Kue Lupis Ketan Hitam Putih (Kue Jadul)

Kue Klepon Isi Gula Merah Kue Jadul
Kue Klepon Isi Gula Merah (Kue Jadul)
03/05/2018
Lemper Isi Ayam Jajanan Jadul - Cake Susu Moo
Lemper Isi Ayam (Jajanan Jadul)
10/05/2018

Kue Lupis Ketan Hitam Putih (Kue Jadul)

Kue Lupis Ketan Hitam Putih

Kue ini sering disebut juga dengan kue lapis / lopis ini merupakan salah satu kue basah tradisional atau kue jadul Indonesia. Memiliki tekstur empuk seperti lontong yang pada umumnya berbentuk segitiga membuat kue ini terkenal dengan sebutan nama kue lupis segitiga. Beberapa ada yang membuat kue ini dengan bentuk bulat dan persegi, namun ciri khas yang melekat dari kue ini yaitu bentuknya yang segitiga. Bagi anda yang menyukai jajanan pasar tradisional atau kue-kue jadul tentu saja sudah tak asing lagi dengan kue ini bukan ?

Beras ketan merupakan bahan dasar dan paling utama dalam pembuatan kue jadul ini. Untuk kue lupis yang berwarna hijau dan putih, biasanya dalam pembuatannya memakai beras ketan putih. Untuk warna putihnya, adonan beras ketan putih dibiarkan putih alami tanpa pewarna lalu di kukus hingga matang. Sedangkan warna hijaunya berasal dari pasta pandan atau pewarna makanan, kemudian dikukus sehingga kue ini menjadi warna hijau.

Namun kini kue ini tidak lagi berwarna putih dan hijau saja. Karena saat ini banyak orang yang memakai beras ketan hitam dalam pembuatan kue ini sehingga kue lupis yang dihasilkan menjadi warna hitam. Kue lupis yang di buat dengan beras hitam seperti ini terkenal dengan nama Kue Lupis Hitam. Jika di rasa-rasa kue lupis hitam memiliki tekstur lebih lengket dan legit ketimbang kue lupis putih atau hijau.

Tapi semuanya sama-sama enaknya loh, hanya sedikit beda sensasi ketika kue ini mulai digigit. Tapi sama “mak nyuss” dan tentu saja legit dengan tambahan kelapa parut beserta toping saus gula merah kental atau yang sering disebut dengan nama saus / kuah kinca. Untuk saus-nya sendiri atau kuah kinca selain memakai gula merah asli untuk penambah rasanya bisa di tambahkan dengan potongan buah seperti buah duren ataupun buah nangka. Aroma harum kedua buah ini akan langsung menggoda anda untuk segera mencicipi lezatnya kue lupis ketan hitam putih ini.

Kue Lupis Ketan Hitam Putih

Di pasar tradisional, kue ini biasanya di jajakan bersandingan dengan aneka kue basah tradisional atau kue jadul lainnya. Seperti kue bolu caramel, kue cenil, kue gemblong, kue klepon, kue ubi, bubur sumsum, kue carabikang, kue lumpur, kue bolu caramel, kue pukis dan lain sebagainya. Sayangnya kita harus bangun pagi-pagi untuk mendapatkan kue lupis ketan legit ini, karena untuk saat ini sudah agak sulit mendapatkan kue ini.

Kemungkinan hal ini terjadi karena kue tradisional atau kue jadul ini mulai tergeserkan dengan munculnya  kue basah modern yang kini populer dan ngetren dimana-dimana. Menurut pemikiran kami kelegitan kue ini perlu di lestarikan karena rasanya yang enak dan lezat. Nah, bagi anda yang penasaran ingin mencicipi kembali lezatnya kue ini, untuk kali ini cakesusumoo.com akan mencoba membagikan resep kue lupis ketan hitam dan putih special untuk anda. Mari kita simak apa saja bahan yang diperlukan dan bagaimana cara membuat kue lupis ketan hitam putih lengkap dengan saus kinca legit yang mudah dan tidak sulit untuk dipraktekkan dirumah.

Bahan-Bahan Kue Lupis :

  • Beras ketan putih 200 gram
  • Beras ketan hitam 200 gram
  • Air kapur sirih 2 sendok makan
  • Garam 2 sendok teh
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Tali (sebagai pengikat)
  • Air secukupnya untuk rebusan
  • Garam secukupnya

Bahan-bahan Saus Kinca (saus untuk kue lupis) :

  • Gula merah 200 gram (disisir halus)
  • Gula pasir 50 gram
  • Air 400 ml
  • Daun pandan 3 lembar (dipotong-potong)
  • Nangka 3 biji (dipotong dadu ½ centi meter)

Bahan Taburan Kue Lupis (campurkan semua lalu kukus) :

  • Kelapa ½ butir (buang / kerok kulit arinya, lalu parut memanjang)
  • Garam ½ sendok teh

Cara Membuat Kue Lupis Ketan Hitam Putih :

  1. Kue Lupis : Langkah awal rendam masing-masing beras ketan hitam dan putih secara terpisah selama 2 jam, tiriskan. Aduk bersama dengan 1 sendok makan air kapur sirih dan 1 sendok teh garam hingga rata. Setelah itu kukus masing-masing beras dalam dandang hingga setengah matang, angkat.
  2. Selanjutnya silakan ambil daun pisang, buat contong, lalu masukkan beras ketan hitam atau putih kukus ke dalamnya hingga penuh. Tutup dan bungkus bentuk segitiga, ikat dengan tali erat-erat bertujuan agar daun tidak sobek sewaktu direbus. Lakukan langkah yang sama untuk semua jenis bahan hingga terbungkus semua.
  3. Beras ketan putih dan hitam yang sudah dibungkus lalu direbus ke dalam panci berisi air yang sudah digarami secara terpisah hingga bungkusan terendam seluruhnya. Lalu masak kurang lebih selama 4 jam. Bila air untuk merebus habis, dapat anda tambahkan air panas secukupnya. Setelah cukup matang, angkat, tiriskan dan biarkan menjadi dingin.
  4. Saus Kinca : campurkan gula merah, gula pasir, air dan daun pandan ke dalam panci. Lalu masak hingga larut dan mengental, masukkan nangka, aduk sebentar, angkat.
  5. Penyajian : buka daun pembungkus kue lupis ketan, letakkan di atas piring saji lalu taburi dengan kelapa parut dan kucuri dengan saus kinca.

Kue Lupis Ketan Hitam Putih

Penambahan warna yang lain pada kue ini dapat anda lakukan. Anda dapat menambahkan pewarna makanan seperti pandan atau pasta panda ke dalam adonan kue lupis putih sehingga menjadi kue lupis hijau. Selain menggunakan saus kinca, susu kental manis putih dapat menggantikan saus kinca atau susu coklat kental manis sebagai pelegitnya.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep kue lupis ketan hitam putih ini dirumah. Terima kasih sudah membuka cakesusumoo.com, semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda. Jika anda suka dengan artikel resep kue lupis yang kami ulas ini, jangan lupa like dan share ke media sosial anda seperti facebook, twitter dan google+.

1 Comment

  1. […] gram beras ketan, rendam selama 60 menit, […]

%d blogger menyukai ini: