari dim sum selain dumpling ayam dan udang antara lain adalah bak pau dan dim sum kaki ayam.

    Dumpling ayam biasanya terdiri dari daging ayam cincang dengan tambahan sayur-sayuran yang dibungkus dalam selembar kulit tipis terbuat dari adonan tepung. Jenis dari dumpling juga beragam, misalnya Jiaozi, dumpling yang satu ini berisi daging cincang dan sayuran, umumnya dimasak dengan metode direbus serta mempunyai kulit yang tebal.
  1. Sempol

    Sempol Ayam - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Sempol Ayam
    Sempolan atau sempol merupakan jenis gorengan yang dibuat dari tepung tapioka. Nama sempol itu sendiri diambil dari nama tempat ataupun wilayah dimana aneka jajanan ini berasal yaitu desa Sempol yang berada di Kecamatan Pagak, Malang, Jawa Timur. Sempol ayam juga banyak dijumpai di daerah luar Kabupaten Malang dan di propinsi Jawa Tengah. Jajanan ini mempunyai tekstur kenyal karena dibuat dari tepung tapioka (aci), dibentuk lonjong lalu ditusuk dengan lidi. Biasanya sempol ayam ini dimakan dengan menggunakan saus merah yang pedas serta kecap, atau bisa juga ditambahkan dengan sambal kacang.

    Keunikan sempol ayam terletak pada penggunaan tusuknya karena mempunyai ukuran yang besar dan panjang. Tusuk tersebut dibuat dari bambu, memiliki panjang sekitar 30cm. Sempol ayam yang dililitkan pada tusuk panjang tersebut sekilas akan terlihat hanpir sama dengan odeng, makanan kaki lima khas dari Korea Selatan. Bisa jadi, karena keunikan tusuk sempol ayam itu sendiri yang panjang serta menyerupai odeng ini yang buat sempol ayam sangat diminati. Anda bisa membaca artikel lengkapnya di : Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana.
  1. Cilok

    Cilok - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Cilok
    Cilok merupakan makanan khas dari daerah Jawa Barat yang dibuat dari tepung tapioka sehingga akan didapatkan tekstur yang kenyal. Cilok disantap dengan tambahan bumbu pelengkap seperti saus, kecap dan sambal kacang. Cilok memiliki bentuk bulat-bulat seperti bentuk bakso, hanya saja memiliki perbedaan pada bahan dasarnya. Karena terbuat dengan bahan dasar tepung tapioka maka cilok akan terasa kenyal saat dimakan.

    Kata cilok sendiri berasal dari kata “aci” dan “colok”. Diberi nama seperti ini karena bahan utamanya adalah tepung tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut “aci” dan biasanya dinikmati dengan cara “colok” atau ditusuk. Tidak hanya dijadikan sebagai makanan ringan yang lezat, cilok juga cukup menjajikan untuk dijadikan sebuah peluang bisnis. Rata-rata seseorang penjual cilok merupakan penjual keliling yang kerap berpindah tempat dan kerap berjualan di dekat pabrik, sekolah ataupun kampus. Artikel lengkap bisa anda baca di link berikut : Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana.
  1. Pempek ( Empek Empek )

    Pempek Lenjer - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Pempek Lenjer
    Apabila kita lihat dari sejarahnya, pempek atau empek empek ini sudah ada di kota Palembang sejak pendatang Tionghoa datang ke Palembang, yakni kurang lebih sekitar abad ke-16. Pada saat itu Sultan Mahmud Badaruddin II menjadi penguasa di kesultanan Palembang Darussalam. Sedangkan nama pempek atau empek empek itu sendiri diyakini berasal dari kata “apek” atau “pek-pek” yaitu sebuah sebutan untuk seorang paman atau lelaki tua Tionghoa. Untuk artikel lengkap, anda bisa membacanya di : Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana ( Bonus 5 Tips ).

