Kue Klepon Isi Gula Merah (Kue Jadul)

Es Gabus Jajanan Jadul Yang Menyegarkan
Es Gabus (Jajanan Jadul Yang Menyegarkan)
30/04/2018
Kue Lupis Ketan Hitam Putih
Kue Lupis Ketan Hitam Putih (Kue Jadul)
07/05/2018

Kue Klepon Isi Gula Merah (Kue Jadul)

Kue Klepon Isi Gula Merah Kue Jadul

Kue klepon merupakan jenis kue jadul atau jajanan pasar yang dibuat dari tepung beras ketan yang berbentuk seperti bola-bola kecil yang berisi gula merah atau gula jawa sisir serta diberi taburan kelapa parut. Kue basah ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal di mulut.

Di Sumatera dan Malaysia kue klepon yang memiliki bahan dasar tepung dan ubi ini sering disebut “onde-onde”. Hal inilah yang membuat banyak orang salah dalam mengartikan kue onde-onde dan kue klepon. Jika dilihat dari bentuknya, kedua kue tersebut memang memiliki bentuk yang mirip yaitu sama-sama berbentuk bulat kecil. Hanya saja kue klepon mempunyai ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kue onde-onde.

Pada umumnya kue klepon memiliki warna hijau yang berasal dari pewarna alami daun pandan atau daun suji. Agar lebih praktis biasanya para pedagang menggunakan pewarna makanan dengan kualitas bagus dan halal. Kini kue klepon tidak selalu berwarna hijau sebagai warna klasiknya. Karena saat ini banyak muncul resep kue klepon dengan bermacam-macam warna yang lebih menggoda. Seperti klepon ketan putih, klepon pelangi wijen, klepon coklat tabur keju, klepon ubi jalar, klepon strawberry, klepon bihun nenas, klepon labu kuning dan klepon tepung beras hitam.

Kue ini sering kita temui di jual di pasar tradisional dan disandingkan dengan jajanan pasar sederhana atau kue jadul lainnya seperti cenil, serabi, gethuk, pecel, kue bolu caramel, bubur sum-sum, donat, kue awug-awug, kue khu, semar mendem, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, kue pukis, golang-galing, martabak kacang, onde-onde, kue mata roda dan masih banyak lagi. Kue ini umumnya dijajakan dalam pincukan daun pisang dengan harga murah. Mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000 yang berisi beberapa buah kue klepon dari ukuran kecil hingga klepon besar jumbo.

Kue Klepon Isi Gula Merah Kue Jadul

Walaupun terbilang murah, namun tak ada salahnya bila sesekali membuat resep kue ini sendiri di rumah. Keluarga pasti suka karena rasanya yang enak dengan isian saus gula jawa yang legit. Pada saat berkumpul dengan keluarga, kue ini bisa disajikan sebagai camilan atau bisa digunakan sebagai kudapan di acara-acara special anda. Mulai dari hidangan arisan, ulang tahun, isian snack box, kumpul keluarga serta hajatan.

Nah berikut bahan-bahan dan cara membuat kue klepon sendiri agar lebih sehat dikonsumsi anak-anak.

Bahan Adonan Kue Klepon :

  • Tepung beras ketan 250 gram
  • Tepung beras 50 gram
  • Daun pandan atau suji di blender dan beri air secukupnya sebagai pewarna alami atau bisa menggunakan pasta pandan secukupnya
  • Air 150 ml
  • Garam halus 1 sdt
  • Kelapa 1/2 butir, parut lalu kukus dengan dibumbui gula pasir dan garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya, sisir halus
  • Air 1 liter
  • Gula pasir secukupnya

Kue Klepon Isi Gula Merah Kue Jadul

Langkah Cara Membuat Kue Klepon :

  1. Campur tepung beras ketan dan tepung beras putih, air, garam dan pasta pandan. Aduk rata, uleni hingga kalis.
  2. Berikutnya sisir atau gerus gula merah secukupnya untuk isian kue kelepon.
  3. Ambil adonan sedikit saja, pipihkan dan beri sedikit gula merah di tengahnya. (penggunaan gula merah jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sendikit ya. Soalnya kalau terlalu banyak gula jawa atau gula merahnya nanti hasilnya meletus dan lumer ke luar. Kalau terlalu sendikit saus gulanya akan tidak terasa, jadi jangan terlalu banyak, juga jangan terlalu sedikit).
  4. Rapatkan dan bentuk bulat menyerupai bola. Lalukan terus hingga adonan habis.
  5. Kemudian masak air hinggga mendidih, celupkan bola-bola klepon, biarkan hingga matang dan mengapung.
  6. Angkat dan langsung gulingkan ke dalam kelapa parut kukus yang sudah di bubuhi garam dan gula pasir.
    Klepon siap di sajikan, nyam!

Kue Klepon Isi Gula Merah Kue Jadul

Cukup mudah bukan membuat resep kue klepon sendiri di rumah ? So, sekarang anda tak perlu repot-repot mencari kue klepon di luar dong ya. Karena dengan mengikuti resep kue klepon pandan yang kami berikan anda sudah bisa berkreasi sendiri sesuai selera.

Untuk resep yang lain, seperti Es Gabus, bisa anda lihat di sini.

1 Comment

  1. […] ini sering disebut juga dengan kue lapis / lopis ini merupakan salah satu kue basah tradisional atau kue jadul Indonesia. Memiliki tekstur empuk seperti lontong yang pada umumnya berbentuk […]

%d blogger menyukai ini: