yobit.net вход yobit.net yobit yobit.net yobit bittrex yobit.net yobit net yobit exchange
Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana | Cake Susu Moo
Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana
Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana

Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana

Saat cuaca berubah menjadi dingin saat malam hari ataupun saat hujan tiba, tentu saja menikmati resep sempol ayam sederhana yang akan kita ulas berikut ini akan enak apabila dicocol menggunakan sambal kacang atau saus sambal. Berbicara tentang resep membuat sempol ayam sederhana, anak-anak merupakan penikmat setianya. Karena memang sangat jarang seorang anak kecil yang menolak untuk menyantap aneka jajanan pasar yang mempunyai nama sempol ayam ini. Disamping itu, anak-anak kecil juga sangat suka dengan aneka jajanan pasar seperti sempol ayam sederhana dan keluarganya, sebut saja basreng, cilok, cireng dan sebagainya.

Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana
Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana

Beberapa waktu yang lalu sempol ayam sederhana pernah menjadi perbincangan hangat di khasanah kuliner kaki lima di kota Malang. Sempat juga menduduki posisi tertinggi aneka jajanan pasar kaki lima dikota tersebut dan simpang siur mengenai tempat kelahiran resep sempol ayam sederhana pun mulai santer terdengar. Beberapa opini dan wacana mengungkapkan bahwa sempol ayam sederhana merupakan salah satu aneka jajanan pasar yang merupakan duplikasi dari salah satu aneka jajanan pasar dari kota Bandung.

Hal tersebut yang menjadikan pergunjingan hangat di dunia kuliner kota Malang. Opini dan wacana yang lainnya menyebutkan bahwa resep sempol ayam sederhana yang merupakan aneka jajanan pasar asli dari kota Malang dan dilahirkan dari kreasi putra daerah. Sempol ayam menjelma menjadi aneka jajanan pasar yang lezat dan nikmat yang berasal dari kota Malang. Aneka jajanan pasar khas dari kota malang ini diciptakan dari olahan campuran daging giling, tepung terigu dan tepung tapioka.

Dalam penyajiannya resep sempol ayam sederhana ini ditemani menggunakan cocolan saus sambal maupun mayonnaise. Dengan resep sempol ayam yang baik, sempol ayam sederhana juga akan memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Hampir semua kalangan dari berbagai lapisan masyarakat dapat dipastikan menyukai jajanan sempol ayam ini. Harga jual sempol ayam pun juga sangat terjangkau dengan dompet. Sering kali kita menjumpai penjual yang membuat sempol ayam di berbagai tempat mulai dari dipingir jalan bahkan bisa kita jumpai juga hingga di kafe atau kedai makanan dan minuman. Tingginya antusiasme kalangan masyarakat yang menyukai resep sempol ayam membuat sempol ayam sederhana dijadikan kesempatan dan peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk anda

Mengenal Sempol Ayam Sederhana

Sekilas terlihat bahwa tampilan dari hasil resep sempol ayam hampir sama seperti tempura, aneka jajanan pasar lainnya pun sempat menjadi trending di kota Malang. Sempol ayam merupakan aneka jajanan pasar yang dibuat dari adonan daging ayam yang giling dicampur dengan tepung kanji dan terigu (beberapa resep sempol juga menggunakan tepung sagu sebagai pengganti tepung kanji).

Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana
Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana

Keunikan dari cara membuat sempol ayam ini terletak pada digunakannya tusuk seperti sate yang besar dan panjang. Tusuk ini biasanya terbuat dari bambu, serta tusuk sempol ini memiliki panjang kurang lebih sekitar 30 cm. Adonan sempol yang dililitkan pada tusuk yang panjang tersebut sepintas terlihat mirip dengan odeng, aneka jajanan pasar khas negeri Korea Selatan. Kemungkinan keunikan dari tusuk sempol yang panjang tersebut menyerupai odeng sehingga sempol menjadi sangat diminati.

Disisi cita rasa, resep sempol ayam bisa dibilang mampu memanjakan lidah untuk secara terus menerus ingin menikmati kelezatan rasanya. Karena adonan dari sebuah resep sempol ayam ini dilumuri dengan telur kocok sebanyak dua kali sebelum digoreng. Dan hasilnya menjadikan resep sempol ayam semakin tambah tebal, renyah serta gurih. Siapapun yang melihatnya, tentu akan tergoda untuk mencoba merasakan sensasi yang dimiliki oleh resep sempol ayam ini.

