Kue Pukis Empuk (Kue Jadul)

Bolu Caramel Kue Jadul
Bolu Caramel ( Kue Jadul )
11/04/2018
Es Kepal Milo Jajanan Viral Jaman Now
Es Kepal Milo (Jajanan Viral Jaman Now)
23/04/2018

Kue Pukis Empuk (Kue Jadul)

Kue Pukis Empuk - Kue Jadul Cake Susu Moo

Kue pukis merupakan satu dari banyak kue tradisional atau kue jadul yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Tekstur empuk dan rasa nikmat memang menggoda lidah. Kue ini dibuat dari adonan telur, tepung terigu, gula pasir, santan dan ragi. Adonan tersebut kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api (bukan oven). Kue pukis dapat dikatakan sebagai modifikasi dari kue wafel. Variasinya bermacam-macam, diberi taburan coklat butir, keju, selai nanas, sukade (manisan buah, biasanya dari pepaya dan dipotong kecil kecil serta berwarna warni) atau kacang.

Kue pukis memiliki bentuk dan warna yang khas. Warna kekuning-kuningan terlihat pada sisi bagian atas, sedangkan warna kecoklatan terlihat pada sisi bawah. Kue pukis sangat mudah ditemukan di toko-toko kue maupun penjual kaki lima di Indonesia. Dan karena mudah ditemukan kue ini jarang disajikan pada pesta-pesta.

Bahan Kue :

  • 250 gr tepung terigu
  • 2 butir telur ayam
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh pasta vanili
  • 20 gr margarin
  • 125 ml santan kelapa
  • 50 ml air hangat

Bahan Taburan:

  • Keju parut secukupnya
  • Susu kental manis
  • Atau sesuai selera anda, bisa meses, selai, chocochips, dan lain sebagainya.

Mempersiapkan Peralatan dan Bahan Kue :

  1. Kita terlebih dahulu mempersiapkan semua peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat hidangan kue pukis kali ini. Dengan menyiapkan peralatan tersebut maka anda akan dapat dengan mudah membuat sajian kue pukis ini. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah cetakan kue pukis, sebuah wadah, kocokan dan sebuah piring saji. Mengingat fungsi alat yang digunakan kali ini cukup penting maka dari itu, sebaiknya langkah demi langkah jangan anda dilewatkan begitu saja.
  2. Bila sudah selesai mempersiapkan peralatan, lakukan dengan melelehkan margarin terlebih dahulu dalam wajan. Caranya, masukkan margarin kedalam wajan yang telah dipanaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
  3. Cairkan margarin secara merata, setelah mencair, silakan angkat dan sisihkan sampai menjadi hangat.
  4. Baru setelah itu, olesi cetakan pukis dengan menggunakan margarin secara merata. Lapisi dengan tipis saja dan letakkan cetakan ini diatas kompor. Jangan dulu nyalakan api dan sisihkan sementara.

Kue Pukis Empuk - Kue Jadul Cake Susu Moo

Cara Membuat Adonan Kue Pukis :

  1. Ambil sebuah mangkuk kecil dan masukkan ragi instan dalam mangkuk tersebut, lalu larutkan dengan air hangat. Diamkan bahan ini selama kurang lebih 10 menit atau sampai berbusa. Sisihkan sementara.
  2. Setelah selesai anda akan siap untuk membuat bahan adonan kue. Silakan masukkan telur, gula pasir, dan garam dalam wadah yang sama lalu kocok. Campur menggunakan kecepatan tinggi dengan mixer secara merata selama kurang lebih 5 menit sampai mengembang dan adonan berubah menjadi lebih pucat.
  3. Masukkan tepung terigu bersama dengan santan sedikit demi sedikit dengan merata. Lalu masukkan bahan ini kedalam kocokan telur dan aduk-aduk secara merata hingga teraduk.
  4. Kemudian larutan ragi dimasukkan kedalam adonan tersebut dan kocok kembali sampai semua adonan tercampur merata. Setelah itu, sisihkan adonan selama kurang lebih 30 menit sampai mengembang.
  5. Masukkan margarin cair kedalamnya bersama dengan pasta vanili. Aduk-aduk bahan ini secara merata hingga tercampur.
  6. Panaskan cetakan pukis dengan menggunakan api yang kecil. Lalu tuangkan adonan kedalamnya dengan merata. Setelah itu, taburi dengan menggunakan keju parut dan susu kental manis.
  7. Tutup dan biarkan sampai matang dan mengembang. Setelah matang, angkat dan keluarkan, sajikan dalam piring saji. Kue pukis buatan sendiri siap dihidangkan dan dinikmati seluruh anggota keluarga.

Untuk resep-resep yang lain, silakan kunjungi website kami di www.cakesusumoo.com atau langsung klik menu blog diatas.

4 Comments

  1. […] dan berbagai hidangan lezat sudah bisa di dapatkan dengan mudah di restoran namun yang namanya makanan tradisional atau kue jadul selalu saja memberikan kerinduan tersendiri untuk terus di santap. Dengan mencoba […]

  2. […] gabus merupakan jajanan es yang tergolong jadul dan cukup unik, karena es yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut […]

  3. […] kue gemblong, kue klepon, kue ubi, bubur sumsum, kue carabikang, kue lumpur, kue bolu caramel, kue pukis dan lain sebagainya. Sayangnya kita harus bangun pagi-pagi untuk mendapatkan kue lupis ketan legit […]

%d blogger menyukai ini: