yobit.net вход yobit.net yobit yobit.net yobit bittrex yobit.net yobit net yobit exchange
Cara Membuat Pisang Nugget Sendiri Di Rumah | Cake Susu Moo
Cara Membuat Pisang Nugget
Pisang Nugget

Cara Membuat Pisang Nugget Sendiri di Rumah

Prolog

Jika kita membuat pisang goreng dengan resep yang itu-itu saja, tentunya akan sangat membosankan. Resep pisang goreng yang mainstream akan membuat jenuh, terutama disaat kondisi seperti saat ini. Namun, sekarang anda bisa lebih berkreasi dengan resep pisang goreng yang lebih spesial dan istimewa. Berkreasi dengan cara membuat pisang nugget merupakan alternatif yang sangat tepat bagi anda untuk membuang jauh-jauh rasa membosankan saat menyantap pisang goreng. Sebenarnya cara membuat pisang nugget juga tidaklah terlalu sulit dan bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Sebelum kita masuk untuk mempelajari cara membuat pisang nugget, mari kita simak dulu sejarah dan informasi seputar asal-usul dan tips untuk cara membuat pisang nugget.

Dari mana asalnya ?

Awalnya, nugget pisang merupakan jajanan populer di Makassar. Pisang goreng biasa hanya dilapisi adonan tepung. Namun tidak demikian halnya dengan cara membuat pisang nugget. Sebenarnya cara membuat pisang nugget hanya mengandalkan tepung panir supaya tekstur permukaan nugget pisang menjadi lebih renyah. Namun seiring berjalannya waktu, makanan ringan ini menjadi sangat populer di banyak kota besar di Indonesia serta tidak hanya menjadi jajanan khas andalan kota Makassar saja.

Cara Membuat Pisang Nugget
Pisang Nugget

Tips Pembuatan

Tips cara membuat pisang nugget

Disamping anda akan mempelajari cara membuat pisang nugget, beberapa tips berikut ini juga sangat penting bagi anda yang ingin mencoba cara membuat pisang nugget tersebut di rumah :

  • Memilih jenis pisang yang tepat : Ingatlah bahwa tidak semua jenis pisang bisa cocok dijadikan bahan utama cara membuat pisang nugget. Untuk lebih baiknya anda bisa memakai jenis pisang raja, pisang kepok, atau pisang tanduk, karena ketiga jenis pisang tersebut mempunyai tekstur yang tidak terlalu lembek. Rasa manis yang dimiliki oleh ketiga jenis pisang tersebut juga enak (tidak eneg) sehingga sangat sesuai jika dipadukan dengan bahan pelengkap yang lain.
  • Selalu menggunakan pisang matang : Anda usahakan untuk selalu memakai pisang yang sudah benar-benar matang sebagai bahan utama cara membuat pisang nugget. Anda juga bisa menggunakan pisang yang bagian kulitnya sudah muncul berbintik-bintik hitam dengan syarat bagian dalamnya masih layak untuk makan. Pisang yang sudah benar-benar matang memiliki aroma khas dan rasa manis yang alami, sehingga kreasi anda untuk cara membuat pisang nugget akan terkesan lebih spesial apabila dibuat dari pisang yang telah matang.
  • Takaran tepung terigu tidak boleh berlebihan : Komposisi bahan untuk cara membuat pisang nugget memang memerlukan tepung terigu supaya adonannya lebih solid serta gampang dibentuk. Tetapi, itu bukan suatu alasan untuk anda menambahkan tepung terigu yang terlalu banyak didalam adonan nugget pisang, sebab tepung terigu yang sangat banyak akan mengurangi rasa serta aroma pisang itu sendiri. Takaran tepung terigu hendaknya tidak berlebihan supaya rasa nugget pisang senantiasa tetap menjadi khas.
Cara Membuat Pisang Nugget
Pisang Nugget
  • Penggunaan telur dalam adonan : Penggunaan telur ayam dalam adonan pisang nugget mempunyai berfungsi sebagai mengikat bahan-bahan yang lain, sehingga adonan pisang nugget yang kita buat menjadi lebih solid dan rasanya pun akan semakin gurih. Jadi anda jangan sampai lupa untuk menambahkan sebutir telur ayam saja untuk menciptakan nugget pisang yang istimewa.
  • Menambahkan susu bubuk dalam adonan : Untuk menyempurnakan rasa gurih yang ada pada nugget pisang, sebaiknya anda memberikan tambahkan sedikit saja susu bubuk didalam adonan pisang nugget. Untuk berikutnya, semua adonan pisang nugget harus diaduk-aduk dengan benar agar semua bahan tercampur merata. Susu bubuk akan menambah sensasi lebih creamy dan legit untuk nugget pisang yang anda buat.
  • Mengukus adonan pisang nugget : Apabila adonan pisang nugget sudah seluruhnya tercampur secara merata, maka adonan pisang nugget sudah siap di kukus. Didihkan air didalam panci kukus sebelum anda memasukkan wadah yang berisi adonan pisang nugget. Anda diharuskan mengukus nugget pisang ini dengan api kecil saja dan dalam waktu yang lama. Proses mengkukus ini akan membuat adonan pisang nugget yang anda buat matang dengan sempurna dan bentuknya berubah menjadi padat, sehingga nantinya anda tidak akan kesulitan ketika akan melumuri adonan pisang nugget dengan tepung panir lalu menggorengnya.
  • Melumuri adonan pisang dengan tepung panir : Pada saat adonan pisang nugget sudah dikukus hingga matang, anda harus secepatnya mengeluarkan nugget pisang tersebut dari panci kukusan. Diamkan sejenak nugget pisang supaya adonan pisang nugget tersebut benar-benar dingin. Untuk selanjutnya, anda bisa langsung memotong adonan pisang nugget yang sudah dingin tersebut. Nugget pisang yang telah anda dipotong-potong tadi harus dilumuri terlebih dahulu dengan telur yang sudah dikocok lepas, tepung terigu, dan tepung panir sebanyak dua kali. Supaya seluruh permukaan nugget pisang bisa terlapisi dengan adonan tepung panir tersebut. Maka nugget pisang yang anda buat akan terasa lebih renyah setelah digoreng.
  • Menyimpan nugget siap goreng : Nugget pisang yang sudah anda lapisi dengan adonan panir bisa anda simpan di dalam freezer selama beberapa minggu. Letakkan nugget pisang tersebut didalam wadah yang tertutup rapat sebelum dimasukkan di dalam freezer. Nanti, jika anda ingin menggorengnya, anda tinggal mengeluarkan dari freezer sebentar supaya nugget pisang tersebut tidak begitu dingin dan siap untuk digoreng. Dengan cara ini memang lebih praktis karena anda tidak harus menghabiskan langsung adonan pisang nugget yang sudah anda buat.
  • Teknik menggoreng : Anda harus menggoreng pisang ini dengan metode deep fried supaya seluruh lapisan panir yang menempel di pisang bisa matang sempurna. Gunakanlah minyak goreng baru dengan jumlah yang banyak agar aroma nugget pisang bisa semakin semerbak serta semakin menggugah selera. Apabila minyak goreng yang anda gunakan sudah mulai panas, langsung masukkan nugget pisang ke dalam minyak panas lalu kecilkan api kompornya. Goreng nugget pisang hingga kedua sisi pisang matang sempurna dan berwarna kuning keemasan. Nugget pisang yang telah matang serta uap panasnya sudah menghilang bisa langsung anda beri tambahan bermacam-macam topping lezat.
Cara Membuat Pisang Nugget
Pisang Nugget

