Resep Dan Cara Membuat Dalgona Coffee | Cake Susu Moo
Resep Dan Cara Membuat Dalgona Coffee
Sumber Foto : thedailynic.com

Resep Dan Cara Membuat Dalgona Coffee

Dalgona Coffee atau sering disebut kopi dalgona di Indonesia merupakan minuman coffee yang diciptakan dengan metode mencampur kopi instan (kopi tanpa ampas), gula, serta air perbandingan yang sama untuk masing-masing bahan. Cara membuat dalgona coffee ini adalah dengan mencampur semua bahan tersebut kemudian dikocok sehingga menjadi krim dan kemudian ditambahkan ke susu dingin atau panas.

Sebagai hiasan, pada bagian atasnya dapat juga ditambahkan dengan topping kopi instan, coklat, biskuit yang sudah dihancurkan, atau madu sesuai dengan selera anda sehingga terlihat cantik. Cara membuat dalgona coffee ini hanya bisa dilakukan dengan memakai kopi instan dan tidak dapat memakai kopi bubuk. Ini disebabkan kopi bubuk tidak bisa untuk membuat topping yang padat serta berbusa seperti yang diidamkan.

Sejarah dalgona coffee

Awalnya minuman coffee ini berasal dari daerah Rajasthan, India. Di wilayah tersebut minuman coffee ini juga dikenal sebagai kopi krim atau kopi kocok. Minuman coffee ini jadi viral di media sosial kala seorang aktor dari Korea Selatan yang bernama Jung Il-Woo, mendatangi suatu restoran di Makau dan di situ dia disajikan sebuah minuman coffee yang mengingatkannya pada “Permen Dalgona”, salah satu jenis permen spons tradisional dari Korea Selatan. Minuman coffee ini selanjutnya muncul juga pada salah satu acara televisi di Korea Selatan yang yang memiliki judul “Stars Top Recipe at Fun-Staurant”.

Resep Dan Cara Membuat Dalgona Coffee
Sumber Foto : asiatatler.com

Untuk permen dalgona yang sebenanya dibuat dengan memakai campuran gula dan soda kue. Permen ini bentuknya mirip seperti permen lolipop dan sampai saat ini masih banyak di perjualbelikan di berbagai daerah wisata di negeri Korea Selatan. Konon katanya, apabila kita berhasil memakan permen tersebut tanpa merusak bentuk, maka kita akan mendapatkan satu permen lagi secara gratis dari penjualnya.

Resep atau cara membuat dalgona coffee home made atau cara membuat dalgona coffee ini mulai menyebar di saluran YouTube di Korea Selatan dengan menggunakan tagar (tanda pagar) #dalgonacoffeechallenge sebelum akhirnya menyebar juga melalui aplikasi TikTok.

Kopi krim ini menjadi sangat populer dengan sebutan “Kopi Dalgona” atau “Dalgona Coffee” selama pandemi coronavirus (COVID-19) 2019-2020. Ketika itu banyak pemerintah memulai kampanye untuk mempromosikan isolasi dengan tagar #DiRumahAja (Indonesia), #StayAtHome (Dunia) dan menjaga jarak dengan tagar #SocialDistance.

Resep Dan Cara Membuat Dalgona Coffee
Sumber Foto : foodisafourletterword.com

Sebutan dalgona coffee sendiri berasal dari tekstur kopi yang sangat lembut dan menyerupai toffee yang ketika dikocok brubah menjadi busa. Selama periode karantina tersebut, terjadi lonjakan minat yang dikaitkan dengan efek ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) atau Respons Meridian dan Otonom Saraf Sensorik yang menenangkan seperti menonton video online DIY. Minuman coffee dalgona ini di India banyak tersedia secara luas dalam beberapa tahun terakhir ini.

Pada saat pertama kali diperkenalkan, cara membuat dalgona coffee seperti ini lebih dikenal sebagai kopi “Phenti Hui” atau “Beaten Coffee”. Satu-satunya perbedaan adalah ketika cara membuat Kopi Phenti Hui, susu dituangkan di atas campuran krim bukan meletakkan krim di atas susu, sedangkan untuk kopi dalgona yaitu krim kopi yang berada diatas susu yang telah dituangkan dalam gelas.

Sejak arahan dari pemerintah tiap negara bahwa warga masyarakat harus diam di rumah dan tak boleh pergi kecuali ada kebutuhan yang darurat dan sangat mendesak menyeruak demi menekan penyebaran virus corona COVID-19, semua publik di dunia termasuk di Korea Selatan berbondong-bondong memiliki rutinitas baru yaitu memasak.

Anda tidak perlu menghidangkan makanan dan minuman coffee yang sulit atau ribet untuk mengisi waktu luang di rumah saat karantina bersama keluarga. Namun mencoba cara membuat dalgona coffee yang sedang viral di Korea Selatan bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan menarik.

Walaupun terbuat dari bahan yang sederhana yaitu kopi tanpa ampas (kopi instan), namun rasanya mantap bagaikan kopi racikan barista. Rasa kopinya segar dan kuat, tapi bisa disesuaikan dengan selera kita. Jika anda tidak suka kopi, bisa juga diganti susu bubuk coklat. Rasanya dijamin lebih super enak.

Dari berbagai sumber resep dalgona coffee yang Cake Susu Moo kumpulkan, penggunaan bahannya menggunakan perbandingan 1:1:1. Atau bisa langsung dibuat dengan menggunakan perbandingan 4:4:4 untuk menghasilkan 2 porsi dalgona coffee dengan menggunakan gelas besar. Atau bisa disesuaikan selera seperti pada resep dalgona coffee yang Cake Susu Moo bagikan ini.

Bagaimana, anda penasaran ingin segera membuat dalgona coffee ini di rumah ? Berikut Cake Susu Moo bagikan bahan-bahan dan proses pembuatannya secara mudah untuk anda.

Bahan krim dalgona coffee

  • 4 sendok teh kopi instan (kopi tanpa ampas)
  • 5 sendok teh gula pasir
  • 6 sendok makan air dingin

Bahan minuman coffee

  1. Susu cair full cream cair atau susu UHT secukupnya
  2. Es batu secukupnya
Resep Dan Cara Membuat Dalgona Coffee
Sumber Foto : klfoodie.com

Cara membuat dalgona coffee

  1. Siapkan mangkuk atau wadah, masukkan kopi, gula dan air dingin.
  2. Aduk dengan mixer adonan kopi dan gula hingga mengembang, kaku kental berjejak, berbusa atau hingga tidak tumpah saat mangkuk dibalik.
  3. Untuk penyajian, masukkan es batu dalam gelas secukupnya. Tuang 3/4 gelas susu full cream atau susu cair UHT.
  4. Tambahkan adonan kopi yang sudah di mixer tadi hingga gelas penuh.
  5. Apabila anda ingin mempercantik tampilannya, taburkan topping diatasnya.
  6. Langsung bisa disajikan
Content Protection by DMCA.com