yobit.net вход yobit.net yobit yobit.net yobit bittrex yobit.net yobit net yobit exchange
Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana
Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana
Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana

Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana

Cilok merupakan aneka jajanan yang namanya diambil dari singkatan aci dicolok, yakni aneka jajanan sederhana yang cara membuat cilok tersebut menggunakan aci (adonan tepung tapioka) dan berasal dari daerah Bandung, Tasikmalaya dan sekitarnya. Supaya resep cilok sederhana bisa lezat, umumnya hasil dari resep cilok sederhana disantap bersamaan dengan saus kacang yang ditambahi saus pedas, kecap maupun kuah yang dicampur menjadi satu dengan olahan aci tersebut. Ada juga beberapa variasi yang watu itu pernah trending yaitu cilok goang. Cilok goang ini menggunakan kuah yang lebih ringan akan tetapi tetap lezat dan nikmat.

Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana
Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana

Tentang Cilok

Sekilas saja untuk anda yang belum pernah mencicipi cilok, bentuk aneka jajanan cilok ini memang hampir mirip dengan bakso. Memang berbentuk bulat serta besarnya sama seperti pentol bakso pada umumnya. Akan tetapi apabila diperhatikan dengan lebih lebih seksama, permukaan cilok tampak lebih halus. Hal ini disebabkan karena memang hanya terbuat dari campuran tepung tapioka (aci) dan tepung terigu, karena itulah permukaannya menjadi lebih halus. Berbeda dengan bakso yang memang dalam pembuatannya menggunakan daging walaupun sama-sama menggunakan sedikit tepung aci yang dicampur dengan tepung terigu.

Tekstur dari resep cilok sederhana yang akan kita buat ini lebih kenyal karena tidak menggunakan isi serta bahan campuran yang lainnya. Porsi dalam penggunaan tepung tapioka atau aci ini memang lebih banyak dibandingkan dengan pentol bakso, untuk itulah resep cilok sederhana yang akan kita buat ini bisa lebih kenyal dibandingkan dengan pentol bakso. Karena kekenyalannya inilah yang menjadi ciri khas serta keunikan yang mampu membuat penggemar kuliner ketagihan. Apalagi jika hasil dari resep cilok sederhana ini dicampur dengan bumbu kacang atau ditambah menggunakan kuah yang pedas, pasti akan bikin lebih ketagihan lagi.

Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana
Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana

Kandungan Nutrisi Cilok

Cilok sangat baik dikonsumsi serta bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan tubuh kita. Didalam resep cilok sederhana yang akan kita buat juga mengandung nutrisi yang bisa membantu kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Karbohidrat

Karbohidrat yang terkadung dalam bahan yang digunakan untuk resep cilok sederhana terhitung cukup banyak dan bisa membuat perut anda merasa kenyang seharian. Resep cilok sederhana yang akan kita buat ini menggunakan bahan dasar tepung tapioka yang mengandung banyak karbohidrat. Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa karbohidrat mempunyai fungsi sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa karbohidrat tubuh akan mudah lemas dan tidak bertenaga. Akan tetapi asupan karbohidrat yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh kita, oleh karena itu makanlah sesuai porsi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Protein dan Kalsium

Salah satu cara membuat cilok yang enak adalah dengan menambahkan daging didalam adonan cilok. Daging ini memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Selain karbohidrat yang banyak terdapat pada aci, daging pada cilok juga mengandung protein yang bisa memenuhi kebutuhan protein untuk tubuh. Selain protein, daging juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk kekuatan tulang.

Kalium

Kalium juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tulang. Tulang yang memiliki banyak kandungan kalium dan kalsium yang cukup akan menjadi tulang yang sehat dan tidak mudah rapuh. Kalium dapat menghindarkan tulang dari beberapa jenis penyakit seperti contohnya osteoporosis atau penyakit pengeroposan tulang.

Lemak

Menambahkan daging dalam adonan resep cilok sederhana merupakan salah satu cara membuat cilok supaya enak. Di dalam daging ini banyak terkandung lemak yang bisa mencukupi kebutuhan lemak didalam tubuh, namun lemak juga dapat memacu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah ditubuh kita sehingga dapat memacu komplikasi dari berbagai jenis penyakit, contohnya stroke atau hipertensi.

Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana
Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana

Manfaat Cilok

Melancarkan Pencernaan

Selain mempunyai banyak kandungan seperti diatas, cilok juga memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan secara alami. Tetapi kandungan zat dalam cabai bisa memberikan efek samping juga untuk pencernaan yaitu bisa menyebabkan diare dan sakit perut, disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi cilok dengan level pedas yang tinggi.

