Wedang Bajigur Hangat Lezat

Wedang Bajigur Hangat Lezat

Wedang bajigur adalah minuman panas dan manis yang berasal dari Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah santan dan gula Aren, biasanya untuk menambah rasa supaya semakin nikmat dan lezat saat dinikmati hangat-hangat, bisa ditambahkan sedikit jahe dan garam. Daun pandan bisa juga ditambahkan untuk menambah aroma wangi pada wedang bajigur ini, tetapi sekarang ini sudah banyak digunakan bubuk vanili sebagai pengganti daun pandan.

Minuman ini disajikan dalam keadaan yang panas dan biasanya dijual keliling menggunakan gerobak penjual. Gerobak dilengkapi dengan kompor untuk memastikan minuman tetap panas. Wedang ini dianggap cocok untuk dikonsumsi di dataran tinggi yang dingin, atau selama malam yang dingin atau hari hujan untuk menghangatkan tubuh. Minuman ini biasanya disandingkan dengan makanan ringan tradisional atau jajanan pasar seperti pisang kukus, ubi rebus atau kacang rebus.

Banyak sekali yang suka dengan wedang hangat yang satu ini tetapi bingung cara membuat wedang bajigur yang enak khas dan Sunda ini. Sama seperti badrek, minuman ini memang bisa bikin ketagihan kalau sudah diminum. Apalagi kalau dinikmati saat masih panas dan saat cuaca sedang dingin. Wedang ini terbuat dari berbagai macam rempah seperti jahe, gula aren serta kuahnya terbuat dari santan kelapa, resep wedang bajigur merupakan minuman khas tradisional dengan aroma khas yang mengundang rasa penasaran.

Bahan utama wedang bajigur :

  • 1 liter santan kelapa.
  • 50 gram jahe yang sudah dikupas kemudian dibakar sebentar, memarkan atau geprek sebelum direbus.
  • 2 helai daun pandan.
  • 150 gram gula merah yang sudah disisir.
  • 2 sendok teh kopi bubuk yang mempunyai aromanya tidak terlalu kuat .
  • 5 cm potongan kKayu manis.

Bahan tambahan wedang bajigur :

  1. Garam dapur secukupnya (jika rasa kurang gurih).
  2. Gula pasir secukupnya (jika kurang manis).

Cara pembuatan :

  1. Rebus santan kelapa menggunakan panci yang stainles dengan api sedang.
  2. Masukkan kayu manis dan jahe yang sudah dimemarkan serta daun pandan, kemudian aduk-aduk sampai dan harum baunya.
  3. Masukkan gula merah yang telah disisir kemudian aduk-aduk kembali sampai santannya mendidih.
  4. Cicipi rasanya jika dirasa kurang gurih tambahkan garam dapur atau jika kurang manis bisa ditambahkan gula pasir kemudian aduk kembali.
  5. Setelah matang sajikan bersama dengan pisang rebus atau kacang rebus, pasti akan terasa lebih nikmat.

Demikian resep membuat wedang bajigur hangat lezat yang merupakan minuman tradisional dan jajanan pasar sederhana favorit. Semoga pembaca Cake Susu Moo bisa mencoba dirumah sebagai teman ngobrol di sore atau malam hari dengan keluarga ditemani jajanan pasar yang lain. Untuk resep yang lain bisa mencoba Klik Disini : Kue Lapis Klasik Enak Dan Legit , Klik Disini : Ongol-Ongol Lembut Kenyal atau Klik Disini : Untuk Kumpulan Resep