Ketan Wajik Gula Merah Resep Jajanan Pasar

Ketan Wajik Gula Merah

Ketan wajik gula merah adalah salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia. Ketan wajik memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap tempat. Di daerah Jawa Tengah sendiri lebih terkenal dengan nama wajik. Wajik di Sumatra disebut pulut manis. Wajik yang berasal dari beras ketan juga disebut dengan istilah ketan wajik bila menggunakan gula merah menjadi ketan wajik gula merah. Walaupun mempunyai sebutan yang berbeda-beda, Indonesia juga memiliki berbagai macam jenis wajik. Wajik yang paling terkenal adalah wajik ketan yaitu wajik yang dibuat dari beras ketan. Meskipun aneka jajanan pasar yang enak dan popular ini dikenal luas di Indonesia, jajanan ini juga terkenal di negara tetangga, sehingga jajanan ini kadang juga diakui sebagai kue khas negara tetangga Indonesia.

Ketan wajik terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula jawa / gula merah lazim digunakan pada wajik jenis ini. Gula jawa akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua. Setelah wajik matang dan diangkat dari tempat pengolahan, wajik kemudian akan diiris sesuai dengan keinginan pembuat. Bentuk yang biasa dibuat adalah bentuk jajar genjang atau belah ketupat. Bentuk belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa biasa disebut bentuk wajik, oleh karena itu jajanan ini bernama wajik. Ketan wajik biasanya juga berbau harum karena dalam pengolahannya menggunakan daun pandan.

Jenis ketan wajik selain berwarna coklat ada pula yang memiliki warna lain seperti warna merah muda dan warna hijau. Warna hijau pada jajanan wajik ini berasal dari pewarna alami yaitu dari sari daun suji, sedangkan warna merah muda bisa didapat dari pewarna makanan. Untuk wajik yang berwarna merah muda dan hijau tidak menggunakan gula merah melainkan menggunakan gula pasir.

Ketan Wajik Gula Merah

Bahan ketan wajik gula merah

  • 500 gram beras ketan, cuci lalu rendam selama kurang lebih 2 jam
  • 250 gram gula jawa
  • 50 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan
  • 250 ml santan kental
  • 1 sendok teh garam
  • 100 ml air

Langkah pembuatan ketan wajik gula merah

  1. Siapkan panci kukusan/dandang. Kukus beras ketan selama 15 menit. Matikan api.
  2. Dalam wajan/panci, rebus santan bersama gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, dan air. Aduk semua campuran adonan secara rata dan biarkan sampai mendidih.
  3. Masukkan ketan kukus ke dalam rebusan santan. Aduk terus dengan rata dan masak sampai santan habis dan tekstur ketan terlihat mengkilap atau berminyak.
  4. Pindahkan ketan wajik ke dalam loyang atau wadah. Rapikan serta padatkan dan biarkan wajik dingin hingga suhu ruang. Potong-potong wajik.
  5. Siap dihidangkan.

Tips pembuatan

  1. Pilih beras ketan yang memiliki kualitas paling baik untuk hasil yang maksimal.
  2. Pilih gula merah yang berwarna coklat pekat.
  3. Kukus ketan meggunakan kukusan yang terbuat dari material stainless steel atau dari bahan aluminium.
  4. Takaran gula bisa ditambahkan sesuai selera tingkat kemanisan saat merebus santan.
Ketan Wajik Gula Merah

Demikian resep membuat ketan wajik gula merah yang merupakan jajanan pasar sederhana favorit. Semoga pembaca Cake Susu Moo bisa mencoba dirumah sebagai teman ngobrol di sore hari dengan keluarga ditemani teh manis. Untuk resep yang lain bisa mencoba Klik Disini : Sawut Singkong Gula Jawa, Klik Disini : Kue Lapis Klasik Enak Dan Legit atau Klik Disini : Untuk melihat produk kami

Content Protection by DMCA.com