Es Gabus (Jajanan Jadul Yang Menyegarkan)

Carabikang Salah Satu Kue Jadul Favorit
Carabikang (Salah Satu Kue Jadul Favorit)
26/04/2018
Kue Klepon Isi Gula Merah Kue Jadul
Kue Klepon Isi Gula Merah (Kue Jadul)
03/05/2018

Es Gabus (Jajanan Jadul Yang Menyegarkan)

Es Gabus Jajanan Jadul Yang Menyegarkan

Bagi anda yang termasuk generasi tahun 90-an, pasti kenal betul dengan yang namanya jajanan es gabus ini. Yup, jajanan yang satu ini paling banyak dijajakan para pedagang kaki lima di depan sekolah. Dulu, jajanan ini dijual dengan harga hanya Rp.100 per potongnya. Teksturnya sangat lembut dan halus, ketika digigit juga agak sedikit kenyal. Rasanya manis dan sangat menyegarkan apalagi kalau dikonsumsi saat panas terik.

Saat ini, sudah agak sulit untuk menemukan pedagang yang menjual es gabus. Tapi tak perlu khawatir karena membuat es gabus ini sangat mudah dan bisa dibuat sendiri. Es gabus biasanya dibuat dari tepung hunkwe, susu, dan pasta makanan. Tidak hanya buat jajanan, es gabus juga biasa disajikan untuk acara-acara nikahan, arisan, atau pertemuan keluarga.

Es gabus merupakan jajanan es yang tergolong jadul dan cukup unik, karena es yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan pastinya dingin, jadi saat dilidah es gabus ini sangat enak sekali dan terkesan sangat halus. Jadi untuk anda yang ingin membuat es tradisional ini langsung saja simak bagaimana mengolah bahan-bahan tersebut menjadi sajian yang istimewa, saking istimewanya es ini sering sekali disajikan saat ada acara nikahan, arisan, dan kumpul keluarga lainnya. Memang sajian yang cukup sederhana akan terasa enak bila disajikan dengan penyajian yang unik, seperti halnya es ini, bahan pembuatannya tanpa menggunakan bahan pemanis buatan atau bahan pengawet serta hanya menggunakan tepung hunkwe yang kemudian dibekukan dan disajikan dengan keadaan yang masih dingin.

Es Gabus

Untuk membuat es ini, anda bisa membuatnya dengan hanya satu warna saja atau bisa juga dengan inovasi warna pelangi, jadi tergantung selera anda ingin membuat olahan es ini seperti apa. Apalagi buat anda yang memang mempunyai si kecil yang suka cemilan atau jajanan lebih baik buat cemilan yang satu ini saja, karena selain rasanya yang enak, membuatnya cukup praktis dan sederhana sekali. Lebih jelasnya silahkan langsung saja lihat dibawah ini.

Resep Membuat Es Gabus

Bahan-bahan membuat es gabus :

  • 150 gram tepung hunkwee
  • 7 gelas santan dari 1 butir kelapa
  • Gula (silakan atur sendiri sesuai manis yang diinginkan)
  • 1 sdt garam (tidak mujung)
  • 4 macam pewarna
  • Stik es krim secukupnya

Cara membuat es gabus :

  • Campur semua bahan di dalam panci kecuali pewarna dan stik.
  • Masak diatas kompor hingga meletup-meletup.
  • Matikan kompor, lalu bagi menjadi 4 bagian.
  • Tetesi perwarna secukupnya aduk sampai warna benar-benar tercampur.
  • Masukan ke dalam cetakan es krim mengunakan sendok masing-masing 1 sendok kedalam cetakan lakukan sampai habis.
  • Diteruskan dengan warna lain sampai habis, tancap stik es-nya.
  • Dinginkan setelah dingin masukan kedalam freezer kurang lebih 1 jam keluarkan dari freezer.
  • Lalu keluarkan dari cetakan langsung di kemas masukan freezer lagi hinggah beku dan es gabus pelanginya sudah siap dinikmati.

Sajikan olahan jadul ini saat musim kemarau yang memiliki udara panas, agar lebih segar dan menyegarkan. Anda juga bisa menyajikannya dalam piring saji saat ada tamu yang berkunjung kerumah anda.

1 Comment

  1. […] atau datang ke pusat jajanan pasar di pagi dan sore hari pasti carabikang akan menjadi salah satu kue jadul yang tersedia disana. Kali ini, kita akan mengangkat resep carabikang yang sampai saat ini masih […]

%d blogger menyukai ini: