Cara Membuat Martabak Manis (Resep Terang Bulan)
Cara Membuat Martabak Manis Resep Terang Bulan
Cara Membuat Martabak Manis (Resep Terang Bulan)

Cara Membuat Martabak Manis (Resep Terang Bulan)

Di hari yang cerah ini, Cake Susu Moo ingin membagikan cara membuat terang bulan atau cara membuat martabak manis yang lembut, enak dan gampang. Bagi sebagian kalangan mungkin agak sedikit aneh dengan sebutan kue terang bulan, karena di beberapa daerah olahan kue terang bulan ini sering disebut dengan kue martabak manis, namun dari keduanya adalah sama dan sebanding. Cara membuat terang bulan (cara membuat martabak manis) yang dibuat menggunakan bahan utama tepung terigu ini memang diminati oleh setiap lapisan masyarakat dari mulai anak-anak sampai dengan orang dewasa yang menyukai rasa manis sudah dapat dipastikan tidak asing lagi dengan kue terang bulan.

Untuk mendapatkan kue ini umumnya sangat mudah sekali didapatkan, namun apabila anda memang menginginkan kue terang bulan yang sudah sangat populer seperti kue martabak manis khas Bangka ini, anda memang perlu berusaha lebih keras lagi. Karena memang kue martabak manis asli Bangka sangat lembut dan padat dilihat dari segi tekstur adonannya.

Cara Membuat Martabak Manis Resep Terang Bulan
Cara Membuat Martabak Manis (Resep Terang Bulan)

Disamping itu jika cara membuat martabak manis (cara membuat terang bulan) asli Bangka ini dilakukan dengan benar, maka kue ini tidak mudah mengeras apabila sudah agak dingin dan pastinya dari segi rasa sangat lezat sekali. Resep martabak manis (cara membuat terang bulan) khas Bangka biasanya punya banyak variasi, contohnya ada yang menggunakan pandan, adonan hitam, serta berbagai aneka rasa dalam satu porsi cetakan dan semua itu hanya bisa anda dapatkan di resep martabak manis khas Bangka.

Asal-Usul Martabak Manis (Kue Terang Bulan)

Resep terang bulan (resep martabak manis) yang memiliki rasa manis ini sering kali diidentikkan sebagai aneka jajanan yang sangat tepat untuk calon mertua. Namun, tahukah anda asal-usul sebenarnya dari kue terang bulan (martabak manis) ini ?

Kue terang bulan (martabak manis) ini merupakan aneka jajanan khas dari Bangka Belitung yang diciptakan oleh warga keturunan Tionghoa (Hakka atau Khek). Nama asli kue terang bulan (martabak manis) ini adalah Hok Lo Pan yang memiliki arti kue orang Hok Lo.

Taburan atau topping Hok Lo Pan dulunya hanya menggunakan wijen sangrai dan gula. Saat ini, anda bisa menjumpai bermacam rasa untuk resep terang bulan (resep martabak manis) yang bisa disesuaikan dengan selera anda. Tidak hanya menggunakan taburan cokelat, keju dan kacang, anda sekarang bisa menikmati kue terang bulan (martabak manis) dengan berbagai macam rasa unik seperti red velvet, oreo cheese, blueberry dan green tea serta masih ada beberapa varian rasa yang lain.

Cara Membuat Martabak Manis Resep Terang Bulan
Cara Membuat Martabak Manis (Resep Terang Bulan)

Seiring berjalannya waktu, kue terang bulan (martabak manis) ini semakin dikenal banyak orang lalu menyebar hingga ke luar Bangka Belitung. Hok Lo Pan selanjutnya dikenal dengan sebutan kue rembulan (kue terang bulan) karena mempunyai bentuk yang bulat dan berwarna kuning seperti terang bulan saat bulan purnama. Dan hingga saat ini, beberapa daerah di Indonesia menyebut kue martabak manis ini dengan sebutan kue terang bulan.

