yobit.net вход yobit.net yobit yobit.net yobit bittrex yobit.net yobit net yobit exchange
Cenil Jajanan Pasar Kenyal | Resep Makanan | Cake Susu Moo
Cenil Jajanan Pasar Yang Kenyal

Cenil Jajanan Pasar Kenyal

Cenil yang merupakan kue jajanan pasar ini adalah aneka jajanan pasar tradisional yang kenyal serta cukup populer di Indonesia, yang berasal dari Jawa Tengah. Dengan warna yang bermacam-macam inilah yang membuat kue jajanan pasar ini jadi favorit hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Rasanya pun sangat nikmat dengan teksturnya yang kenyal. Kekenyalan ini didapatkan dari bahan dasar pembuatan kue ini yaitu tepung sagu atau tepung kanji. Kue ini masuk dalam golongan kue basah yang tekstur dan rasanya kenyal dan enak. Masyarakat umum sangat menggemari atau menikmati sajian ini, khususnya di kalangan anak-anak. Karena memang anak-anaklah yang lebih suka dengan sajian yang unik dan enak.

Selain menggunakan tepung tapioka / sagu juga bisa dijadikan adonan untuk membuat kue jajanan pasar yang kenyal ini akan diberi campuran gula pasir untuk memberi rasa manis, vanili untuk memberi aroma khas untuk kue kenyal ini, lalu dibalur dengan kelapa parut yang memberi rasa gurih. Biasanya cenil kenyal ini memiliki warna pelangi, yakni merah, kuning, dan hijau.

Cenil Jajanan Pasar Yang Kenyal

Bahan cenil aneka jajanan pasar yang kenyal

  • 225 gram tepung tapioka (50 gram untuk biang, 175 gram untuk bahan utama)
  • Pewarna makanan secukupnya
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 ml air

Bahan taburan cenil aneka jajanan pasar yang kenyal

  • 100 gram kelapa parut
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sendok makan gula pasir

Cara membuat cenil aneka jajanan pasar

  1. Campur semua bahan dan aduk hingga rata. Rebus adonan tersebut sambil terus diaduk-aduk sampai mendidih dan mengental seperti lem. Matikan api dan biarkan agak dingin.
  2. Tepung tapioka dimasukkan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan bisa diambil sejumput.
  3. Bagi adonan jadi 4 bagian. Beri masing-masing pewarna makanan yang berbeda. Uleni kembali hingga adonan jadi berwarna yang rata.
  4. Ambil sejumput adonan kira-kira sebesar jari kelingking dengan kedua ujung mengerucut, atau bentuk lain sesuai selera.
  5. Dalam panci, didihkan air. Rebus cenil yang sudah berbentuk bola hingga mengapung dan matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Bahan taburan : Campur kelapa dan garam hingga rata. Kukus bersama daun pandan selama 10 menit.
  7. Finishing : Gulirkan cenil ke dalam kelapa parut, lalu taburi dengan gula pasir.
  8. Siap disajikan.

Tips pembuatan cenil, kue jajanan pasar

  1. Saat akan membentuk adonan cenil menjadi bulat, taburi tangan dengan tepung tapioka terlebih dulu supaya adonan tidak lengket di tangan.
  2. Siapkan banyak panci untuk adonan dan merebus.
  3. Pakailah panci stainless steel atau panci berbahan alumunium.
Cenil Jajanan Pasar Yang Kenyal

Demikian resep membuat cenil, kue jajanan pasar yang kenyal yang merupakan aneka jajanan tradisional sederhana favorit. Semoga pembaca Cake Susu Moo bisa mencoba dirumah sebagai teman ngobrol di sore hari dengan keluarga ditemani teh manis. Untuk resep yang lain bisa mencoba Klik Disini : Cemplon Gurih di Luar Manis di Dalam, Klik Disini : Ketan Wajik Gula Merah atau Klik Disini : Untuk Melihat Produk Kami

Content Protection by DMCA.com