Resep Dan Cara Membuat Seblak Sederhana Dengan 2 Langkah
Resep dan cara membuat seblak sederhana
Resep dan cara membuat seblak sederhana

Resep Dan Cara Membuat Seblak Sederhana Dengan 2 Langkah

Bagaimana cara membuat seblak sederhana dan warga Bandung mana yang sekarang ini tidak mengetahui tentang aneka jajanan bernama seblak ?. Aneka jajanan yang mempunyai rasa pedas ini sudah pernah menjadi viral di hampir diseluruh penjuru Indonesia dan akhir-akhir ini aneka jajanan dengan nama seblak ini telah menjadi salah satu maskot makanan khas dari Bandung. Walaupun banyak aneka jajanan yang lain, yang tentu saja sangat popular seperti martabak manis (kue terang bulan), namun seblak ini bersaing ke dalam jajaran aneka jajanan yang popular di Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya peminat aneka jajanan ini, apakah anda tahu darimana asal usul aneka jajanan yang disebut seblak ini?. Seblak merupakan aneka jajanan khas dari Bandung yg ternyata hampir mirip dgn aneka jajanan khas dari daerah Sumpiuh, di propinsi Jawa Tengah.

Resep dan cara membuat seblak sederhana
Resep dan cara membuat seblak sederhana

Tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa seblak adalah aneka jajanan yang berasal dari Jawa Tengah. Hal tersebut ternyata dilatarbelakangi oleh karena seblak sangat mirip sekali dengan krupuk yang direbus dan diolah menjadi makanan dari Sumpiuh yang pernah populer pada sekitar tahun 1940-an dan untuk seblak sendiri mulai menjadi viral sekitar tahun 2000-an.

Menurut seorang penjual seblak di Bandung, bahwa tidak dikit masyarakat awam yang menganggap bahwa seblak merupakan kerupuk kuning yang kemudian direbus dan dimasak dengan rasa yang pedas. Dan akhirnya terkuak juga bahwa ternyata nama seblak itu adalah nama suatu bumbu yang dibuat dengan menggunakan bahan cikur atau kencur.

Pedagang seblak tersebut menjelaskan bahwa sekarang ini cara membuat seblak sederhana memiliki banyak sekali variasi. Mulai dari kerupuk kuning, siomay, batagor, bakso, tahu, makaroni, tulang, sampai dengan mie lidi. Dan seblak sekarang ini menjadi aneka jajanan yang nge-trend di kalangan anak-anak muda.

Resep dan cara membuat seblak sederhana
Resep dan cara membuat seblak sederhana

Dengan teksturnya yang kenyal, seblak menjadi sangat enak dimakan saat masih dalam keadaan panas dengan ditambahi sambal yang pedas. Dan untuk resep dan cara membuat seblak sederhana pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, anda harus lebih kreatif dalam mengolah bawang merah, bawang putih, serta kencur yang kemudian diayak menjadi satu. Setelah itu semua bahan ditumis dengan menggunakan berbagai topping dan ditambahi air serta cabai.

Bahkan sekarang ini banyak chef terkenal yang gemar membuat seblak juga untuk dihidangkan ke keluarga tercinta mereka. Dan kini bertambah lagi variasi rasa dari seblak ini contohnya rasa rendang. Munculnya seblak rasa rendang ini karena rendang merupakan makanan khas Indonesia yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu, seblak sempat menjadi makanan yang viral, trend dan lezat di lidah banyak orang. Jangan hanya bisa menikmati lezatnya seblak, namun anda juga harus tahu mengenai fakta yang sebenarnya tentang seblak.

Resep dan cara membuat seblak sederhana
Resep dan cara membuat seblak sederhana

Fakta Tentang Seblak

Dibuat agar Kerupuk Sisa Tidak Terbuang

Seblak pada umumnya terdiri dari kerupuk kenyal yang diolah dengan cara ditumis menggunakan bumbu khas yang mempunyai aroma kencur serta bercita rasa pedas. Setelah selesai ditumis, kerupuk mentah yang telah direndam air selama 1 (satu) malam atau bisa juga disiram menggunakan air panas hingga menjadi kenyal kemudian dimasukkan ke dalam tumisan bumbu. Bumbu yang dipakai untuk membuat seblak tersebut antara lain bawang putih, bawang merah, kencur, garam, kunyit, cabai rawit dan penyedap rasa. Banyak yang memanfaatkan seblak untuk menghabiskan kerupuk sisa yang tidak terpakai atau tidak dapat dijual.

Kencur menjadi kunci bumbu seblak

Kerupuk rebus yang dipakai dalam seblak memang sangat nikmat saat dimakan, apalagi dengan tekstur yang terasa kenyal di lidah. Namun, bukan kerupuk yang menjadi rahasia dan kunci utama dalam 1 porsi seblak. Melainkan bumbu kencur yang gurih. Kerupuk itu sendiri hanya merupakan topping tambahan saja. Sekarang ini seblak dihadirkan dengan banyak pilihan topping seperti bakso, sosis, kwetiaw, mie, ceker, tulang, tahu, daun bawang, dan lain-lain. Semakin pedas seblak, biasanya semakin banyak disukai terutama oleh para pecinta pedas.

Seblak berasal dari Bandung ?