Kisah Tentang Kemunculan Sempol Ayam

Beberapa cerita muncul berkaitan dengan asal mula sebuat resep sempol ayam bisa tercipta. Dilansir dari sebuah website ternama di Indonesia, nama aneka jajanan pasar yang telah ikut andil meramaikan kuliner di kota Malang sejak sekitar beberapa tahun yang lalu tersebut sebenarnya muncul dari sebuah cerita candaan atau gurauan iseng sang inventor. Berikut ini candaannya :

Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana
Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana

Ide muncul pertama kali di saat ada seorang pria bernama Cak Man, yang ingin sekali membuat sebuah aneka jajanan pasar yang unik. Bentuknya hampir mirip dengan cilok, hanya saja cara penyajian dikepal hampir mirip seperti mendol lalu dicelupkan atau dilumuri dengan adonan telur kocok dan langsung digoreng. Hanya saja untuk saus yang akan digunakan cuma sebatas saus sambal.

Cak Man akhirnya membuat sempol ayam dan membawa experiment tersebut ke kota Malang. Sesampainya di kota Malang, Cak Man mulai memproduksi dan menjajakan aneka jajanan pasar yang diberi nama Sempol. Cak Man membuat sempol ayam dan menjajakan sempol ini di sebuah SMA, yaitu SMA BSS menggunakan gerobak dengan warna biru. Pada awalnya, resep sempol ayam miliknya ini sempat merajai dam memonopoli pasar karena hanya dirinyalah yang menjajakan dan membuat sempol ayam tersebut. Dirinya sempat merasa kesulitan untuk memasarkan produk dan membuat sempol ayam tersebut dikarenakan keterbatasan dari sisi sarana pemasaran serta tidak ada sumber daya manusia di perusahaan kecilnya tersebut.

Demam dari negeri Korea datang dan ternyata Cak Man melihat sedikit celah bagi resep sempol buatannya untuk terus berkiprah di dunia kuliner kaki lima. Sempol untuk selanjutnya diubah Cak Man dengan menambah branding menggunakan embel-embel pentol Korea. Pucuk dicinta ulam pun tiba, antusiasme masyarakat akan sempol cukup besar, sehingga para kompetitor mulai melirik dan membuat sempol ayam sebagai lahan bisnis baru. Berawal dari hal itulah mulai bermunculan penjual lain yang membuat sempol ayam yang sama dan dijajakan di sekitaran Pujasera Universitas Brawijaya serta gang SMA 8 kota Malang.

Brand sempol yang melekat pada produk aneka jajanan pasar tersebut, membuat sempol ayam digunakan secara terus menerus walaupun telah diproduksi oleh produsen yang berbeda. Pada tahap inilah yang jadi titik awal booming sempol ayam sederhana di berbagai penjuru kota Malang.

Beberapa wacana lain juga seakan melengkapi kisah perjalanan sempol ini. Ada opini lain yang menyebutkan bahwa asal-usul nama sempol berawal dari sebuah daerah di mana aneka jajanan pasar ini dibuat. Kudapan popular ini berasal dari kota Malang bagian Selatan. Tepatnya berasal dari desa Sempol, kec. Pagak, kab. Malang.

Kandungan Nutrisi Dalam Sebuah Resep Sempol Ayam

Aneka jajanan pasar ini bisa kita temui dengan mudah, rasanya tak hanya lezat saat dikonsumsi, tetapi juga mempunyai kandungan nutrisi yang cukup baik bagi kesehatan. Mari kita ulas kandungan nutrisi apa saja yang tersimpan didalam beberapa bahan-bahan utama dalam pembuatan sempol.

Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana
Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana

Daging

Sempol yang diproduksi dengan menggunakan daging ayam mempunyai kandungan protein yang tinggi serta kandungan lemak yang terbilang cukup rendah. Akan tetapi dalam proses pembuatan sempol, daging yang dipakai tidak hanya daging ayam. Anda bisa juga membuat sempol dengan menggunakan daging ikan atau daging sapi. Untuk daging ikan yang biasa digunakan dalam resep sempol bisa diambil dari daging ikan tongkol ataupun cakalang.

Daging sapi memang merupakan sumber protein dari hewan yang sangat baik. Akan tetapi daging sapi memiliki beberapa kekurangan yaitu kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi yaitu kurang lebih 78 miligram kolesterol serta 30 gram untuk lemak per 100 gram daging sapi. Alternatif yang lain untuk dijadikan bahan pembuatan sempol adalah ikan laut. Ikan laut merupakan salah satu sumber protein dan mineral yang baik seperti kalsium, zat besi, seng, yodium dan selenium. Ikan juga mempunyai kandungan vitamin A, B, dan D.