Resep Pisang Nugget Istimewa

Bahan utama

  • 500 gram pisang matang (bisa berupa pisang tanduk, pisang raja, atau pisang kepok)
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • Garam secukupnya

Bahan pelapis

  • 2 butir telur yang sudah dikocok lepas
  • Tepung terigu secukupnya
  • Tepung roti secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan topping

  • Margarin atau mentega
  • Meses cokelat
  • Keju parut
  • Selai strawberry
  • Selai cokelat
  • Irisan kacang almond panggang

Cara membuat

  1. Cara membuat pisang nugget adalah dengan mencampur semua bahan dalam satu wadah. Aduk seluruh bahan tersebut sampai tercampur rata.
  2. Tuang adonan pisang nugget pada loyang persegi. Kemudian kukus di dalam panci kukusan yang airnya sudah mendidih. Pengukusan ini harus dilakukan minimal selama 30 menit supaya adonan pisang nugget bisa matang dengan sempurna.
  3. Setelah nugget pisang matang dengan sempurna, langsung keluarkan dari panci kukusan. Diamkan sejenak sampai uap panasnya hilang.
  4. Kemudian keluarkan nugget pisang dari loyang, potong-potong adonan pisang nugget dengan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan selera anda.
  5. Lumuri seluruh potongan pisang dengan telur yang sudah dikocok. Kemudian baluri dengan menggunakan tepung terigu. Lalu, lumuri lagi pisang tersebut dengan telur sebelum diguling-gulingkan pada tepung panir. Lakukan proses seperti ini sebanyak dua kali supaya lapisan tepung dipermukaan pisang benar-benar sempurna.
  6. Gorenglah nugget pisang dalam minyak panas. Anda gunakan api kecil saja supaya nugget pisang matang dengan sempurna.
  7. Apabila kedua sisi dari nugget pisang tersebut sudah berwarna kuning keemasan, segera angkat lalu tiriskan.
  8. Nugget pisang harus anda diamkan sebentar supaya uap panasnya menghilang dan siap anda tambahi dengan aneka macam topping.
  9. Selanjutnya, anda hanya tinggal berkreasi dengan aneka macam topping sesuai selera anda. Oles-oles dua sisi permukaan nugget pisang dengan margarin atau mentega lalu taburkan meseis cokelat di atasnya. Anda juga bisa menambahi nugget pisang dengan topping kacang almond, selai strawberry atau selai cokelat, serta keju parut.
  10. Kreasi nugget pisang anda dengan aneka topping siap disajikan untuk keluarga.
Cara Membuat Pisang Nugget
Pisang Nugget

Dengan demikian, sekarang anda mengerti bila cara membuat pisang nugget ternyata praktis dan bahan-bahannya mudah didapat. Anda bisa membuat nugget pisang dalam jumlah yang banyak dan menyimpannya di freezer sebagai persediaan untuk camilan dikemudian hari. Kreasikan nugget pisang ciptaan anda dengan aneka macam topping favorit keluarga anda. Nugget pisang yang anda buat akan menjadi teman minum teh atau minum dalgona coffee saat santai bersama keluarga di rumah. Tidak hanya itu, anda juga turut menyajikan camilan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda dan keluarga setiap hari.

Content Protection by DMCA.com