Kue Nogosari Isi Pisang

Kue Nogosari Isi Pisang

Kali ini Cake Susu Moo akan membagikan resep membuat Kue Nogosari Isi Pisang. Nogosari isi pisang adalah jenis kue basah yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Pisang yang biasa digunakan sebagai isi adalah pisang jenis pisang raja. Kue ini biasanya dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Selain bahan yang tersebut di atas, Nogosari juga sering dikukus dengan balutan daun pandan sehingga memunculkan aroma wangi yang. Paduan dari potongan kecil pisang raja yang dibalut dengan tepung menciptakan rasa yang khas di mulut serta tekstur kue yang lembut membuat kue yang satu ini memiliki cita rasa yang khas.

Belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal kue Nogosari. Ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa Nogosari berasal Jepara, di sisi lain ada juga yang mengatakan bahwa kue Nogosari berasal dari Indramayu.

Kue Nogosari atau Kue Nogosari (sebutan dalam bahasa Jawa) merupakan jenis kue basah tradisional yang sangat populer dan selalu diwariskan turun-menurun dari generasi ke generasi dalam masyarakat Jawa.

Nogosari dibungkus dengan menggunakan daun pisang ini termasuk ke dalam kategori kue basah. Kue ini memiliki cita rasa yang begitu manis dan lembut ketika dimakan, apalagi dengan isian pisang yang sudah dipotong kecil-kecil membuat Nogosari yang lembut dan halus semakin lezat untuk dinikmati.

Kue Nogosari Isi Pisang

Selain cara membuatnya yang cukup mudah, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue Nogosari ini sangatlah sederhana dan praktis. Anda tidak akan merasa kesulitan meskipun sebelumnya belum pernah membuatnya sama sekali. disini kami ingin membagi resep cara membuat Nogosari isi pisang, anda bisa langsung saja simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini.

Bahan utama kue nogosari isi pisang :

  • 200 gram tepung beras
  • 200 gram gula pasir
  • 500 ml santan kelapa
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 3 lembar daun pandan
  • Pisang kepok secukupnya
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Cara menyiapkan bahan untuk kue nogosari isi pisang :

  1. Daun pandan dicuci sampai bersih.
  2. Kupas pisang, lalu potong-potong dengan ukuran dan bentuk sesuai selera.

Cara Membuat Kue Nogosari Isi Pisang :

  1. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu tuangkan santan ke dalam wadah tersebut.
  2. Masukkan garam, gula pasir, vanili bubuk dan daun pandan. Lalu aduk sampai merata.
  3. Kemudian, siapkan panci. Masukan semua campuran santan dan bahan yang lainnya ke dalam panci. Rebus campuran tersebut dengan api sedang sampai santan mendidih sambil diaduk-aduk.
  4. Bila santan dan campuran bahan lainnya sudah mendidih, matikan api dan angkat rebusan santan tersebut.
  5. Masukan tepung beras ke dalam wadah. setelah itu campurkan rebusan santan panas ke dalam wadah yang telah diisi tepung beras tersebut.
  6. Aduk-aduk sampai merata sehingga menjadi adonan yang pas.
  7. Ambil satu sendok adonan yang sudah dibuat. Lalu simpan di atas daun pisang.
  8. Beri potongan duan pisang di tengah-tengahnya. Lalu bungkus.
  9. Siapkan alat pengukusan. Kukus adonan yang telah dibungkus tadi sampai benar-benar matang.
  10. Bila sudah matang, dinginkan dahulu sebelum disajikan.
  11. Siapkan piring atau tempat saji, lalu sajikan atau hidangkan kue nogosari ini pada tempat atau piring saji.
Kue Nogosari Isi Pisang

Demikian resep membuat Kue Nogosari Isi Pisang yang merupakan jajanan pasar sederhana favorit. Semoga pembaca Cake Susu Moo bisa mencoba dirumah sebagai teman ngobrol di sore hari dengan keluarga ditemani teh manis. Untuk resep jajanan jadul yang lain bisa mencoba Klik Disini : Lupis Ketan Hitam atau Klik Disini : Klepon Jajanan Pasar Sederhana