Membuat Es Kepal Milo Jajanan Viral Jaman Now
Es Kepal Milo

Membuat Es Kepal Milo, Jajanan Viral Jaman Now

Sejarah Es Kepal Milo

Es Kepal Milo sedang menjadi viral di dunia kuliner Indonesia. Awal kemunculannya, es milo kekinian ini, di Indonesia hanya bisa kita temukan di Yogyakarta dengan nama “Ais Kepal Milo”. Meskipun kota Yogyakarta sebagai pioner es kepal tersebut, ternyata kota gudeg tersebut bukanlah sebagai awal munculnya ide. Sejauh ini, apakah anda tahu dari mana ide es kepal milo berawal ?

Es kepal milo sebenarnya muncul pertama kali di Malaysia. Di negara Malaysia ini, es milo tersebut populer dan terkenal lewat video gerai es kepal milo bernama “Tok Abah” di Kuala Kangsar, Malaysia.

Membuat Es Kepal Milo Jajanan Viral Jaman Now
Es Kepal Milo

Pada akhir tahun 2017, Saed Lamin dan Shariah Hashim yang merupakan pasangan pengusaha minuman ringan di Malaysia menciptakan minuman berbahan dasar bubuk milo. Untuk anda ketahui bahwa di Malaysia minuman bubuk milo memang amat sangat digemari. Mereka menyajikan es milo kental yang disajikan dengan es serut.

Dan ternyata baru sebulan dijajakan, es milo dari Kedai “Tok Abah” menjadi ramai dikunjungi pembeli. Kedai minuman milik Saed Lamin menjadi semakin viral setelah salah seorang pengunjung menggunggah videonya saat penyajian es milo di youtube. Tidak hanya warga lokal saja, media pun mulai ramai-ramai menyoroti es kepal milo kreasi kedai minuman “Tok Abah”.

Membuat Es Kepal Milo Jajanan Viral Jaman Now
Es Kepal Milo

Video es milo tersebut sangat menarik perhatian dua pasangan pengusaha, Danang Arryo Dempo Wiguno dan Rara asal Yogyakarta. Setelah mereka berdua melihat video yang menjadi viral tersebut, mereka berdua akhirnya memutuskan untuk mengadopsi ide bisnis es kepal milo ini.

Awal mulanya, Danang dan Rara ini membuka lapak es milo hanya dengan jadi satu / nebeng dengan warung mi ayam yang dimiliki mertuanya di halaman rumah. Saat itu belum ada yang menjual es kapal milo di kota Yogyakarta. Pembelinya pun belum terlalu banyak dan pelanggannya hanya anak-anak kecil di sekitar kompleks perumahan. Tiap hari pun dia hanya mampu menjual lebih kurang 10 gelas.

Namun ternyata keberuntungan menghampiri mereka, berkat artikel dan foto salah seorang food blogger asal Yogyakarta yang memposting artikel dan foto es milo di instagram, warganet dan media pun ramai memviralkan es kepal milo ini.

Berawal dari negara Malaysia dibagikan melalui youtube, lalu diadopsi di kota Yogyakarta dan disebarkan melalui media sosial. Kini, es milo pun sudah banyak dijual di berbagai kota besar di Indonesia. Apakah anda sudah mencoba es kepal yang terbuat dari bubuk milo ini ?

Fakta Tentang Es Kepal Milo

Es kepal milo ini menjadi sangat cepat terkenal hingga viral karena rasanya yang segar dan enak. Perpaduan es serut dengan adonan kental bubuk milo serta ditambah dengan topping beraneka rupa membuat es ini menjadi santapan pelega dahaga yang lezat. Sangat cocok sekali dengan kondisi iklim tropis di Indonesia. Disamping itu, cara membuat es milo ini termasuk yang mudah dibuat serta praktis sehingga sangat mudah di adopsi resepnya.

Membuat Es Kepal Milo Jajanan Viral Jaman Now
Es Kepal Milo

Cake susu moo pun akhirnya penasaran dan akhirnya mencoba membuat es milo ini sebagai eksperimen di dapur kami. Cake Susu Moo mulai mencoba membuat es milo ini sendiri dengan bermodalkan bubuk milo dan beberapa bahan lainnya, dan ternyata rasanya tidak kalah dengan yang banyak dijual, walaupun sebenarnya menurut Cake Susu Moo lebih enak karena tidak fokus di biaya produksi tetapi lebih fokus ke kualitas dan cita rasa dalam membuat es milo ini. Bahkan kami bisa dengan bebas menambah toping sesuai selera kami. Dan yang paling penting, tentu saja dengan harga yang sama kita akan dapat sesuatu yang melebihi perkiraan kita.

