Ongol-Ongol Lembut Kenyal

Ongol-Ongol Lembut Kenyal

Ongol-ongol lembut kenyal merupakan salah satu jajanan tradisional dari Sunda (Jawa Barat, Indonesia). Bahan untuk membuatnya antara lain tepung sagu aren kering (bahan utama), gula jawa, daun pandan, air, garam dan kelapa. Pohon sagu ini merupakan tanaman yang tersebar di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia sendiri sagu sebagian besar terdapat di Papua. Selain Papua, di Sumatra khususnya Riau, Jawa Barat, dan Kepulauan Maluku terdapat banyak pohon sagu. Jelaslah bahwa jajanan ongol-ongol yang lembut dan kenyal ini adalah makanan khas daerah Jawa Barat karena didukung oleh bahan baku asli daerah tersebut karena tersedia dengan melimpah.

Makanan yang lembut dan kenyal ini pertama kali datang ke Indonesia dibawa oleh bala tentara Mongolia. Namun hal ini masih belum bisa dinyatakan kebenarannya, sebab sedikit berbeda dengan jajanan orang Mongol lainnya. Penduduk Indonesia zaman dahulu lebih terbiasa menyebut sesuatu yang mudah, mirip dengan bunyinya atau nama pembuatnya. Berasal dari kata “Mongol”, mereka kemudian menyebutnya ongol-ongol.

Rasanya yang manis gurih serta teksturnya yang kenyal dan lembut dapat dirasakan di dalam mulut saat menyantap kue basah dengan nama ongol-ongol ini. ini yang menjadi daya tarik sekaligus ciri khas dari ongol-ongol ini. Banyak sekali varian dari ongol-ongol ini, karena dapat dibuat dari beberapa bahan dasar yang berbeda, seperti singkong, tepung sagu atau hunkwe.

Ongol-Ongol Lembut Kenyal

Bahan dasar ongol-ongol inilah yang membuat teksturnya menjadi sangat lembut dan kenyal. Untuk memberikan warna yang lebih menarik, anda dapat menambahkan pewarna makanan ke dalam adonannya. Supaya mudah dikeluarkan dari loyang, jangan lupa untuk selalu membasahi loyang terlebih dahulu. Sebagai pelengkap, taburi dengan parutan kelapa di atasnya agar lebih lezat. Mari, bersama Cake Susu Moo kita bersama-sama membuat jajanan ini.

Bahan utama ongol-ongol :

  • 250 gram tepung sagu
  • 800 ml santan, rebus hingga matang
  • 200 gram gula aren, sisir
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Bahan taburan ongol-ongol :

  • Kelapa parut secukupnya
  • Garam sejumput

Langkah pembuatan ongol-ongol :

  1. Dalam wadah, campur 500 ml santan dengan tepung. Aduk rata hingga tepung larut dan tercampur secara merata (jangan sampai ada yang menggumpal).
  2. Campur 300 ml santan sisanya dengan gula aren dan daun pandan dalam panci / wajan anti lengket. Masak dengan api kecil hingga gula larut.
  3. Tuang larutan tepung ke dalam rebusan santan. Aduk-aduk terus hingga mengental. Angkat.
  4. Siapkan loyang atau nampan yang telah dilapis plastik. Tuang adonan ongol-ongol ke dalam loyang/nampan. Biarkan hingga dingin. Potong-potong kue.
  5. Untuk bahan taburan, kelapa parut dan garam dicampur lalu kukus hingga matang.
  6. Baluri potongan kue dengan kelapa parut hingga rata.
  7. Ongol-ongol lembut dan kenyal siap disajikan.

Tips pembuatan ongol-ongol :

  1. Tepung sagu bisa diganti dengan tepung tapioka/kanji.
  2. Bila ingin lebih manis, bisa ditambahkan gula pasir sesuai selera.
  3. Siapkan banyak wadah / panci untuk campuran adonan.
  4. Pakai panci stainless steel.
Ongol-Ongol Lembut Kenyal

Demikian resep membuat ongol-ongol yang lembut kenyal yang merupakan jajanan pasar sederhana favorit. Semoga pembaca Cake Susu Moo bisa mencoba dirumah sebagai teman ngobrol di sore hari dengan keluarga ditemani teh manis. Untuk resep yang lain bisa mencoba Klik Disini : Lemper Ayam Bumbu Rendang, Klik Disini : Kue Nogosari Isi Pisang atau Klik Disini : Untuk Kumpulan Resep.