    Salah satu jenis pempek atau empek empek yang terkenal yaitu “pempek kapal selam”, yakni pempek yang mempunyai isi telur ayam lalu digoreng dalam minyak panas. Ada juga empek empek yang lain seperti pempek kulit ikan, pempek lenjer, pempek pistel (berisi irisan pepaya muda rebus yang sudah ditumis dan dibumbui), pempek bulat (lebih dikenal dengan nama pempek “ada’an”), pempek keriting dan pempek telur kecil.
  1. Kue Terang Bulan (Martabak Manis)

    Kue Terang Bulan ( Martabak Manis ) - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Kue Terang Bulan ( Martabak Manis )
    Berbeda dengan martabak atau moortaba yang mempunyai asal serta dipengaruhi budaya dari India, kue khas yang diciptakan oleh masyarakat Tionghoa di Kepulauan Bangka Belitung ini juga diberi nama dengan martabak. Di propinsi Jawa Timur dan wilayah Indonesia bagian tengah sampai dengan Indonesia bagian timur, masyarakat disana menyebutnya dengan kue terang bulan atau kue bulan.

    Disebut seperti itu karena mempunyai bentuk yang bulat seperti bulan purnama yang terang. Sedangkan di Indonesia bagian timur, penggemar dari kue ini merasa bingung kenapa kue ini dipanggil dengan sebutan “martabak” ?, karena kue ini sama sekali berbeda dengan makanan lain yang juga disebut martabak. Namun bagi sebagian daerah yang sudah biasa menyebutnya dengan nama martabak manis, maka martabak ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu martabak asin dan martabak manis.

    Untuk kulitnya terbuat dari adonan yang merupakan campuran dari tepung terigu, telur ayam, soda kue, santan, ragi dan air yang selanjutnya dipanggang di atas penggorengan yang terbuat dari besi tebal khusus sampai adonan menjadi kue matang dan memiliki lobang-lobang kecil. Untuk bahan isian umumnya beri taburan coklat butir (meseis), gula pasir atau dengan biji wijen dan kacang tanah yang sudah dicacah serta parutan keju lalu disiram dengan susu kental manis dan diolesi margarin atau mentega.
  1. Seblak

    Seblak - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Seblak
    Seblak adalah aneka jajanan pasar tradisional khas Indonesia, yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti daging ayam, daging sapi atau olahan telur serta mempunyai cita rasa gurih dan pedas yang dimasak dengan bumbu tertentu. Seblak saat ini menjadi aneka jajanan pasar tradisional yang digemari berbagai kalangan masyarakat, terutama di wilayah Jawa Barat termasuk Jabodetabek. Seblak biasa disajikan di warung dan rumah makan, serta dijajakan dengan gerobak dan dijual keliling. Makanan yang mempunyai tekstur kenyal ini mempunyai rasa yang gurih pedas dan menyegarkan, juga memiliki beberapa macam variasi, baik dari segi rasa maupun dari bahan tambahan serta kemasan.

    Bahan dasarnya yaitu kerupuk udang yang disiram memakai air panas lalu diberi bumbu serta sayuran. Seblak bisa juga dibuat menggunakan kerupuk yang direbus lalu diberi bumbu seperti bawang putih, bawang merah, garam, kencur, penyedap rasa dan cabai rawit. Seblak kering sebenarnya agak jarang ditemukan dan seblak kering ini merupakan kerupuk pedas mirip dengan basreng atau bakso goreng.
  1. Kue Dadar Gulung

    Kue Dadar Gulung - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Kue Dadar Gulung
    Kue dadar gulung ini merupakan aneka jajanan pasar tradisional khas Indonesia dan Malaysia. Serta dapat dikategorikan sebagai kue panekuk yang diisi dengan kelapa parut yang dicampur rata menggunakan gula merah atau gula jawa cair. Bahan isian ini sering disebut sebagai unti.

    Kue dadar gulung merupakan salah satu aneka jajanan pasar tradisional Indonesia yang asal usulnya dari pulau Jawa. Asal muasal kue dadar gulung ditengarai berawal dari orang Romawi, yang mengenalinya dengan sebutan Pancake (Indonesia : Panekuk). Pancake atau panekuk adalah makanan terkenal di Eropa semenjak tahun 1430 M. Di daratan Eropa sendiri, pancake atau panekuk dikenal sebagai makanan khas orang timur. dalam perkembangannya, pancake atau panekuk juga di adopsi oleh negara lain. Di Jerman misalnya dinamakan Pfannkuchen, di negara Perancis disebut dengan Crepes lalu di Amerika lebih dikenal dengan nama Nohehick. Sedangkan di Indonesia pun ada makanan yang mirip seperti ini dan sering disebut dengan dadar gulung.
  1. Samosa

    Samosa - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Samosa
    Samosa merupakan pastry goreng yang mempunyai bentuk segitiga. Isi dari samosa ini berupa kentang rebus yang diberi bumbu rempah. Lalu dicampur dengan bawang bombay, daun ketumbar, kacang kapri dan kadang-kadang ada yang menambahkan dengan tepung panir. Makanan ringan ini sangat populer di Jazirah Arab, Asia Selatan, Asia Tengah, Singapura, Malaysia dan Indonesia.

    Ukuran, bentuk serta ketebalan dari kulit samosa sangat tergantung pada resep dan selera si pembuat, namun diluar itu semua kebanyakan hampir dapat dipastikan berbentuk segitiga. Samosa banyak dijual di gerai yang dinamakan chaat serta disajikan dengan saus seperti chutney, yogurt, irisan daun ketumbar dan bawang bombay serta tidak ketinggalan chaat masala.
  1. Kue Leker

    Kue Leker - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Kue Leker
    Bermula dari bahasa Belanda, Lekker yang berarti enak, kue leker sangat berkembang pesat di kota Solo. Saat itu bangsa Belanda yang akrab dengan sajian panekuk atau pancake datang ke kota Solo, warga lokal mempunyai inisiatif untuk menciptakan paket hemat dari panekuk atau pancake yang kini populer dengan nama kue leker.

    Leker atau kue pisang Surabaya menjadi salah satu aneka jajanan pasar tradisional khas kota Surabaya. Makanan kecil ini berbeda dengan kue leker yang dikenal di Jakarta serta kota lainnya di Indonesia. Untuk bagian kulit, adonannya terbuat dari tepung terigu, susu, telur, gula dan air. Adonan ini kemudian dituangkan tipis-tipis secara merata di atas wajan kecil yang telah panas untuk menciptakan kulit leker berbentuk lingkaran. Setelah setengah matang kemudian ditaburkan potongan kecil pisang, gula pasir, coklat tabur dan susu kental manis. Setelah matang, lalu kulit dilipat menjadi setengah lingkaran dan siap untuk dinikmati.
  1. Combro

    Combro - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Combro
    Combro merupakan aneka jajanan pasar tradisional yang digoreng khas dari Sunda atau Jawa Barat. Combro ini merupakan salah satu dari bermacam-macam makanan Sunda yang dinamai dari singkatan bahan untuk membuatnya. Combro sejatinya adalah suatu singkatan dari “oncom di jero” atau “oncom di dalam”. Combro terbuat dari singkong parut yang dicetak berbentuk lonjong atau bulat dan diisi menggunakan sambal oncom disertai cabai lalu digoreng.

    Bentuk umum dari combro yakni lonjong, mempunyai rasa yang gurih dan campuran antara pedas asin dari sambal oncom yang dijadikan isian dari combro. Yang paling penting adalah bahwa combro ini sangat menyehatkan serta mudah sekali pembuatannya.
  1. Otak-Otak

    Otak-Otak - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Otak-Otak
    Otak-otak merupakan aneka jajanan pasar tradisional yang dibuat menggunakan daging ikan tenggiri yang dicincang lalu dibungkus dengan daun pisang, kemudian dipanggang. Setelah matang disajikan dengan menggunakan kuah asam pedas. Makanan ini terkenal di daerah sekitar Selat Malaka dan Selat Karimata seperti Malaysia, Singapura dan Kepulauan Riau. Akan tetapi otak-otak ini tersebar luas pula di berbagai wilayah di Sumatra dan Jawa.

