yobit.net вход yobit.net yobit yobit.net yobit bittrex yobit.net yobit net yobit exchange
Wedang Ronde Nampol Di Lidah | Resep Minuman | Cake Susu Moo
Wedang Ronde Nampol di Lidah
Sumber Foto : berbagiresep.org

Wedang Ronde Nampol di Lidah

Jika anda kira bahwa wedang ronde ini merupakan resep minuman kesehatan asli Indonesia, maka anda kurang tepat. “Wedang” mempunyai arti minuman hangat dan “ronde” berarti bola-bola bulat dalam bahasa Jawa ini, awalnya merupakan hidangan khas Tiongkok yang diadaptasi ke dalam kuliner Jawa bernama tangyuan. Ronde yang sudah familiar di masyarakat kita ini merupakan tangyuan dalam versi manis. Tangyuan dinamakan “siet yen” di Pulau Bangka, yang terbuat dari ubi atau ketan yang disajikan dengan kuah dari jahe atau gula aren.

Beberapa masyarakat China di Indonesia membedakan tangyuan dan yuanxiao sebagai berikut. Pada dasarnya tangyuen dan ronde adalah sama yang membedakan adalah dengan isi dan tanpa isi (disajikan menggunakan air jahe manis) yang dikonsumsi setiap tanggal 22 Desember, sementara yuanxiao adalah ronde yang menggunakan isi manis (disajikan dengan kuah tawar) yang biasa disajikan pada purnama pertama pada tahun baru Imlek.

Wedang Ronde Nampol di Lidah
Sumber Foto : apasih.web.id

Ronde adalah tangyuan merupakan resep minuman kesehatan yang telah bercampur dengan budaya masing-masing daerah atau selera lokal. Cara pembuatan ronde atau resep minuman kesehatan ini mirip dengan pembuatan tangyuan oleh masyarakat China bagian selatan, diisi kacang manis tumbuk, dan disajikan dengan air jahe. Sebutan wedang ronde merujuk pada air jahe panas (wedang merupakan bahasa Jawa yang merujuk pada minuman panas) yang disajikan bersama dengan ronde. Gula jawa atau gula merah bisa ditambahkan ke dalam air jahe dan ditambahi taburan kacang tanah goreng (tanpa kulit), potongan roti, kolang-kaling, dan sebagainya sehingga minuman ini bisa dinikmati sebagai resep minuman kesehatan. Wedang ronde sudah sangat terkenal di masyarakat Indonesia sehingga banyak yang mengira bahwa asalnya adalah asli dari Indonesia.

Bola-bola ketan yang mempunyai isi kacang yang ditumbuk dan gula merah sisir, dalam kuah rebusan jahe dan rempah lainnya seperti kayu manis, cengkeh, dan pandan. Ketika menggigit ronde digigit, kenyalnya ketan ini akan berpadu dengan manisnya gula yang akan lumer di mulut. Tidak ketinggalan juga, kuah jahe yang manis mampu menghangatkan tubuh anda. Dan memang benar jika resep minuman kesehatan ini sangat nampol bila dinikmati malam hari.

Tak ada yang lebih nikmat ketimbang mencicipi resep minuman kesehatan yang hangat di saat cuaca sedang dingin. Apalagi, saat musim hujan dan gulungan awan hitam serta rintik-rintik air sudah sangat sering menampakkan diri di langit. Ketika cuaca sudah seperti ini, rasanya akan semakin lengkap bila ditemani secangkir wedang ronde yang merupakan resep minuman kesehatan. Ya, salah satu sajian wedang ini memang sangat populer, dengan cita rasa yang begitu klasik.

Air jahe yang rasanya begitu nampol, ditambah dengan beberapa bulatan-bulatan ronde yang berisi kacang, serta taburan kacang goreng, memberi kehangatan walau hawa dingin menusuk tulang sekalipun. Bila anda tidak menemukan pedagang yang menjual wedang ronde yang nampol, padahal anda ingin sekali menikmati semangkuk wedang ronde yang hangat, lezat dan nikmat, anda bisa juga membuatnya sendiri di rumah dengan resep minuman kesehatan ini yang telah dicoba didapur Cake Susu Moo.

