yobit.net вход yobit.net yobit yobit.net yobit bittrex yobit.net yobit net yobit exchange
Membuat Adonan Cake ? Kenali 6 Caranya | Artikel Cake Susu Moo
Membuat Adonan Cake Kenali Caranya
Sumber Foto : zardyplants.com

Membuat Adonan Cake ? Kenali 6 Caranya

Membuat adonan cake atau kue tidaklah begitu sulit jika kita mengetahui metode pembuatan yang benar, untuk itu kenali caranya supaya anda bisa membikin kue atau roti yang bagus serta berkualitas. Dalam pengetahuan kuliner, untuk membuat adonan cake atau kue yang bagus ternyata banyak metode pembuatan yang dapat ditempuh. Metode-metode pembuatan berikut ini bisa dipergunakan dalam membuat adonan cake atau kue, antara lain :

  1. Metode adonan gula (Sugar batter method)
  2. Metode adonan tepung (Flour batter method)
  3. Metode pengadukan (Blending method)
  4. Metode merebus (Boiled method)
  5. Metode gula-air (Sugar-water method)
  6. Metode proses menyeluruh (All-in process method)
Membuat Adonan Cake Kenali Caranya
Sumber Foto : nourishbooks.com

Dari bermacam-macam metode untuk membuat adonan cake / kue tersebut diatas, metode adonan gula serta metode adonan tepung yang sangat sering digunakan dalam pembuatan berbagai tipe cake / kue. Lalu, apakah yang membedakan dari metode-metode pembuatan tersebut ? Mari kita simak penjabarannya berikut ini supaya kita dapat belajar dan bisa menambah wawasan anda dalam dunia bakery.

Membuat Adonan Cake Kenali Caranya

Apakah yang membedakan dari metode-metode pembuatan adonan cake ? Mari kita simak penjabarannya berikut ini supaya kita dapat belajar dan bisa menambah wawasan anda dalam dunia bakery.

Just a half day 12 hours

  1. Metode adonan gula (Sugar batter method)

    Membuat Adonan Cake Kenali Caranya

    Menurut metode untuk membuat adonan cake / kue ini, seluruh lemak serta gula dalam jumlah yang sama harus dikocok semua sampai menjadi lembut. Lemak yang kita maksudkan disini yang sangat sering digunakan yaitu mentega atau margarine, sebab mentega atau margarine mempunyai sifat yang khas pada pembuatan adonan cake / kue. Apabila semua adonan cake / kue sudah tercampur, baru langkah selanjutnya yaitu memasukkan telur satu persatu sembari terus dikocok sampai menjadi adonan yang lembut, ringan serta halus layaknya kain beludru.

    Sesi berikutnya yakni mengombinasikan tepung ke dalam adonan. Apabila terdapat kombinasi bahan baku yang lain berbentuk bubuk atau serbuk, hendaknya dicampur langsung bersama-sama dengan tepung, supaya betul-betul tercampur secara sempurna dan merata. Sesi ini mempunyai peranan yang amat sangat penting, sebab apabila terjadi sedikit kesalahan akan menyebabkan cake jadi gagal / rusak. Pencampuran tepung wajib dimasukkan sedikit demi sedikit supaya tidak menggumpal sembari diaduk sampai rata. Apabila memakai kombinasi buah kering, hendaknya metode memasukkannya harus secara bergantian.

  2. Metode adonan tepung (Flour batter method)

    Membuat Adonan Cake Kenali Caranya

    Menurut metode untuk membuat adonan kue ini lemak serta sebagian jumlah tepung (yang tidak lebih banyak dari jumlah lemaknya) dikocok secara bersama-sama untuk membuat adonan kue yang ringan serta halus seperti kapas. Lemak mesti bersifat lembut serta tepung wajib dimasukkan kedalam adonan secara bertahap, sedikit demi sedikit supaya tidak menggumpal.

    Untuk telur serta sebagian gula dengan perbandingan yang sama dikocok dalam wadah tersendiri dulu sampai benar-benar mengembang serta berbuih. Sesudah mengembang dan berbuih, baru boleh dituangkan dalam adonan lemak dan selanjutnya aduk sampai benar-benar rata. Sisa gula hendaknya dilarutkan dengan cairan (susu ataupun air), setelah itu masukkan dalam adonan tepung bersama-sama kombinasi bahan baku yang lain seperti bahan pewangi / perisa ataupun bahan pewarna.