Rahasia Cara Membuat Cilok

Banyak orang mempunyai anggapan bahwa cara membuat cilok ini sangat mudah serta gampang. Mungkin karena memang banyak orang melihat bahwa harga cilok yang dijual di pinggir jalan memang relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat umum. Mungkin juga karena dilihat dari bahan pembuat adonan serta cara membuat cilok yang simpel. Padahal apabila tidak mengetahui rahasia cara membuat cilok ini supaya kenyal dan empuk, maka hasilnya nanti malah akan menjadi terlalu kenyal atau malah terlalu keras sehingga tidak nyaman pada saat mengunyah. Rahasianya adalah :

  • Gunakan tepung yang baru (fresh) atau setidaknya tepung yang baru dibuka dari wadahnya serta pastikan tepung tersebut benar-benar halus. Sehingga nanti pada saat proses pembuatan adonan tidak ada tepung yang mengumpal. Cara membuat cilok tersebut yang bisa membuat cilok tidak enak.
  • Cara membuat cilok yang empuk dan kenyalnya bergantung pada komposisi bahan yaitu perbandingan antara tepung terigu dan tepung tapioka. Pada umumnya perbandingan yang pas menggunakan perbandingan 1 : 1 atau anda bisa juga menggunakan perbandingan 125 gram tepung terigu dan 200 gram tepung tapioka.
  • Sedangkan untuk membuat adonannya, gunakan air hangat, yaitu air yang direbus hingga mendidih lalu tunggu sampai suhunya turun menjadi hangat.
  • Untuk mengaduk gunakan alat seperti sendok yang bahannya terbuat dari kayu. Jangan terlalu berlebihan dalam mengaduk, cukup hingga tercampur secara merata saja supaya adonan yang dihasilkan tidak terlalu kenyal dan alot.
  • Tambahkan sedikit minyak pada air panas yang akan digunakan untuk merebus bulatan adonan cilok dan masukkan cilok satu persatu. Cara membuat cilok ini dimaksudkan supaya tidak saling menempel satu dengan yang lain.
  • Jika ingin disimpan, masukkan dalam wadah yang tertutup rapat lalu masukkan ke dalam lemari pendingin (kulkas). Sebelum digunakan kembali kukus cilok sebentar supaya hangat serta empuk kembali.

Kali ini Cake Susu Moo akan memberikan beberapa cara membuat cilok serta resep adonan cilok lengkap beserta rahasia cara pembuat cilok yang kenyal, empuk, lezat serta tahan lama.

Resep Cilok Sederhana

Resep Cilok Bandung

Jika ita berbicara mengenai kuliner sederhana atau jajanan sederhana, kota Bandung yang terletak di propinsi Jawa Barat ini merupakan gudang dari jajanan jenis ini. Kota Bandung ini sudah terkenal sebagai tempat lahirnya jajanan yang terbuat dari aci seperti cimol, batagor, cilor, cireng dan masih banyak jajanan yang lainnya. Saat ini memang resep cilok Bandung sudah menyebar ke seluruh penjuru wilayah Indonesia. Akan tetapi apabila anda ingin mencicipi dan merasakan sensasinya cilok Bandung, anda bisa membuat sendiri di rumah. Untuk bahan yang dibutuhkan serta cara membuat cilok Bandung bisa dilihat sebagai berikut :

Bahan adonan cilok Bandung :

  • 100 gram tepung tapioka.
  • 100 gram tepung terigu.
  • 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan.
  • 3/4 sendok teh garam beryodium.
  • 1/4 sampai dengan 1/2 sendok teh kaldu bubuk apabila suka gurih.
  • 170 ml air bersih yang sudah dimasak.
  • Merica halus sesuai selera.
  • Gula pasir sesuai selera.
  • 2 batang daun bawang yang sudah di iris dan dipotong halus.
  • Air untuk merebus cilok.

Cara membuat cilok Bandung :

  1. Siapkan mangkuk atau wadah lalu masukkan dan campur tepung terigu, tepung tapioka dan jangan lupa daun bawang yang sudah di potong halus, aduk rata lalu sisihkan.
  2. Ambil wadah untuk merebus, masukkan air panas, bawang putih, merica bubuk, kaldu bubuk, gula pasir dan garam kemudian didihkan lagi sambil diaduk lalu angkat.
  3. Tuang rebusan air yang telah mendidih sedikit demi sedikit ke dalam wadah pertama yang berisi campuran tepung sambil diaduk menggunakan sendok kayu hingga membentuk adonan yang kalis dan bisa dipulung.
  4. Jangan terlalu lama dalam mengaduk pada tahap ini supaya adonan cilok tidak berubah menjadi terlalu alot dan mempunyai kekenyalannya yang pas.
  5. Setelah proses tersebut selesai, biarkan suhu adonan turun sampai menjadi hangat.
  6. Ambil atau pulung sedikit adonan, buat bentuk bulat. Ulangi sampai semua adonan habis.
  7. Didihkan air, tambahi sedikit minyak dan tunggu sampai air mendidih.
  8. Masukkan adonan cilok yang telah siap tadi lalu rebus sampai terapung dan matang.
  9. Angkat lalu tiriskan.
  10. Cilok bisa sajikan ditemani bumbu kacang, saus kecap dan juga bahan pelengkap yang lain.
Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana
Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana

Resep Cilok Sederhana Bumbu Kacang

Dengan menggunakan saus sambal dan kecap botol yang banyak dijual di warung saja sebenarnya sudah cukup nikmat dan lezat untuk menikmati kelezatan aneka jajanan popular yang terbuat dari aci ini. Tetapi untuk anak kecil atau yang tidak suka dengan pedas bisa digunakan kecap saja. Dan apabila anda ingin lebih mantap lagi, sebaiknya anda ditambahi lagi dengan saus kacang.

