Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana ( Bonus 5 Tips )
Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips Dan Trik
Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips Dan Trik

Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana ( Bonus 5 Tips )

Kali ini Cake Susu Moo akan membahas tentang resep dan cara membuat pempek sederhana dengan bonus 5 tips dalam pembuatannya. Langsung saja kita akan mulai dengan pengenalan tentang cara membuat pempek sederhana atau resep empek empek Palembang yang sudah tersohor ke seluruh penjuru dunia.

Aneka jajanan bernama pempek atau empek empek berasal dari kota Palembang ini, memang sudah terkenal di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Pempek atau empek empek Palembang merupakan ikon kuliner khas dari Sumatera Selatan yang dibuat dari adonan dengan bahan dasar tepung sagu dan ikan.

Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips Dan Trik
Resep Empek Empek Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips

Aneka jajanan ini umumnya dihidangkan disertai dengan kuah yang lezat berwarna coklat tua yang kental dengan memadukan antara rasa manis, pedas dan sedikit asam yang tidak begitu menyengat di lidah dan mulut.

Pada awalnya resep pempek Palembang atau resep empek empek dibuat menggunakan ikan belida. Namun dengan semakin sulit, mahal dan langkanya ikan belida, akhirnya dicari alternatif pengganti ikan belida tersebut dengan ikan gabus yang mempunyai harga lebih murah, stok dipasaran banyak, tetapi memiliki rasa yang tetap gurih. Namun dengan perkembangan selanjutnya, karena hasil tangkapan ikan jenis lain juga melimpah maka resep pempek menggunakan juga ikan sungai jenis yang lainnya, contohnya ikan toman, putak dan bujuk. Dan pemakaian jenis ikan laut seperti kakap merah, tenggiri, ekor kuning, ikan sebelah dan parang-parang semakin mewarnai modifikasi dari resep pempek Palembang atau resep empek empek ini karena jumlahnya yang melimpah di pasaran.

Sementara bahan untuk resep kuah pempek, terbuat dari gula jawa atau gula merah yang dicampur dengan larutan cuka atau cuko. Kemudian ditambahkan juga asam jawa dengan takaran tertentu supaya resep kuah empek empek Palembang ini terasa lebih seimbang atau tidak ada yang terlalu dominan rasanya antara rasa asam dengan rasa manis dan pedas.

Sejarah Pempek (Empek Empek)

Berdasar sejarah yang Cake Susu Moo dapatkan, pempek Palembang ini sudah ada di kota Palembang semenjak masuknya perantau Tionghoa ke kota Palembang, yakni pada sekitar abad ke-16. Saat itu Sultan Mahmud Badaruddin II menjadi raja di kerajaan Palembang Darussalam. Nama empek empek atau pempek sendiri diyakini berasal dari sebuah sebutan “apek” yaitu sebuah sebutan untuk seorang lelaki tua keturunan Tionghoa, sedangkan “koh” merupakan sebutan untuk lelaki muda keturunan Tionghoa.

Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips Dan Trik
Resep Empek Empek Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips

Berdasarkan dari cerita rakyat yang Cake Susu Moo dapatkan, kira-kira pada tahun 1617-an seorang apek yang berumur 65 tahun bermukim di wilayah Perakitan (wilayah tepian Sungai Musi). Dia prihatin melihat banyaknya tangkapan ikan yang sangat berlimpah di Sungai Musi namun belum semuanya dimanfaatkan dengan baik, hasil tangkapan ikan tersebut diolah hanya sebatas digoreng atau dipindang saja.

Lalu ia kemudian mencoba mengolah hasil tangkapan ikan yang berlimpah tersebut dengan alternatif pengolahan yang lain sampai menemukan cara membuat pempek sederhana atau resep empek empek sederhana. Ia selanjutnya mencampur daging ikan yang sudah digiling dengan tepung tapioka sehingga menghasilkan jenis makanan baru, disinilah awal resep pempek mulai ditemukan. Makanan baru tersebut selanjutnya dijual oleh para apek menggunakan sepeda keliling kota. Oleh karena yang menjual dipanggil dengan sebutan “pek… apek”, maka akhirnya makanan baru tersebut dikenal dengan “empek empek” atau pempek.

Namun cerita rakyat diatas patut ditelaah lebih lanjut karena singkong baru diperkenalkan oleh bangsa Portugis ke Indonesia pada sekitar abad 16 sehingga cara membuat pempek sederhana menggunakan bahan singkong mungkin masih perlu diteliti lagi. Selain itu sepeda (velocipede) baru dikenal di Jerman dan Perancis pada abad 18. Walaupun demikian sangat memungkinkan apabila resep empek empek Palembang merupakan modifikasi dan adaptasi dari makanan Cina seperti kekian, ngoh yang ataupun baso ikan.

Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips Dan Trik
Resep Empek Empek Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips

Pada masa kerajaan Palembang Darussalam ini, pempek disebut juga dengan kelesan. Kelesan merupakan panganan adat di dalam Rumah Limas yang memiliki kegunaan dan sifat tertentu. Diberi nama kelesan dikarenakan makanan ini bisa tahan bila disimpan lama atau dikeles.

Jenis Pempek (Empek Empek)

  1. Pempek Kapal Selam. Banyak sekali jenis pempek yang ada di Indonesia salah satunya adalah pempek kapal selam. Pempek kapal selam ini merupakan variasi resep pempek yang paling umum dikenal masyarakat di Indonesia. Selain karena cita rasanya, juga karena mempunyai ukuran yang di atas rata-rata pempek pada umumnya dan berisi telur ditengahnya.
  2. Pempek Lenjer. Pempek lenjer merupakan variasi yang lain dari resep pempek yang mempunyai bahan dasar sama dengan pempek kapal selam, namun bedanya untuk pempek lenjer adalah tidak mempunyai isian telur, hanya dibuat bulat memanjang yang pada waktu akan dihidangkan baru akan dipotong kecil.
  3. Pempek Keriting. Pempek keriting merupakan pempek yang mempunyai bentuk unik menyerupai kerupuk. Pembuatan resep pempek ini bisa disajikan dengan digoreng maupun direbus. Apabila anda suka dengan makanan yang digoreng, cobalah membuat resep pempek keriting yang memiliki rasa gurih dan tekstur crispy serta dijamin anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda.
  4. Pempek Kulit. Pempek kulit ini dibuat dari kulit ikan, mempunyai bentuk bulat pipih. Apabila Pempek kulit ini digoreng akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang khas
  5. Pempek Pistel / pastel. Pempek pistel atau pastel ini mirip sekali dengan pempek kapal selam namun mempunyai perbedaan pada ukurannya yang lebih kecil dan biasanya pada bagian bawah diberi bentuk ulir dan mempunyai isian ebi dan pepaya serut. Salah satu variasi resep pempek ini dinamakan dengan pempek pistel atau pastel karena memang bentuknya seperti kue pastel.
  6. Pempek Telur. Pempek telur ini merupakan miniatur sejati pempek kapal selam dan resep pempek ini sama persis dengan resep pempek kapal selam. Pempek ini berbentuk bulat dan apabila digoreng akan memberikan sensai gurih serta garing diluar namun mempunyai tekstur lembut di dalam.
  7. Pempek Panggang / Tunu. Pempek panggang adalah resep pempek yang unik, karena selama dalam proses pembuatannya tidak pernah terkena minyak goreng. Setelah selesai dibentuk bulat dan diisi, pempek ini langsung dipanggang. Campuran dari tunu itu sendiri sangat bervariasi, ada yang diisi dengan ikan kering yang diberi kecap asin, namun ada juga yang dibuat dengan ebi, cabai serta kecap manis. Itulah sedikit cerita tentang cara membuat pempek sederhana. Biasanya pempek jenis ini dijadikan ukuran pintar tidaknya seseorang dalam membuat pempek. Karena dengan tidak terkenanya adonan pempek dengan minyak, maka anda bisa menilai kualitas pempek, apakah pempek tersebut amis ikan atau tidak. Apabila amis, sudah bisa dipastikan terdapat beberapa kesalahan dalam proses pembuatannya.
  8. Pempek Lenggang. Pempek lenggang merupakan jenis pempek yang disajikan dengan cara dicampur menggunakan telur bebek yang dipanggang atau digoreng diatas daun pisang yang sudah dibentuk seperti piring lalu dibakar atau bisa juga digoreng. Saat telur bebek sudah dimasukkan, kemudian potongan pempek dimasukkan baru diaduk. Meskipun sama-sama enak, namun pempek lenggang yang dibakar (dipanggang) ini lebih populer dibanding pempek lenggang yang digoreng.

Resep Pempek (Empek Empek)

Untuk resep empek empek serta cara membuat pempek sederhana yang nikmat serta lezat, kunci yang sangat penting yakni pemilihan dari jenis ikan yang hendak dipakai. Jenis ikan tenggiri maupun ikan gabus merupakan jenis ikan yang sangat baik digunakan untuk membuat pempek Palembang. Namun apabila ikan tenggiri ataupun ikan gabus tersebut memanglah susah anda dapatkan dipasaran, anda bisa juga menukarnya dengan ikan jenis apa saja. Seperti salmon, gurame, toman, tuna, tongkol dan ikan jenis yang lainnya. Buang tulang dan duri ikan tersebut lalu giling hingga halus.