    Adonan cake / kue yang dibikin dengan seksama dan teliti akan menciptakan suatu kelembutan yang diidamkan untuk mendapatkan kue dengan kualitas susunan yang baik. Metode pembuatan adonan tepung sesuai sekali untuk pembuatankue yang simpel dan sederhana saja yang tidak banyak mempunyai kandungan lemak serta telur, tetapi sebagai penguat tambahkan baking powder saja.

  3. Metode pengadukan (Blending method)

    Membuat Adonan Cake Kenali Caranya

    Metode untuk membuat adonan cake / kue ini sangat sesuai untuk membuat adonan cake / kue yang lebih elegan yang mempunyai kandungan gula lebih banyak daripada jumlah tepungnya. Umumnya untuk membuat adonan cake / kue semacam ini diwajibkan memakai tipe lemak yang diemulsikan serta tepung yang bagus / spesial.

    Dalam metode pembuatan ini lemak yang diemulsikan bersama tepung, baking powder serta garam di kocok seluruhnya sampai tercapai suatu kelembutan yang ringan dan halus. Gula, susu dan bahan baku tambahan yang lain dicampur bersama-sama, kemudian dimasukkan pada campuran adonan. Telur dimasukkan terakhir kedalam adonan, kemudian adonan diaduk secara menyeluruh dan merata.

  4. Metode rebus (Boiled method)

    Membuat Adonan Cake Kenali Caranya

    Metode pembuatan ini sangat cocok digunakan untuk membuat adonan cake / kue seperti cake Madeira serta Sponge Genoa yang mutunya tinggi. Yang pertama-tama dilakukan yaitu, melelehkan mentega atau margarine dalam wadah dengan teknik ditim (memakai 2 panci yang berisi air mendidih), kemudian angkat serta masukkan tepung seluruhnya, aduk terus sampai adonan kalis dan tercampur rata.

    Telur serta gula dikocok sampai jadi adonan yang lembut, kemudian dituang dalam adonan tepung sembari diaduk dengan sendok kayu sampai benar-benar rata. Apabila adonan sudah tercampur secara merata, kemudian masukkan ke loyang cetak yang sesuai dengan selera.

  5. Metode gula-air (Water-sugar method)

    Membuat Adonan Cake Kenali Caranya

    Menurut metode pembuatan ini seluruh gula (sesuai resep) serta air sebanyak setengah dari jumlah gula dikocok sampai larut. Kemudian tambahkan bahan baku yang lain, kecuali telur dan kocok sampai mengembang. Terakhir masukkan telur ke dalam kombinasi adonan tersebut sembari terus dikocok sampai rata.

    Membuat adonan cake / kue dengan metode pembuatan ini adonan cake dapat mengembang secara sempurna serta emulsinya lebih baik, sehingga kue yang dihasilkan memiliki kualitas susunan yang lebih baik serta lebih awet.

  6. Metode proses menyeluruh (All-in process method)

    Membuat Adonan Cake Kenali Caranya

    Bagi metode pembuatan ini seluruh bahan baku dikocok secara bersama-sama. Untuk memacu hancurnya bahan-bahan baku serta menghasilkan pengembangan yang sempurna, maka pakailah pengadukan yang berbentuk kawat spiral.

    Membuat adonan cake / kue menurut metode pembuatan ini membutuhkan lemak yang diemulsikan serta tepung spesial untukkue yang terbuat dari gandum lunak (soft). Apabila adonan telah tercampur secara merata, maka segera masukkan dalam loyang cetak yang terlebih dahulu sudah diolesi dengan margarine.

    Yang perlu dicermati, proses pengisian / menuang dalam cetakan tidak boleh sedikit demi sedikit, dampaknya bakal terjadi gelembung udara (lubang-lubang) diantara bagian-bagian adonan. Pengisian pada cetakan hendaknya hanya 2/3 dari tinggi cetakan, sebaliknya ruang 1/3 nya disediakan untuk mengembangnya kue.

Membuat Adonan Cake Kenali Caranya
Sumber Foto : zardyplants.com

Demikian artikel tentang “Membuat Adonan Cake ? Kenali Caranya” yang Cake Susu Moo rangkum dari berbagai sumber dan kami sajikan untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda serta bisa menjadi media pembelajaran bagi kita semua. Tunggu kami dengan artikel dan resep yang lain. Tetapi sebelum itu, anda bisa membaca artikel disini dan resep disini, yang sudah kami tayang.

#CakeSusuMoo
#CakeSusu
#MetodeAdonan
#ResepMakanan
#JanananPasar
#MembuatAdonanCake

Content Protection by DMCA.com