    Otak-otak dibuat dari ikan tenggiri yang diambil dagingnya saja, kemudian dihaluskan lalu dibumbui. Untuk selanjutnya, daging dari ikan tenggiri yang telah dihaluskan tadi dimasukkan lagi ke dalam kulit ikan tenggiri lalu direbus atau dipanggang dengan dibungkus terlebih dahulu menggunakan daun pisang. Otak-otak ini dapat langsung dimakan atau dicocor dengan saus asam pedas. Kadang-kadang bisa juga dijadikan lauk untuk makan nasi.
  1. Lumpia

    Lumpia - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Lumpia
    Aneka jajanan pasar tradisional khas dari kota Semarang yang bernama lumpia memang dikenal sebagai salah satu ikon kota Semarang. Bahan dan metode pembuatannya telah disesuaikan dengan tradisi setempat. Lumpia sendiri terdiri dari lembaran tipis adonan tepung terigu yang dijadikan sebagai pembungkus isian lumpia yang pada umumnya berisi daging, sayuran segar, telur, rebung atau hasil laut.

    Cita rasa dari lumpia ini merupakan perpaduan antara cita rasa Tionghoa dan cita rasa Indonesia, karena lumpia itu sendiri pertama kali dibuat oleh seseorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia lalu menetap di kota Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini mulai diperjualbelikan dan selanjutnya menjadi terkenal di kota Semarang saat Indonesia mengadakan pesta olahraga GANEFO pada masa pemerintahan Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.
  1. Mochi

    Kue Mochi - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Kue Mochi
    Mochi merupakan makanan yang berasal dari negeri Jepang. Dibuat menggunakan beras ketan yang digiling atau ditumbuk hingga lembut dan lengket, lalu kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan. Di Jepang sendiri kue ini sering dibuat dan disajikan pada saat melaksanakan perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun pada masa kini jenis kue ini banyak dijual dan dengan mudah dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun. Mochi mempunyai cita rasa yang begitu khas yakni lembut saat pertama kali masuk mulut lalu lama kelamaan akan menjadi lengket.

    Di Indonesia, khususnya kue mochi dari Kota Sukabumi, sering ditemui di Jalan Ahmad Yani dan jalan Kasuari yang dijajakan oleh para pedagang asongan di beberapa titik persimpangan jalan raya di Kota Bogor. Bahan-bahan untuk membuat kue mochi sangat mudah untuk didapatkan, dengan bahan dasar tepung ketan dan untuk isiannya merupakan adonan yang terbuat dari kacang.
  1. Kue Cubit

    Kue Cubit - 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular
    Kue Cubit
    Belum ada informasi yang bisa menjelaskan mengapa kue ini diberi nama kue cubit. Meski demikian, beberapa orang meyakini bahwa nama kue cubit sesungguhnya berasal dari proses pembuatan kue tersebut. Adonan dari kue cubit dimasukkan ke dalam cetakan kecil-kecil kemudian dimasak. Setelah matang, pedagang kue cubit akan mengeluarkan kue tersebut dengan cara mencubit-cubit kue menggunakan sebuah alat penjepit. Sehingga dari sinilah kemungkinan nama kue cubit itu berasal.

    Jajanan yang disebut dengan kue cubit bukan merupakan nama asing lagi bagi kita yang senang menikmati aneka jajanan pasar tradisional khas Indonesia. Dari bentuk dan nama kue ini pun sangat unik sehingga mudah sekali untuk diingat. Ssaat ini sudah banyak variasi dari rasa kue cubit yang kita temui di pasaran, beberapa diantaranya adalah rasa red velvet, tiramitsu, green tea ataupun original yang sangat mendominasi dengan rasa kue yang manis serta enak untuk dijadikan camilan. Meski kue cubit tersebut sangat populer dewasa ini, sudah dapat dipastikan masih banyak yang belum tahu tentang asal-usul kue cubit ini yang sebenarnya berasal dari negeri Belanda.
Content Protection by DMCA.com