Resep dan cara membuat es kepal milo yang saat ini sedang digemari sebenarnya mudah dan praktis. Gerai-gerai es milo di berbagai daerah kota besar di Indonesia selalu penuh dengan antrian pembeli. Mereka rela mengantri cukup lama bahkan bisa sampai berjam-jam demi untuk mendapatkan segarnya semangkuk kecil es milo yang saat ini sedang viral. Apakah anda termasuk salah satu yang penasaran dengan cara membuat es kepal milo, cita rasa serta kelezatan es milo ini ?

Es kepal milo ini sebenarnya sangat bisa dibuat di rumah anda, hanya dengan bubuk milo dan beberapa bahan yang lain. Di sebagian channel berbagi video seperti Youtube, telah banyak yang mengunggah resep serta metode membuat es milo ini. Nah kali ini Cake Susu Moo akan coba membuat es milo tersebut dan pastinya dengan sedikit memodifikasi resep es milo yang sudah ada.

Anda siapkan dulu bahan-bahan es kepal milo yang akan anda buat untuk 2 sampai dengan 3 porsi. Berikut bahan serta resep dan cara membuat es kepal milo yang telah kami modifikasi.

Membuat Es Kepal Milo Jajanan Viral Jaman Now
Es Kepal Milo

Resep dan Cara Membuat Es Kepal Milo

Bahan

  • 80-85 gram bubuk milo original
  • 200 gram susu kental manis
  • 10 gram cokelat bubuk
  • Susu cair secukupnya

Cara membuat es kepal milo

  • Saus Es Milo
  • Campurkan cokelat bubuk dan bubuk milo, kemudian aduk keduanya hingga merata. Setelah itu masukkan susu kental manis (SKM) lalu aduk sampai semua tercampur. Aduk menggunakan mixer adonan tersebut sampai semuanya tercampur secara merata. Apabila adonannya terlalu kental karena terlalu banyak campuran bubuk cokelat dan bubuk milo, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sampai tidak terlalu kental.
  • Siapkan Topping
  • Topping untuk es kepal milo ini bisa anda sesuaikan dengan selera. Misalnya memakai meseis, bubuk milo, sprinkel, bahkan biskuit oreo juga bisa. Caranya cukup dihancurkan atau potong-potong biskuitnya sesuai selera atau bahkan utuh pun bisa.
  • Serut Es Batu
  • Serut es batu hingga hancur dan lembut. Untuk anda yang tidak memiliki serut es, anda bisa memakai blender yang kuat untuk menghancurkan es batu. Pastikan dulu blender yang anda pakai mampu untuk memblender es batu. Blender es batu sampai cukup lembut atau hancur saja sebagaimana es serut. Pindahkan es serut tersebut ke mangkuk lalu mulai dikepal-kepal menggunakan sendok makan hingga bentuknya agak bulat.
  • Masukkan Semua Bahan
  • Tuangkan saus es milo pekat yang tadi telah anda buat ke bagian atas es batu yang telah dihancurkan. Kamudian beri taburan topping sesuai selera anda. Bisa anda mulai dengan bubuk milo lalu meseis dan terakhir biskuit. Es kepal milo kreasi anda sekarang siap disajikan. Es yang sangat segar di mulut ini cocok untuk pelepas dahaga serta untuk hidangan berbuka puasa nanti.

Tips Tambahan

  • Masukkan tiga sendok makan saus es milo cair ke dalam mangkuk sampai es kepalnya tidak terlihat atau tidak tampak. Belum selesai sampai disini saja, bubuk milo cokelat kemudian turut serta ditaburkan juga ke atas saus es milo cair hingga semakin menyelimuti bagian permukaan es kepal. Setelah itu masukkan topping yang anda suka, karena akan memperkaya rasa. Ada kacang sangrai dan juga serbuk oreo yang jadi pilihannya serta masih banyak lagi yang lain yang bisa anda gunakan sebagai topping. Anda bisa memilih dua-duanya atau kombinasi dari berbagai macam aneka topping.
  • Jangan mengaduknya dahulu supaya bisa menimbulkan rasa ingin tahu seperti apa rasa es milo yang menjadi primadona saat ini. Pada sendokan pertamanya, es kepal milo ini masih sangat kental dan cenderung menempel pada sendok makan karena masih belum tercampur dengan es batu serut. Ketika sudah masuk ke mulut, saus es milo seperti meleleh di antara lidah dan gigi anda. Sedangkan seluruh dinding mulut anda seperti dipenuhi oleh rasa manis cokelat yang enak sekali.
Content Protection by DMCA.com