Sebutan Yang Unik Untuk Hok Lo Pan

Kue hok lo pan, kue martabak manis dan kue terang bulan hanya merupakan sebagian sebutan dari aneka jajanan yang satu ini. Dan ternyata, di berbagai wilayah di Indonesia aneka jajanan ini memiliki sebutan didaerah masing-masing.

Contohnya adalah Jakarta dan Bandung, di kedua kota tersebut menyebutnya sebagai martabak manis. Sedangkan untuk masyarakat Semarang justru menyebutnya kue ini dengan nama kue Bandung. Kenapa bisa disebut dengan kue Bandung ?. Ternyata pada saat seorang warga Bangka datang merantau ke Semarang, ia menjajakan makanan ini disamping lapak penjual mi Bandung. Karena sebab itulah, kue terang bulan (martabak manis) lezat ini pun disebut dengan kue Bandung oleh masyarakat Semarang.

Selain itu semua, kue terang bulan (martabak manis) juga memiliki nama lain di Pontianak serta Medan. Di Pontianak sendiri, kue terang bulan (martabak manis) disebut dengan apam pinang. Sedangkan warga masyarakat kota Medan menyebutnya dengan martabak Bangka.

Cara Membuat Martabak Manis Resep Terang Bulan
Cara Membuat Martabak Manis (Resep Terang Bulan)

Salah satu fakta menarik yang lain mengenai kue terang bulan (martabak manis) adalah ternyata aneka jajanan seperti ini juga dapat ditemukan di negeri Malaysia. Mereka menyebut kue terang bulan (martabak manis) dengan apam balik.

Kue Yang Bisa Meluluhkan Hati Calon Mertua

Untuk yang masih jomblo, bagian ini abaikan saja. muehehehehe… Dan untuk pembaca setia Cake Susu Moo yang rata-rata perempuan dan jelas-jelas cantik manis, anda silakan meneruskan membaca bagian ini.

Salah satu keunikan yang spesifik dari kue terang bulan (martabak manis) adalah biasa dijadikan sebagai “sesajen” yang dibawa pacar (laki-laki) saat bertemu calon mertua (orang tua anda). Bagi sebagian pria mungkin pernah mengalami hal seperti ini. Ketika anda akan berkunjung ke rumah pacar, pasti ada rasa canggung dan deg-degan untuk bertemu sang calon mertua. Dan kue terang bulan (martabak manis) atau martabak telur (martabak asin) yang dipiih sebagai “senjata” dan “sesajen” atau “alat diplomasi” untuk menghadapi calon mertua.

Mengapa harus kue terang bulan atau martabak manis atau martabak telur ? Karena kue terang bulan (martabak manis) dinilai merupakan aneka jajanan yang tepat untuk diberikan seorang calon menantu kepada calon mertuanya. Karena meski mempunyai harga yang tidak terlalu mahal, tetapi terlihat ekslusif serta bisa memperlihatkan strata sosial seseorang. Kebanyakan orang saat diberi buah tangan berupa aneka jajanan yang sudah menjadi favorit, seketika itu juga mood orang tersebut akan berubah senang. Sehingga raut wajah yang pada awalnya biasa saja langsung akan berubah menjadi gembira dan pada akhirnya sang calon mertua dapat luluh dengan sendirinya.

Cara Membuat Martabak Manis Resep Terang Bulan
Cara Membuat Martabak Manis (Resep Terang Bulan)

Orang-orang melakukan hal tersebut karena berdasarkan pengalaman orang lain yang telah berhasil meluluhkan calon mertuanya dengan kue terang bulan (martabak manis) atau melalui contoh bisa kita ambil pada film film yang menggambarkan kebiasaan umum masyarakat kita dalam hal membawakan buah tangan untuk sang calon mertua.

Sebelum membawakan kue terang bulan (martabak manis) untuk sang calon mertua, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui. Pertama kue terang bulan (martabak manis) atau martabak telur yang disukai oleh calon mertua, anda bisa bertanya kepada calon pasanganmu.

Yang kedua, berapa jumlah anggota keluarga didalam rumah pacarmu. Hal ini menjadi penting karena sejatinya yang harus anda luluhkan bukan hanya sang calon mertua tetapi seluruh keluarga pacarmu. Misalnya pacarmu mempunyai dua adik dan dua kakak, secara otomatis anda harus membawa dua bungkus martabak saat berkunjung ke rumah pacarmu. Intinya adalah jumlah potongan martabak yang anda bawa harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga pacarmu dan jangan sampai kurang (akan lebih baik jika jumlahnya lebih banyak).

Jika anda sudah merasakan dampak baik dari luluhnya hati calon mertuamu, ya jangan terus-terusan menjadikan kue terang bulan (martabak manis) sebagai “sesajen” yang anda bawa ketika berkunjung kerumah pacarmu. Lama kelamaan sang calon mertua beserta seluruh keluarga juga akan merasa bosan. Cobalah untuk mencari tahu aneka jajanan lain yang beliau sukai atau mencoba untuk lebih menunjukan sisi kepribadian anda ketimbang terus menerus menutupi dengan membawa kue terang bulan (martabak manis) atau aneka jajanan yang lainnya.

Intinya adalah budaya membawa kue terang bulan (martabak manis) ketika berkunjung kerumah pacar sudah ada sejak lama. Meskipun kita tidak pernah tahu tanggal persisnya kapan, hal ini seperti sudah menjadi konsensus nasional bahwa salah satu aneka jajanan yang wajib dibawa sebagai “sesajen” saat berkunjung kerumah pacar adalah kue terang bulan (martabak manis).

Resep Martabak Manis (Resep Terang Bulan)

Daripada terlalu lama ngasih tips pacaran dan meluluhkan hati calon mertua dan endingnya malah pengunjung website Cake Susu Mo malah ditinggal pembaca yang jomblo karena merasa tidak diperhatikan (mueeheheheheh…) lebih baik kita lanjutkan artikel cara membuat martabak manis (cara membuat terang bulan). Untuk yg masih jomblo, Tuhan tahu koq keinginan hamba-hambanya. Anda tinggal banyak berdoa, lebih keras berusaha dan tetap semangat. Niscaya Tuhan akan mengabulkan keinginan anda yang masih jomblo untuk mendapatkan pacar. Ayukkk… kita lanjutkan lagi…

Cara Membuat Martabak Manis Resep Terang Bulan
Cara Membuat Martabak Manis (Resep Terang Bulan)

Bagi anda yang memang menyukai makanan manis seperti kue terang bulan, anda tidak harus dan tidak wajib membelinya. Anda sesekali bisa mencoba cara membuat martabak manis atau cara membuat terang bulan ini sendiri dirumah, apalagi bila anda punya hobi memasak kue. Cobalah sesekali berkreasi dengan resep terang bulan atau resep martabak manis khas bangka ini supaya bisa menambah referensi daftar masakan anda.

Anda tidak perlu takut dalam mempraktekkan cara membuat martabak manis atau cara membuat terang bulan ini. Resep martabak manis dan cara membuat martabak manis (cara membuat terang bulan) cukup mudah, anda hanya perlu mengaduk adonan resep martabak manis, lalu kemudian tinggal dicetak dalam loyang cetakan kue martabak manis yang sudah anda siapkan untuk mempraktekkan cara membuat martabak manis (resep terang bulan) sebelumnya. selanjutnya anda tinggal tunggu sampai resep terang bulan yang telah anda buat benar-benar sudah matang dan siap untuk disajikan.

Pada saat anda mempraktekkan cara membuat martabak manis (cara membuat terang bulan), untuk kreasi bagian topping atau bagian isi dari resep terang bulan (cara membuat terang bulan) yang sudah anda buat bisa disesuaikan dengan selera anda. Jadi silakan anda menggunakan bahan yang anda sukai dan tersedia di rumah. Untuk lebih jelasnya silakan anda simak saja resep terang bulan atau resep martabak manis dan lembut asli Bangka berikut ini.