Seblak memang banyak dijajakan di warung atau oleh pedagang keliling di Jawa Barat, terutama di Kota Bandung. Namun, ada beberapa sumber lain yang menyatakan bahwa ada aneka jajanan yang mirip sekali dengan seblak berasal dari Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah. Di Sumpiuh, seblak ini sudah ada dan dikenal sejak tahun 1940-an.
Seblak yang berasal dari Sumpiuh bernama “Kerupuk Godog”, karena kerupuk udang yang dipakai untuk bahan kerupuk godog tidak digoreng tetapi malah digodog atau direbus. Sehingga kerupuk godog juga memiliki sensasi kenyal persis seperti seblak. Seblak juga ada di daerah Cianjur bahkan sejak zaman penjajahan Belanda dan umum dikonsumsi oleh masyarakat yang masuk dalam ekonomi bawah.

Resep dan cara membuat seblak sederhana
Resep dan cara membuat seblak sederhana

Resep Dan Cara Membuat Seblak Sederhana

Bahan-bahan

  • 1 buah paha ayam, direbus, disuwir
  • 50 gram makaroni
  • 150 gram kerupuk putih
  • 4 buah sosis, dipotong-potong
  • 2 lembar kol, diiris
  • 5 buah bakso, diiris tipis
  • 50 gram kwetiau
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 2 batang caisim, dipotong 2 cm
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, diiris
  • 2 sendok teh garam
  • 50 gram taoge
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 600 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • 2 cm kencur
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 4 buah cabai merah keriting
Resep dan cara membuat seblak sederhana
Resep dan cara membuat seblak sederhana

Langkah-Langkah

Persiapan cara membuat seblak sederhana yang Lezat

  1. Untuk membuat resep seblak kali ini, cara membuat seblak sederhana yang dapat anda lakukan adalah pertama dengan menyimak langkah-langkah persiapan cara membuat seblak sederhana yang Cake Susu Moo susun dibawah. Langkah-langkah ini merupakan suatu tahapan yang sangat penting yang perlu anda cermati dikarenakan langkah persiapan ini berisi tentang beberapa cara untuk mengolah bahan yang diperlukan saat anda mencoba cara membuat seblak sederhana. Oleh karena itu, silakan anda simak beberapa cara membuat seblak sederhana dibawah ini.
  2. Persiapan pertama kali yang dapat anda lakukan yakni dengan lebih dulu merendam makaroni dalam sebuah wadah. Cara ini bisa anda lakukan supaya nantinya bahan makaroni menjadi lebih mengembang serta lebih lunak sehingga mudah dan gampang disantap.
  3. Rebus juga paha ayam kedalam panci hingga matang serta taburi dengan menggunakan garam. Lalu aduk-aduk dengan merata dan masak paha ayam ini hingga matang. Angkat apabila paha ayam yang anda rebus sudah matang lalu dinginkan sebentar, kemudian silahkan suwir-suwir paha ayam yang sudah matang tersebut dengan ukuran lebih kecil.
  4. Kemudian setelah itu silakan rendam juga kerupuk putih kedalam wadah dan biarkan kerupuk putih ini menjadi lebih lunak seperti yang anda lakukan saat merendam makaroni.
  5. Setelah semua langkah persiapan awal ini anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah anda akan masuk kedalam inti dari cara membuat seblak sederhana.

Cara membuat seblak sederhana lezat

  1. Untuk cara membuat seblak sederhana Bandung, anda terlebih dahulu dapat menyiapkan wajan diatas kompor untuk menumis bumbu yang diperlukan. Lalu kemudian tuangkan minyak ke dalam wajan dan tunggu hingga minyak menjadi panas secara merata.
  2. Setelah minyak panas, anda bisa langsung memasukkan bumbu halus kedalamnya lalu aduk-aduk sampai matang merata serta tercium aroma harum yang enak dan mantap. Sisihkan di pinggir wajan bumbu tumisan yang telah matang dengan menggunakan spatula.
  3. Lalu masukkan telur ke dalam wajan dan aduk-aduk bersama bumbu tumis hingga telur orek ini berubah menjadi matang dan telur agak kasar. Setelah itu masukkan ayam suwir kedalamnya dan aduk kembali supaya tercampur dengan merata.
  4. Jangan lupa masukkan juga bakso sapi yang telah anda potong-potong kedalam tumisan bersamaan dengan sosis lalu aduk-aduk lagi dengan merata kembali semua olahan tersebut sehingga tercampur merata. Ambil caisim lalu masukkan juga kedalamnya bersama-sama dengan taoge dan aduk-aduk kembali.
  5. Tuangkan makaroni yang sudah anda rendam bersama-sama dengan kerupuk dan juga kwetiau. Lalu kemudian aduk-aduk lagi semua sajian ini supaya tercampur merata secara sempurna. Baru kemudian taburi dengan garam dan berikan merica bubuk secukupnya sesua selera anda.
  6. Tuangkan air bersih bersama dengan gula pasir (secukupnya) lalu aduk-aduk kembali dengan rata semua bahan resep seblak ini. Masak resep seblak ini hingga matang dan kuah mendidih. Menjelang diangkat silakan anda masukkan juga daun bawang kedalamnya dan aduk dengan merata. Angkat, tuangkan ke piring atau mangkuk saji, dan resep seblak siap dinikmati.

Demikian artikel tentang cara membuat seblak sederhana yang Cake Susu Moo telah pilih dan coba didapur. Untuk artikel yang aneka jajanan pasar yang lainnya, anda bisa membaca dalam artikel 32 Aneka Jajanan Pasar Popular yang sebelumnya sudah kami tulis untuk anda.

Content Protection by DMCA.com