Dengan bahan-bahan sederhana dan cara yang mudah bahkan mirip seperti membuat wedang bajigur yang pernah kami bahas di web ini, mari kita intip resep minuman kesehatan atau resep pembuatan wedang ronde berikut ini :

Resep Minuman Kesehatan Wedang Ronde

Bahan bola ronde :

  • 300 gram tepung ketan putih
  • 3 sendok makan tepung tapioka
  • 250 ml air hangat
  • 1/4 sendok teh garam dapur
  • Perwarna makanan secukupnya
  • Air untuk merebus secukupnya

Bahan isi bola ronde :

  • 100 gram kacang tanah tanpa kulit, goreng sangrai
  • 50 gram gula pasir
  • 30 gram gula jawa atau gula merah
  • Air secukupnya

Bahan kuah wedang ronde :

  • 800 ml air
  • 200 gram gula jawa atau gula merah yang disisir halus
  • 50 gram jahe, bakar lalu kupas dan memarkan
  • 3 lembar daun pandan, sobek-sobek lalu simpulkan

Bahan pelengkap wedang ronde :

  1. Kacang tanah sangrai secukupnya
  2. Kolang kaling rebus secukupnya

Teknik Membuat Wedang Ronde

  1. Isi ronde : Tumbuk sampai haluskan kacang tanah sangrai dan gula pasir. Tambahkan air sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipulung (menyatu sempurna dan tidak ambyar).
  2. Kuah : Campur semua bahan kuah lalu masak dengan kompor api sedang hingga mendidih, sambil sesekali diaduk. Angkat lalu saring.
  3. Adonan ronde : Tapioka, tepung ketan, dan garam dicampur semua. Tuangkan air hangat sedikit-sedikit, uleni sampai kalis dan tidak lengket sampai adonan bisa dipulung.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Masing-masing diberi pewarna makanan sesuai selera. Bentuk adonan menjadi bulat, pipihkan, dan beri isian kacang, lalu bulatkan kembali. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Siapkan air banyak dan rebus hingga mendidih. Masukkan ronde ke dalam air yang sudah mendidih, masak hingga matang dan sudah mengapung. Angkat, tiriskan.
  6. Penyajian : Masukkan beberapa butir ronde dan bahan pelengkapnya ke dalam mangkok, siram dengan kuahnya, dan wedang ronde siap disajikan.

Tips Tambahan Membuat Wedang Ronde

  1. Tempatkan bola-bola ronde yang telah telah jadi ke dalam wadah yang sudah ditaburi tepung ketan tipis-tipis agar tidak lengket satu sama lain.
  2. Bila wedang ronde tidak langsung dihidangkan, masukkan bola-bola ronde dalam air matang. Tiriskan sesaat ketika hendak disajikan.
Wedang Ronde Nampol di Lidah
Sumber Foto : graved.com

Demikian resep membuat wedang ronde yang merupakan resep minuman kesehatan yang menyehatkan serta simpel sehingga jadi favorit di seluruh kalangan. Untuk kumpulan artikel mengenai cara membuat minuman kesehatan bisa anda baca di : 5 Resep Minuman Untuk Kesehatan. Mudah-mudahan pembaca Cake Susu Moo dapat mencoba dirumah dan mencicipinya sebagai teman ngobrol di sore hari dengan keluarga ditemani pisang rebus atau kacang rebus. Untuk artikel yang lain dapat mencoba Klik Disini : Bir Pletok Legenda Dari Betawi, Klik Disini : Penjelasan Tentang Apa Itu Shortening ? atau Klik Disini : Untuk melihat produk kami.

Content Protection by DMCA.com