Bandrek, Minuman Hangat Sedap Menyehatkan

Bandrek Minuman Hangat Sedap Menyehatkan
Sumber Foto : resepkoki.id

Bandrek merupakan minuman tradisional dari Sunda, Jawa Barat yang sering dikonsumsi supaya suhu tubuh menjadi terasa hangat. Jadi bandrek ini merupakan minuman hangat, sedap dan menyehatkan yang hidangkan pada saat cuaca dingin.

Untuk bahan paling utama bandrek adalah jahe dan gula jawa / gula merah. Namun pada daerah tertentu ada juga yang ditambah dengan rempah-rempah supaya lebih memberikan efek hangat lagi seperti merica, serai, pandan, telur ayam kampung, dan lain sebagainya. Selain itu, susu juga bisa ditambahkan pada minuman bandrek ini, tengantung dari selera anda.

Banyak yang percaya bahwa bandrek ini memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Di Bandung sendiri, umumnya para penjual bandrek menambahkan sejumput kerukan kelapa pada bandrek ini untuk menambah kelezatan dari bandrek yang dijualnya.

Bandrek Minuman Hangat Sedap Menyehatkan
Sumber Foto : resepgulaku.com

Sejarah Bandrek

Tidak berlebihan rasanya ketika mengatakan jika bandrek menjadi minuman hangat sedap dan menyehatkan ini pernah menjadi begitu prestise pada masanya. Bisa dikatakan disetiap seruput bandrek yang anda teguk, terkandung begitu banyak nilai sejarah di dalamnya, layaknya hikayat merantau yang terdapat di setiap suap nasi padang yang biasa anda temui di seluruh Indonesia.

Apa itu bandrek ? Minuman bandrek ini begitu prestise bukan hanya lantaran kehangatan yang ditumbulkan oleh minuman yang satu ini, bukan hanya lantaran rasanya yang nikmat di lidah, namun lebih dikarenakan apa yang terkandung di dalam bandrek ini.

Menurut Fadly Rahman (sejarawan), orang-orang dari Eropa, dulu sering melakukan barter perhiasan dan senjata pala maupun jenis rempah-rempah yang lainnya lantaran komoditas rempah-rempah pada waktu itu sangat langka di Eropa.

Namun dengan berjalannya waktu, popularitas rempah-rempah tidak bisa dipertahankan selamanya. Pada abad 10 sampai abad 20, sedikit demi sedikit pamor rempah-rempah ini mulai turun yang disebabkan kalah pamor dengan komoditas teh, kopi, dan gula.

Bahkan jika anda perhatikan saat ini kopi yang berasal dari Indonesia lebih tekenal jika dibandingkan dengan rempah-rempah Indonesia. Dan seperti halnya rempah-rempah, seiring berjalannya waktu, membuat prospek bandrek semakin menurun.

Bisa dibilang kebanggaan akan minuman bandrek ini sudah semakin berkurang. Hanya beberapa kalangan tertentu saja yang sampai saat ini masih mau membuat dan menikmati salah satu minuman khas Sunda ini.

7 Khasiat Bandrek Untuk Kesehatan

Dibalik rasanya yang nikmat, ternyata tersimpan banyak sekalai khasiat di dalamnya. Hal ini tidak mengherankan sebab bandrek ini dibuat dengan campuran berbagai jenis rempah-rempah.

Jadi selaian bisa menghangatkan tubuh anda, banyak khasiat lain yang terkandung pada minuman khas Sunda ini. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Melawan penyakit kanker

    Banyak sekali yang meragukan kandungan cengkeh dalam bandrek tidak akan mampu melawan penyakit kanker. Padahal berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa cengkeh didalam bandrek ini mempunyai kemampuan untuk menangkal / mencegah kanker, terutama pada saluran pencernaan, kulit, dan paru-paru.

  2. Obat sakit gigi

    Kandungan minyak cengkeh yang ada didalam bandrek juga memiliki manfaat untuk obat sakit gigi. Bahkan kandungan minyak dari cengkeh ini juga berguna sebagai analgastik atau lebih dikenal sebagai obat penahan rasa sakit.