Bawang putih

Bawang putih diperlukan sebagai bumbu agar cita rasa sempol menjadi lebih lezat dan gurih. Akan tetapi fungsi dari bawang putih ternyata tidak hanya itu. Bawang putih tergolong rendah kalori dan mengandung zat-zat yang berdampak baik bagi kesehatan seperti vitamin C, zat besi, fosfor dan kalsium. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Telur

Tidak lengkap rasanya jika resep sempol ayam atau daging yang lain tidak membalut adonan sempol dengan telur kocok. Bahan makanan yang kaya dengan protein ini mampu mempercepat proses metabolisme tubuh. Telur ayam mengandung vitamin B1, A, C, zat besi, kalsium dan protein.

Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana

Cara membuat serta resep sempol ayam ini pada dasarnya sangat mudah, bahan-bahan yang diperlukan dengan mudah bisa anda dapatkan dimana-mana. Proses awal dalam proses membuat sempol ayam sederhana ini yakni dengan menghaluskan / mencincang daging ayam lalu mencampurkan semua bahan-bahan yang diperlukan.

Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana
Resep Membuat Sempol Ayam Sederhana

Bahan yang diperlukan :

  • 250 gr daging ayam (bagian dada ayam)
  • 100 gr tepung tapioka/kanji
  • 50 gr tepung terigu
  • 3 sendok makan bawang merah goreng
  • 4 siung bawang putih
  • 1 batang daun seledri
  • 1 batang daun bawang
  • 1 butir telur ayam

Bumbu pelengkap :

  • kaldu bubuk, secukupnya
  • merica bubuk, secukupnya
  • gula pasir, secukupnya
  • garam, secukupnya

Bahan pecelup :

  • 1 butir telur ayam (kocok lepas)

Bahan lain yang diperlukan :

  • minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng
  • air bersih secukupnya, untuk merebus
  • tusukan sate atau tusukan bambu nugget, secukupnya

Cara membuat sempol ayam sederhana :

  1. Daging ayam dan bawang putih dihaluskan terlebih dahulu menggunakan food processor. Lalu masukan ke dalam wadah dengan ukuran yang cukup besar.
  2. Campur adonan daging bersama telur ayam dan bawang goreng. Kemudian masukan sedikit demi sedikit tepung terigu, jangan dimasukkan semua secara langsung karena kemungkinan menggumpal atau tidak tercampur rata sangat besar.
  3. Masukkan juga tepung tapioka, kaldu, merica, gula dan garam.
  4. Aduk-aduk sampai seluruh bahan tercampur secara merata.
  5. Tambahkan juga irisan daun seledri serta daun bawang. Uleni sampai adonan tercampur merata.
  6. Rebus sedikit adonan untuk mengkoreksi rasa.
  7. Apabila anda sudah dirasa enak, olesi telapak tangan dengan sedikit minyak goreng supaya adonan resep sempol ayam tidak lengket ditangan.
  8. Ambil adonan secukupnya lalu tempel dan rekatkan pada tusukan sate dengan cara dikepal–kepal dengan jari tangan perlahan sampai adonan dapat menempel di tusuk sate dengan sempurna. Adonan tersebut bisa anda bentuk lonjong atau disesuaikan dengan kebutuhan dan selera anda.
  9. Ulangi lagi sampai adonan habis.
  10. Rebus air sampai mendidih kemudian masukan adonan resep sempol ayam ke dalam lalu rebus selama kurang lebih 20 menit atau hingga sempol ayam matang.
  11. Angkat lalu tiriskan.
  12. Celupkan sempol ayam yang sudah direbus tadi ke telur yang sudah dikocok.
  13. Goreng diatas kompor dengan api sedang sampai berubah warna menjadi kuning keemasan.
  14. Angkat lalu tiriskan.
  15. Resep membuat sempol ayam sederhana selesai dan siap untuk dinikmati.
Video : Resep Dan Cara Membuat Sempol Ayam Sederhana

Demikianlah resep membuat sempol ayam sederhana yang telah Cake Susu Moo rangkum dari beberapa sumber. Resep sempol ayam sederhana ini sangat cocok untuk dinikmati saat masih hangat dengan dicocol ke dalam saus sambal atau sambal kacang, dijamin akan lebih lezat dan nikmat apa lagi jika ditemani secangkir teh hangat. Selamat mencoba resep membuat sempol ayam sederhana lezat dan nikmat ini dirumah. Semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com