Bolu Karamel Sarang Semut

Bolu Karamel Sarang Semut
Bolu Karamel Sarang Semut

Bolu Karamel Sarang Semut ini mungkin memang tidak terlalu menarik jika dilihat dari warnanya. Warnanya yang coklat tua (cenderung ke hitam) pasti membuat banyak orang beranggapan bahwa kue karamel ini adalah kue yang gosong. Tetapi jika sudah mencobanya, pasti banyak yang akan ketagihan dengan rasa kue bolu karamel enak yang legit dan lezat. Dengan tampilan berlubang-lubang seperti sarang semut serta teksturnya juga cukup lembut bisa dinikmati oleh segala usia. Ada beberapa macam resep bolu karamel yang dikenal di masyarakat umum, seperti bolu karamel kukus, bolu karamel ncc dan bulu karamel panggang. Kali ini Cake Susu Moo akan memberikan resep dan cara membuat bolu karamel sarang semut enak yang mudah.

Ada banyak macam variasi resep kue bolu yang kita kenal, seperti resep bolu tape, bolu pandan, resep bolu kukus, resep bolu pandan, bolu keju, bolu pisang dan yang lainnya. Tetapi kebetulan menurut Cake Susu Moo, resep bolu karamel sarang semut ini merupakan salah satu primadona kami. Rasanya yang benar benar legit dan enak dan tentu saja teksturnya yang cukup lembut memang bisa membuat orang yang sudah pernah mencobanya jadi ketagihan. Biasanya membuat kue bolu karamel sarang semut ini sekaligus dalam beberapa loyang, sehingga bisa dibagikan ke keluarga lain dan tetangga dekat rumah dan kebanyakan mereka memuji cita rasa spesial buatan sendiri ini.

Bolu Caramel Kue Jadul

Cara membuat kue bolu karamel sarang semut ini cukup sederhana kok, untuk pembaca Cake Susu Moo yang tidak hobi masak tidak perlu khawatir kue nya nanti gak jadi atau bantat. Pemilihan bahan yang berkualitas menjadi penting disini serta tips yang harus benar-benar diperhatikan supaya hasil resep bolu karamel ini berhasil dengan sukses. Gunakan tepung berkualitas yang benar-benar halus dan sebaiknya tepung yang akan digunakan di saring atau ayak supaya benar-benar halus. Selain itu, jangan gunakan gula pasir kuning karena aroma tebu nya lebih kuat dan terasa nantinya, pilih gula pasir yang putih. Cetakan kue atau loyang harus benar-benar bersih dan dilapisi margarin dan ditaburi tepung terlebih dahulu supaya tidak lengket. Yang paling penting adalah proses pembuatan karamel harus diperhatikan dengan benar supaya hasilnya sempurna dan bagian tengah kue terdalam bolong bolong seperti sarang semut.

Bahan Bahan Resep Bolu Karamel Sarang Semut :

  1. Seperti membuat resep bolu kukus, resep kali ini juga menggunakan tepung terigu yang mempunyai kadar protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram. Jangan lupa tepung diayak terlebih dahulu supaya benar benar halus.
  2. Gula pasir putih dengan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 500 gram untuk membuat karamelnya.
  3. Air bersih panas untuk membuat karamel secukupnya (dibutuhkan sekitar 500 ml).
  4. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 8 butir.
  5. Tepung maizena dengan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 gram.
  6. Soda kue kualitas bagus sebanyak satu sendok teh saja.
  7. Margarin kualitas bagus sebanyak 130 gram saja. Aduk dan kocok margarin dengan menggunakan sendok sampai mentega tidak keras (lembut).
  8. Baking powder sebanyak satu sendok teh.
  9. Susu kental manis (SKM) sebanyak 200 gram saja.
  10. Garam dapur sebanyak setengah sendok teh (bisa di tambahkan atau dikurangi sesuai selera).
Bolu Caramel Kue Jadul

Cara Membuat Kue Bolu Karamel Sarang Semut :

  1. Langkah pertama yaitu membuat karamel yang nanti akan dicampur dengan adonan bolunya.
  2. Siapkan penggorengan untuk membuatnya, sebaiknya menggunakan wajan dengan lapisan teflon supaya tidak lengket.
  3. Masukkan gula pasir putih bersih yang sudah dipersiapkan dengan api kecil saja. Aduk sampai larut dan berubah warna menjadi agak kecoklatan dan cair.
  4. Masukkan air yang sudah disiapkan dan tuang ke dalam wajan teflonnya. Aduk aduk supaya larutan karamel tercampur rata dengan air dan meleleh, lalu angkat dan dinginkan (kurang lebih butuh sekitar 600 ml).
  5. Langkah berikutnya adalah membuat adonan kue nya. Ambil satu tempat agak besar. Masukkan tepung terigu (protein sedang), tepung maizena, soda kue dan baking powdernya.
  6. Aduk semua bahan hingga tercampur lalu saring dan diayak supaya benar-benar halus.
  7. Siapkan tempat lagi yang agak besar dan masukkan telur dan garam dapur. Aduk-aduk dan kocok kedua bahan diatas sampai mengental (tidak perlu pakai mixer).
  8. Masukkan campuran tepung dan bahan yang lain ke dalam adonan telur yang sudah dikocok tersebut. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai habis.
  9. Masukkan mentega yang sudah dilembutkan sedikit demi sedikit sambik diaduk sampi benar benar rata dan habis.
  10. Masukkan susu kental manis kurang lebih sebanyak 200 gram yang sudah dipersiapkan di atas.
  11. Masukkan karamel yang sudah dibuat ke dalamnya dan aduk-aduk lagi sampai karamel tercampur rata dengan adonan kue bolu karemelnya.
  12. Siapkan oven dan hidupkan kompor dengan api besar.
  13. Oles loyang yang akan dipakai dengan mentega dan taburi tepung atasnya supaya tidak lengket.
  14. Tuang adonan ke dalam loyang atau cetakan kue dan masukkan ke dalam panggangan oven dengan api besar.
  15. Tunggu sampai setengah matang (kue agak mengembang dan naik), kecilkan api dan terus panggang sampai benar-benar matang (kurang lebih selama 43-50 menit).

Bagaimana menurut anda semua cara membuat Bolu Karamel Sarang Semut diatas ?. Mungkin jika hanya dilihat saja akan cukup sulit tetapi kalau anda langsung mencobanya tidak terlalu susah kok. Setelah kue matang, jangan langsung dipotong. Tunggu hingga dingin lalu bisa dipotong sesuai selera dan disajikan. Selain untuk teman nonton TV atau minum kopi atau teh di pagi atau sore hari. Resep Bolu Karamel Sarang Semut ini juga cocok sekali untuk acara-acara spesial yang lain atau sebagai teman membaca website Cake Susu Moo. Selamat mencoba…