  3. Menurunkan tekanan darah

    Alasannya adalah di dalam bandrek ini juga terdapat kandungan jahe. Kandungan jahe ini bisa bekerja sebagai pelebur pembuluh darah serta perangsang pelepasan hormon adrenalin.
    Dengan demikian, darah yang ada di dalam tubuh anda bisa mengalir dengan lebih baik lagi dan juga dapat meringankan tugas dari jantung pada saat memompa darah.

  4. Mencegah radang (inflamasi)

    Ternyata kandungan Flavanoid yang terdapat pada cengkeh, bermanfaat sebagai pencegah inflamasi. Maka dari itu bandrek ini sangat baik dikonsumsi bagi para penderita rematik. Dan cengkeh ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ekspektoran guna mengatasi berbagai permasalahan pada saluran pernapasan.

  5. Mengatasi masuk angin

    Masuk angin sebenarnya bukan merupakan nama dari suatu penyakit. Masuk angin terjadi pada saat kondisi tubuh kita sedang merasakan kelelahan yang berlebih. Oleh karena itu, dengan sifat yang bisa membuat tubuh terasa hangat bandrek tentunya bisa dengan mudah mengobati masuk angin ini.

  6. Mencegah perut kembung

    Perut kembung ini merupakan kondisi dimana perut tidak bisa mengeluarkan gas beracun dari belakang. Dan ternyata bandrek ini merupakan obat alami untuk mengatasi perut kembung.

  7. Mematikan patogen asing

    Antioksidan yang cukup tinggi juga terkandung di dalam bandrek ini sehingga bisa membuat tubuh terlindungi dari beberapa serangan penyakit. Pada saat sistem imunitas yang melindungi tubuh anda melemah, maka secara otomatis daya tahan tubuh terhadap penyakit juga akan ikut melemah juga.
    Kondisi seperti ini membuat penyakit sangat mudah memasuki tubuh kita. Masuknya patogen dan radikal bebas ke dalam tubuh kita bisa dikurangi bahkan dicegah dengan cara rutin mengkonsumsi bandrek ini.

Ternyata bandrek tidak hanya berkhasiat sebagai penghangat tubuh saja. Tapi lebih dari yang tertulis diatas, banyak sekali khasiat lain yang bisa diperoleh dari konsumsi bandrek terutama untuk kesehatan tubuh anda.

Meminum segelas bandrek hangat saat kita bersantai dengan keluarga di malam hari yang dingin adalah cara yang tepat untuk menghangatkan badan. Tidak hanya terkenal di Indonesia, bandrek yang kaya akan rempah ini juga terkenal sampai mancanegara karena mempunyai khasiat untuk menghangatkan tubuh dan membuat rileks. Dengan bahan dasar dari jahe, kayu manis, dan cengkeh, bandrek dapat dibuat bening saja atau ditambahkan susu agar lebih manis.

Bahan utama

  • 500 ml air
  • 80 gram jahe
  • 75 gram gula jawa / gula merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 4 butir cengkeh
  • 6 cm kayu manis
  • 2 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya

Cara pembuatan

  1. Bakar jahe lalu dimemarkan dan selanjutnya bersihkan dari kulit arinya.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam panci dan rebus sampai mendidih menggunakan api kecil sehingga mengeluarkan aroma rempah.
  3. Setelah aroma rempah tercium dan sudah mendidih, angkat lalu saring supaya kotoran terpisah.
  4. Selesai, bandrek siap disajikan.

Tips tambahan pembuatan

  1. Tambahkan susu kental manis (SKM) sesuai selera, akan menambah nikmat rasa bandrek.
  2. Iris tipis-tipis atau parut jahe jika anda menginginkan rasa bandrek yang lebih pedas.
  3. Simpan dalam termos air panas bila ingin bandrek tetap hangat dalam jangka waktu yang lama.
Bandrek Minuman Hangat Sedap Menyehatkan
Sumber Foto : pesona.travel

Demikian resep membuat “Bandrek, Minuman Hangat Sedap Menyehatkan” yang merupakan minuman tradisional sederhana dan favorit. Semoga pembaca Cake Susu Moo bisa mencoba dirumah sebagai teman ngobrol di sore hari dengan keluarga ditemani kacang rebus, pisang rebus dan jajanan pasar lainnya. Untuk resep yang lain bisa mencoba Klik Disini : Wedang Bajigur Hangat Lezat, untuk artikel Klik Disini : Pastry Dan Ragamnya atau Klik Disini : Untuk Kumpulan Resep