Untuk resep cilok sederhana bumbu kacang, untuk cara membuat ciloknya sendiri dibuat menggunakan resep cilok Bandung. Perbedaannya hanyalah tambahan pada bumbu kacang. Pada resep yang kedua ini, Cake Susu Moo akan memberikan cara membuat bumbu kacangnya, langsung saja kita simak berikut ini :

Bahan resep cilok sederhana bumbu kacang :

  • 2 siung bawang putih ukuran sedang besar.
  • 2 lembar daun jeruk atau sesuai kebutuhan.
  • 2 buah cabai merah besar atau secukupnya sesuai kebutuhan.
  • cabai rawit secukupnya sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.
  • 2 sendok makan kacang selai untuk tambahan agar lebih legit.
  • 2 buah kemiri.
  • 1/2 sendok teh gula pasir atau bisa disesuai dengan selera anda.
  • 3/4 garam dapur atau sesuai selera.
  • 2 sendok makan kecap manis.
  • 1 sendok makan saus tomat atau saos sambal.
  • Minyak dan air secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara membuat cilok sederhana bumbu kacang :

  1. Kacang tanah yang telah digoreng atau disangrai, dihaluskan dengan cobek atau di blender bersama dengan kemiri, kacang selai (jika memakai), daun jeruk, bawang butih dan cabai sampai halus.
  2. Siapkan wajan penggorengan lalu beri sedikit minyak.
  3. Masukkan bumbu saus kacang tersebut diatas dan aduk-aduk sebentar hingga rata.
  4. Tuangkan air secukupnya, sesuaikan dengan kekentalan yang anda inginkan lalu aduk lagi sampai rata dan tidak ada yang menggumpal, kemudian masak sampai mendidih.
  5. Masukkan kecap, garam, gula dan sausnya. Aduk kembali hingga mendidih.
  6. Ambil sedikit, tes rasa.
  7. Jika sudah sesuai dengan keinginan anda bisa langsung dipakai untuk mengguyur hasil dari resep cilok sederhana yang sudah dibuat sebelumnya.
Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana
Cara Membuat Cilok Dengan 3 Resep Cilok Sederhana

Resep Cilok Sederhana Kuah Lezat

Sedangkan untuk resep cilok sederhana kuah lezat, untuk cara membuat ciloknya sendiri tetap menggunakan resep cilok Bandung. Perbedaannya hanyalah tambahan pada kuah dan tanpa bumbu kacang. Pada resep yang ketiga ini, resep cilok Bandung akan dinikmati dengan diguyur menggunakan kuah. Pemberian kuah ini akan memberikan sensasi yang berbeda. Untuk cara membuat kuahnya, langsung saja kita simak berikut ini :

Bahan resep cilok sederhana kuah lezat :

  • 1 siung bawang putih ukuran sedang atau besar yang sudah diuleg hingga halus.
  • 5 buah cabai rawit atau bisa ditambah apabila kurang pedas.
  • 1 butir telur ayam, lalu kocok lepas.
  • 1 bungkus kaldu bubuk instan rasa ayam atau sapi.
  • Garam dapur secukupnya atau sesuai selera.
  • Lada halus secukupnya atau sesuai selera.
  • 250 ml air matang.
  • 1 sendok makan minyak goreng.

Cara membuat cilok sederhana kuah lezat :

  1. Pertama siapkan penggorengan lalu tuang sedikit saja minyak goreng.
  2. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas, aduk-aduk atau orak arik.
  3. Masukkan bawang putih dan cabai rawit, aduk-aduk sebentar hingga tercium aroma harum.
  4. Tuangkan air bersih kurang lebih sebanyak 250 ml, aduk hingga tercampur rata.
  5. Masukkan hasil resep cilok sederhana yang telah dibuat dan tambahkan garam dapur secukupnya, lada dan kaldu instan.
  6. Aduk-aduk hingga air mendidih.
  7. Tes rasa dan apabila sudah sesuai dengan selera anda masak sebentar agar bumbu agak meresap.
  8. Resep cilok sederhana kuah lezat siap disajikan.
Video : Resep Dan Cara Membuat Cilok Sederhana

Demikian resep cilok sederhana beserta cara membuat cilok yang empuk dan kenyal dari Cake Susu Moo. Semoga dengan sedikit pengetahuan kami, anda bisa selalu membuat kuliner sederhana yang anda sukai. Silakan juga share pengalaman anda memasak bersama kami, atau jika anda mempunyai resep baru bisa kirimkan ke kami melalui kontak yang ada.

Content Protection by DMCA.com