Bahan Dan Cara Membuat Martabak Manis

Bahan adonan resep martabak manis

  • 175 ml air bersih.
  • 125 gram tepung terigu.
  • 50 gram gula pasir putih (bagi menjadi 2).
  • 2 butir telur.
  • 1 sendok teh ragi instan siap saji.
  • 1/4 sendok teh baking powder.
  • 1/4 sendok teh garam halus.

Bahan topping resep martabak manis

  • Margarin, untuk olesan.
  • Susu kental manis.
  • Gula pasir halus, secukupnya.
  • Meises coklat, secukupnya.
  • Keju parut, secukupnya.
  • Kacang tanah sangrai, yang sudah di giling kasar.

Cara membuat martabak manis (cara membuat terang bulan)

  1. Langkah awal cara membuat martabak manis atau cara membuat terang bulan yaitu kita akan membuat adonan dari resep martabak manis atau resep terang bulan dengan cara mencampur 25 gram gula pasir, baking powder, tepung terigu serta air.
  2. Aduk sampai tercampur merata menggunakan mixer.
  3. Masukkan ragi instan ke dalam adonan resep terang bulan (resep martabak manis) yang sudah jadi.
  4. Aduk sebentar sampai ragi instan tercampur merata lalu diamkan adonan kurang lebih 1-2 jam.
  5. Siapkan wadah lain untuk mengaduk 25 gram gula pasir yang tersisa bersama dengan telur.
  6. Aduk sampai tercampur rata.
  7. Setelah tercampur rata, masukan ke dalam adonan resep terang bulan (resep martabak manis) yang tadi sudah di diamkan.
  8. Aduk kembali sampai adonan resep terang bulan (resep martabak manis) sedikit kental.
  9. Bila terlalu encer silakan anda tambahkan sedikit tepung hingga adonan resep terang bulan (resep martabak manis) agak kental.
  10. Langkah kedua, kita siapkan cetakan terang bulan lalu panaskan beberapa menit. Jangan lupa olesi dengan sedikit margarin.
  11. Apabila cetakan terang bulan sudah panas, masukan adonan terang bulan, kemudian ratakan.
  12. Tunggu sampai adonan resep martabak manis mengeluarkan lubang-lubang kecil atau buih kecil.
  13. Taburi secara merata adonan resep martabak manis yang telah mengeluarkan lubang-lubang kecil dengan gula pasir halus.
  14. Diamkan sebentar, lalu angkat dan lepaskan adonan resep martabak manis yang telah matang dari cetakan dengan cara di sisir pada pinggirnya, sampai terlepas.
  15. Pindahkan terang bulan ke atas talenan.
  16. Kemudian dilanjutkan dengan menabur topping yang anda inginkan. Silakan anda berkreasi pada bagian ini.
  17. Jangan lupa untuk menuangkan susu kental manis di atasnya.
  18. Potong dan belah bulatan terang bulan menjadi dua bagian.
  19. Lalu tumpuk jadi satu dan olesi dengan margarin kembali pada bagian luarnya.
  20. Potong terang bulan menjadi beberapa bagian kecil.
  21. Terang bulan siap untuk di nikmati.

Bagaimana ? Mudah bukan resep terang bulan atau cara membuat martabak manis (cara membuat terang bulan) yang lembut ini ?. Silakan sekarang giliran anda untuk mencobanya di rumah, semoga anda suka dengan resep tentang Cara Membuat Martabak Manis atau Cara Membuat Terang Bulan dari Cake Susu Moo ini. Untuk resep dan cara membuat aneka jajanan yang lain, anda bisa membaca artikel kami di 32 Aneka Jajanan Pasar Enak Dan Popular.

Content Protection by DMCA.com