yobit.net вход yobit.net yobit yobit.net yobit bittrex yobit.net yobit net yobit exchange
Resep Kue Lumpur Kentang Special 7 Bahan, Mission Accomplish
Resep Kue Lumpur Kentang Special Kue Basah
Resep Kue Lumpur Kentang Special

Resep Kue Lumpur Kentang Special 7 Bahan “Mission Accomplish”

Prolog Resep Kue Lumpur Kentang Special

Membuat resep kue lumpur kentang special yang lembut disertai dengan cara membuat adonan kue basah yang anti gagal pasti sangat diidamkan oleh anda dan semua ibu rumah tangga. Dan pastinya banyak sekali penyuka dari kue lumpur kentang special atau anda malah jadi fans berat dari kue basah yang satu ini ?. Dengan teksturnya yang lembut di tambah taburan kismis diatasnya, menjadikan resep kue basah yang akan kita buat ini termasuk salah satu aneka jajanan pasar favorit oleh banyak keluarga di Indonesia, salah satunya mungkin anda.

Selain sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun toko-toko kue yang ada di sekitar rumah anda, resep kue lumpur kentang special yang menggunakan bahan dasar kentang serta dihiasi dengan kismis di atas permukaan kue basah ini, juga terbilang mempunyai harga cukup murah dan tidak menguras kantong untuk ukuran masyarakat Indonesia pada umumnya.

Resep Kue Lumpur Kentang Special Kue Basah
Resep Kue Lumpur Kentang Special

Selain banyak yang belum mengetahui bagaimana cara pembuatan resep kue basah ini dengan benar, memang yang menjadi salah satu kendala didalam pembuatan resep kue basah ini adalah cetakan kue basah itu sendiri. Akan tetapi hal itu bisa kita ganti dan kita akali dengan mudah menggunakan cetakan kue yang lain, misalnya menggunakan cetakan cup cake atau cetakan kue martabak mini.

Tidak ada yang tahu secara pasti sebenarnya dari mana asal muasal kue basah yang satu ini. Tetapi banyak yang menginformasikan bahwa kue yang satu ini dinamakan lumpur karena tekstur yang dimilikinya sangat lembuh dan agak basah pada bagian atasnya. Apapun julukan dan nama yang diberikan, resep kue lumpur kentang special ini tetap menjadi idola sebagian besar keluarga di Indonesia. Tidak bisa kita pungkiri bahwa kue basah yang satu ini hampir selalu ada di setiap toko-toko kue atau warung jajanan pasar maupun lapak-lapak penjual makanan di berbagai wilayah Indonesia.

Pada prinsipnya, seperti juga kue pie susu atau kue basah yang lainnya, resep kue basah ini bisa di kreasikan atau bisa dibuat dengan berbagai macam bahan-bahan lain yang sudah terkenal dengan kelezatannya. Di beberapa daerah, bisa kita temukan beberapa variasi dari resep kue basah ini, seperti kue lumpur kentang pandan, kentang susu, kentang keju, kentang coklat dan masih banyak lagi variasi yang lainnya. Untuk anda yang mempunyai hobi memasak dan sangat tertarik untuk membuat resep kue lumpur kentang special sendiri dirumah, Cake Susu Moo sudah merangkum resep kue basah ini dan memodifikasi supaya menjadi mudah pembuatannya, bahan-bahan mudah dan gampang di cari serta praktis cara membuatnya.

Resep Kue Lumpur Kentang Special Kue Basah
Resep Kue Lumpur Kentang Special

Bahan dan Resep Kue Lumpur Kentang Special

Bahan

  • 250 gram kentang yang mempunyai kualitas bagus lalu kukus. Haluskan hingga benar-benar lembut dan halus.
  • 200 gram gula pasir putih (bisa dikurangi apabila anda tidak suka manis).
  • 200 gram tepung terigu.
  • 500 ml santan kelapa kental dari buah kelapa (atau bisa anda ganti dengan santan instan yang banyak tersedia di warung atau toko sembako).
  • 3-5 butir telur ayam (pakai 3 butir yang mempunyai ukuran besar atau 5 butir untuk yang ukuran kecil).
  • 1/4 kg margarin yang telah dipanaskan sampai mencair.
  • 1/4 kaleng susu kental manis.
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk atau sesuai selera.
  • Garam dapur secukupnya.
  • Kelapa yang sudah diparut secukupnya (bisa anda ganti dengan keju parut atau coklat parut untuk toping dan variasi rasa).
  • Kismis secukupnya (untuk topping di tengah kue lumpur kentang special).
Resep Kue Lumpur Kentang Special Kue Basah
Resep Kue Lumpur Kentang Special

