yobit.net вход yobit.net yobit yobit.net yobit bittrex yobit.net yobit net yobit exchange
Adrem Alias Tholpit Bantul | Resep Makanan | Cake Susu Moo
Adrem Alias Tholpit Bantul Jajanan Pasar

Adrem Alias Tholpit Bantul

Aneka Kue Jajanan Pasar

Adrem sering juga disebut tholpit merupakan salah satu aneka kue jajanan pasar tradisional khas Bantul. Aneka kue jajanan pasar ini dibuat dari bahan baku utama tepung beras dan gula jawa yang digoreng. Aneka kue jajanan pasar ini alias tholpit bantul banyak diproduksi di daerah Sanden, Bantul, Yogyakarta dan kuliner dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional di Bantul dan sekitarnya.

Nama asli aneka kue jajanan pasar ini adalah adrem. Disamping itu, masyarakat biasa menyebutnya juga dengan nama “Tholpit”, singkatan dari “Konthol Kejepit”. Hal ini disebabkan bentuknya yang menyerupai bagian alat kelamin pria, yaitu skrotum (kantung zakar), jika terjepit. Tholpit juga dikenal juga dengan sebutan “Mana Tahan” yang berasal dari pernyataan jika alat kelamin pria tersebut terjepit.

Bahan paling utama dalam pembuatan kue aneka jajanan ini adalah tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Kelapa yang sudah diparut dan tepung beras ini lalu dicampur dengan gula merah yang sudah dilelehkan dan aduk supaya tercampur rata, ditumbuk, kemudian dicetak bulat seperti bakso yang dipipihkan di atas daun pisang, kemudian digoreng. Bentuk unik kue aneka jajanan ini diperoleh pada saat proses penggorengan, yaitu dengan cara dijepit dengan bilah bambu.

Adrem Alias Tholpit Bantul Jajanan Pasar

Bahan utama adrem alias tholpit Bantul

  • 1 kg beras (rendam semalam)
  • 8 ons gula jawa/pasir
  • 1/2 butir kelapa tua
  • 1 liter minyak goreng
  • 5 bungkus kecil vanili (opsional)

Cara Pembuatan adrem alias tholpit Bantul

  1. Giling beras yg sudah direndam hingga jadi tepung. Bila pakai tepung beras kemasan nanti hasilnya tidak seenak jika tepung dibuat sendiri dan hasilnya akan jadi lembek
  2. Masak kelapa parut bersama gula jawa, masukan air 250 ml. Aduk terus sampai mengental dan meletup-letup, selanjutnya adonan ini disebut juruh (seperti gulali). Setelah jadi juruh angkat dr api dinginkan
  3. Siapkan baskom besar, masukan tepung beras, campur atau uleni bersama juruh yg sudah dingin tadi sampai kalis dan bisa dibentuk. Diamkan 15 menit
  4. Bulatkan adonan yg sudah didiamkan tadi menurut selera.
  5. Siapkan wajan besar dengan penuh minyak panas. Masukan bulatan mentah salah satu aneka kue jajanan pasar ini, jika sudah setengah matang jepit dg japitan (jepitan hanya berupa kayu kaki 3 saja bisa dibuat sendiri atau menggunakan sumpit), disinilah letak beda dan istimewanya kue adrem, kue aneka jajanan ini harus dijepit di ujungnya sampai matang (khusus kaum adam, jangan dibayangkan ya, nanti ngilu :D).

Tips pembuatan adrem alias tholpit Bantul

  1. Kue adrem yg jadi tidak akan pecah waktu digoreng jepit. Dan didalamnya akan terbentuk isian yg lembut.
  2. Kue adrem yg menggunakan gula jawa akan cepat berubah warna coklat waktu digoreng, disini pula istimewanya salah satu kue aneka jajanan pasar ini. Kalau gak berwarna coklat kehitaman tidak enak, tidak mantab begitu kata orang tua jaman dulu. Di Bantul, kue adrem yg kelihatan bersih (memakai gula pasir) tidak akan laku dijual karena masyarakat di sana lebih memilih aneka jajanan pasar atau contoh disini kue adrem yg memakai gula jawa.
Adrem Alias Tholpit Bantul | Resep Makanan | Cake Susu Moo

Demikian resep membuat adrem alias tholpit bantul yang merupakan kue aneka jajanan pasar sederhana favorit. Semoga pembaca Cake Susu Moo bisa mencoba dirumah sebagai teman ngobrol di sore hari dengan keluarga ditemani teh manis. Untuk resep yang lain bisa mencoba Klik Disini : Cenil Jajanan Pasar Yang Kenyal, Klik Disini : Cemplon Gurih di Luar Manis.

Content Protection by DMCA.com