Kuah / Cuko : Bahan

  • 1/2 kg gula batok hitam (bisa diganti gula jawa atau gula aren)
  • 1 liter air bersih
  • 75 gram cabai rawit merah
  • 25 gram asam jawa
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 10 siung bawang putih
  • 1/2 sendok makan garam

Kuah / Cuko : Cara membuat

  1. Haluskan cabai rawit dan bawang putih, dusahakan benar-benar halus.
  2. Masukkan asam jawa dan gula batok hitam dalam air, lalu rebus sampai mendidih.
  3. Apabila gula sudah mencair, aduk-aduk supaya tercampur lalu masukkan cabai rawit dan bawang putih yang sudah dihaluskan.
  4. Masukkan juga gula dan garam.
  5. Tunggu sebentar hingga mendidih lagi sambil diaduk-aduk.
  6. Matikan kompor lalu angkat.
  7. Saring supaya terpisah dari ampas dan kotoran.
  8. Diamkan dalam wadah atau panci selama 24 jam disuhu ruangan dan jangan ditutup rapat.
  9. Setelah 24 jam, pindahkan ke botol atau wadah lain yang mempunyai tutup.
  10. Resep kuah atau cuko pempek Palembang siap dipakai atau simpan dalam kulkas apabila belum akan dipakai.
Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips Dan Trik
Resep Empek Empek Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips

Resep empek empek 1 : Bahan biang

  • 50 gram tepung terigu
  • 400 ml air
  • 2 sendok makan garam
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa (jika suka)

Resep empek empek 1 : Bahan pencampur

  • 1 kg daging ikan gabus atau ikan tenggiri dihaluskan, kemudian masukkan ke lemari pendingin (freezer).
  • 1 kg tepung kanji / tapioka atau bisa menggunakan dengan tepung sagu. Pilih kualitas terbaik.

Resep empek empek 1 : Cara membuat biang

  1. Masukkan tepung terigu, bawang putih, gula pasir, garam, air serta bumbu penyedap dalam suatu wadah.
  2. Masak dan gunakan api kecil sambil diaduk hingga adonan mengental.
  3. Angkat dan tambahkan minyak goreng.
  4. Aduk, lalu biarkan dingin.
  5. Simpan dalam lemari pendingin atau kulkas

Resep empek empek 1 : Cara membuat pempek sederhana

  1. Keluarkan daging ikan yang sudah dihaluskan serta sudah beku, diamkan supaya mencair.
  2. Jangan, ditambah air lagi.
  3. Keluarkan adonan biang dari kulkas.
  4. Campurkan 1 bagian adonan biang dengan 2 bagian daging ikan tenggiri.
  5. Tambahkan tepung kanji secukupnya dikit demi sedikit.
  6. Aduk sebentar supaya adonan tercampur secara merata.
  7. Gunakan plastik pada tangan, lalu olesi dengan sedikit minyak goreng untuk membentuk adonan supaya tidak lengket.
  8. Tambahkan saja lagi sedikit adonan biang agar bisa lentur apabila campuran sangat alot atau keras.
  9. Adonan dasar siap dipakai sesuai kebutuhan.

Cara membuat pempek sederhana diatas sangat tidak disarankan untuk digunakan dalam pembuatan pempek kapal selam, karena adonan diatas memiliki resiko yang mudah pecah, sehingga telur yang ada didalam bisa keluar. Untuk pempek lainnya, silahkan gunakan adonan dasar diatas. Apabila anda berencana membuat pempek kapal selam, anda kami persilakan menggunakan cara membuat pempek sederhana yang ada dibawah ini :

Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips Dan Trik
Resep Empek Empek Dan Cara Membuat Pempek Sederhana Bonus 2 Tips

Resep pempek 2 : Bahan pempek sederhana

  • 500 gram daging ikan gabus atau ikan tenggiri yang dihaluskan.
  • 10 sendok makan air es/dingin
  • 150 gram tepung sagu atau tepung kanji/tapioka
  • 2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vetsin

Resep pempek 2 : Cara membuat pempek sederhana

  1. Keluarkan daging ikan giling dari freezer, cairkan.
  2. Masukkan air es, vetsin, dan garam. Aduk sampai lengket.
  3. Tambahkan juga tepung kanji atau sagu, masukkan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai adonan tidak lengket lagi ditangan.
  4. Uleni/Uli adonan sampai rata
  5. Ambil adonan dasar sebanyak yang diinginkan lalu dibentuk sesuai dengan jenis pempek yang akan dibuat.
  6. Pempek siap dimasak.

Tips

  1. Pilih jenis ikan yang mempunyai daging yang banyak dan tebal.
  2. Hindari menggunakan ikan yg mempunyai banyak lemak seperti lele, patin dan lainnya.
  3. Perbandingan antara jumlah daging ikan dan tepung kanji (tapioka) atau tepung sagu bisa dengan menggunakan perbandingan 1 : 1 atau 1 : 1/2. Prinsipnya semakin banyak komposisi daging ikan maka akan semakin enak dan lezat pempek yang akan dihasilkan.
  4. Maksimal 1 kg daging ikan dicampur dengan tepung kanji sebanyak 1/2 kg.
  5. Bila ingin kuah atau cuko yang kental, gunakan air 3/4 liter saja.
Content Protection by DMCA.com