Cara membuat

  1. Ambil wadah, pilih yang mempunyai dimensi cukup besar untuk tempat adonan resep kue basah ini. Masukkan telur, 200 gram gula pasir serta vanili secukupnya.
  2. Aduk-aduk dengan perlahan dan kocok hingga benar-benar tercampur dengan sempurna seluruh bahan-bahan.
  3. Masukkan 250 gram kentang yang sudah di kukus dan dihaluskan di dalam adonan tadi.
  4. Aduk lagi sedikit demi sedikit secara perlahan hingga kentang tercampur secara merata dengan adonan. Untuk masukkan kentang, anda masukkan sedikit demi sedikit juga, karena apabila dimasukkan langsung secara bersamaan, hasil akhir dari resep kue lumpur kentang special akan menjadi tidak bisa lembut.
  5. Masukkan garam secukupnya ke dalam adonan yang sudah diberi kentang.
  6. Kemudian masukkan juga santan dan susu kental manis sedikit demi sedikit sambil diaduk secara perlahan hingga tercampur merata dengan sempurna.
  7. Setelah itu masuk langsung 250 gram margarin yang telah dicairkan.
  8. Aduk kembali serta pastikan bahwa semua bahan sudah tercampur dengan sempurna.
  9. Langkah berikutnya siapkan cetakannya untuk menuangkan adonan resep basah ini. Anda bisa juga memakai cetakan kue apem atau bisa anda ganti dengan menggunakan cetakan cup cake.
  10. Panaskan cetakan kue lumpur kentang special tersebut lalu olesi dengan sedikit margarin secara merata pada permukaannya. Hal ini untuk menghindari adonan resep kue lumpur kentang special lengket di cetakan saat sudah matang.
  11. Tuangkan adonan resep kue basah ini ke dalam cetakan. Jangan menuang terlalu penuh karena adonan kue lumpur kentang special akan mengembang saat proses pematangan.
  12. Gunakan api kecil saja dan masak lebih kurang 3 menit.
  13. Kemudian masukkan kelapa parut yang sudah di siapkan atau bisa juga diganti dengan keju parut atau coklat parut.
  14. Jangan lupa tambahkan atau tempatkan beberapa kismis kecil tepat ditengah adonan supaya hasil akhirnya terlihat lebih cantik.
  15. Setelah matang, angkat kue, dinginkan dan sisihkan.
  16. Oles kembali cetakan dengan mentega atau margarin lalu tuang adonan resep kue basah ini sampai kurang lebih 3 menit dengan api kecil sampai matang.
  17. Ulangi lagi sampai adonan resep kue basah ini habis.
  18. Tata kue lumpur kentang special yang telah dingin diatas piring saji
  19. Resep kue lumpur kentang special siap disajikan untuk keluarga.
Resep Kue Lumpur Kentang Special Kue Basah
Resep Kue Lumpur Kentang Special

Tips tambahan

  1. Supaya hasil akhirnya sempurna, sebelum menuang ke dalam cetakan adonan resep kue lumpur kentang special disaring terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada tepung yang masih menggumpal dan belum tercampur secara merata.
  2. Anda bisa menggunakan cetakan kue apem, cetakan cup cake, cetakan kue martabak mini maupun cetakan kue yang lain
  3. Untuk mengecek tingkat kematangan, anda bisa menggunakan lidi atau tusuk gigi.

Untuk membuat resep kue lumpur kentang special sendiri di rumah memanglah membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sebenarnya untuk proses pembuatannya cukup mudah dan tidak terlalu sulit, apalagi jika anda membuatnya pada saat hari libur atau week end. Keuntungannya membuat kue lumpur kentang special sendiri dirumah yaitu selain anda bisa berkreasi dengan hiasan, topping serta isinya, anda juga bisa memastikan bahwa bahan-bahan yang akan digunakan merupakan bahan yang berkualitas dan aman untuk kesehatan, sehingga aman untuk dikonsumsi anak-anak maupunpun orang tua.

Nah, buat anda yang selalu membeli kue lumpur kentang special untuk cemilan di rumah, maupun untuk sajian arisan. Mulai sekarang anda bisa mencoba membuat kue lumpur kentang special sendiri di rumah. Cara membuat resep kue lumpur kentang special ini cukup mudah dan tidak sulit.

Selain mudah dibuat, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep kue basah homemade ini juga murah meriah serta terjangkau. Dan anda bisa memastikan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang sehat dan aman yang mudah didapat didekat rumah anda.

Bagaimana menurut anda ? Apakah anda mempunyai rencana untuk membuat kue lumpur kentang special sendiri di rumah dengan isi dan hiasan yang sedikit beda dengan kue lumpur kentang special pada umumnya ? Atau mau mencoba membuat resep kue basah ini dengan variasi yang berbeda ? Silakan share dengan teman-teman dan keluarga melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp atau dengan akun Google+ anda. Atau anda juga bisa mengundang mereka untuk mencicipi resep kue lumpur kentang special buatan anda ini di rumah. Untuk inspirasi jajanan yang lain, Cake Susu Moo juga mempunyai resepnya, anda bisa mencari di kotak pencarian atau klik disini untuk kumpulan resep jajanan Cake Susu Moo. Selamat berkreasi dan bereksperimen.

Content Protection by DMCA.com